August 9, 2018 | In: Housing

Bentuk Rumah Modern Minimalis

Bentuk Rumah Modern Minimalis

Bentuk Rumah Modern Minimalis adalah hasil dari perkembangan desain rumah berdasarkan permintaan publik. Artinya desain rumah minimalis yang semakin banyak diminati semakin banyak pula permintaan model rumah dengan gaya yang sama namun lebih condong ke arah desain yang lebih modern. Unsur modern yang dimaksud sebenarnya tidak harus menyamai level rumah gaya mediterania atau konvensional, hanya saja dalam hal ini rumah minimalis harus menyesuaikan dengan perkembangan desain sehingga keberadaannya sendiri tidak dicap desain monoton dan membosankan. Dengan kata lain konsep modern pada rumah minimalis masih memprioritaskan desain yang polos, simpel, lugas, dan efisien terhadap ruang. Artinya esensial rumah minimalis yang khas dan berkarakter tetap dipertahankan.

Inovasi desain modern dengan sendirinya merubah tampilan rumah gaya minimalis menjadi lebih praktis, kompak, dan yang pasti lebih trendy. Efeknya, masyarakat yang terlanjur ‘cinta’ dengan konsep minimalis semakin dimanjakan dengan spesifikasi hunian yang lebih fungsional, indah, dan nyaman hanya dengan merubah desain tanpa harus merubah struktur bangunan. Ini merupakan nilai plus terhadap bangunan yang mengoptimalkan fungsi rumah yang seimbang secara desain, namun tetap dengan harga terjangkau.

Bukan Desain Plagiat

Rumah minimalis dengan sentuhan modern tentu menjadikan hunian ini jauh lebih sehat, pasalnya perubahan dibagian-bagian tertentu membuat sirkulasi udara atau distribusi cahaya jauh lebih optimal. Kombinasi bentuk rumah modern dan gaya minimalis ini bukan desain plagiat atau meniru gaya rumah luar negeri secara keseluruhan. Namun desain ini murni dari karya inovatif para arsitek Indonesia sebagai bentuk jawaban dari tuntutan masayarakat yang membutuhkan hunian yang lebih modern dan tertata. Dalam hal ini tentu dibutuhkan detail konsep yang cukup rumit namun menghasilkan desain lebih sempurna.

Jika rumah modern minimalis begitu banyak diminati hal itu tentu bukan tanpa alasan. Dengan konsep modern namun tetap mempertahankan gaya minimalis merupakan daya tarik tersendiri sehingga para pengembang optimis desain rumah ini mampu menjadi segment market yang cukup potensial. Artinya sambutan masyarkat terhadap Bentuk Rumah Modern Minimalis merupakan sinyal positif sekaligus membuktikan bahwa bukan hanya desain sederhana yang dibutuhkan masyarakat, namun unsur modern juga menjadi hal yang penting di jaman yang serba instan ini. Sebenarnya tidak hanya sebatas itu, konsep rumah minimalis modern lebih mengacu pada gaya hidup masyarakat perkotaan yang kini semakin maju secara finansial.

Mempertahankan Konsep Minimalis

Salah satu kelemahan konsep rumah minimalis modern adalah komposisi desain yang kurang ideal. Artinya unsur modern yang diterapkan pada rumah minimalis sering ‘kebablasan’ sehingga melenceng dari konsep minimalis yang seharusnya justru diprioritaskan. Kondisi ini dapat kita lihat dari banyaknya rumah minimalis yang seharusnya memaksimalkan fungsi ruang dengan membatasi furnitur, namun justru ruangan terlihat sangat eksklusif dengan furnitur mewah dan mahal. Belum lagi banyak ruangan tidak terpakai sehingga slogan “efisien terhadap ruang” hilang dengan sendirinya.

Bagi orang yang lebih suka mengikuti perkembangan desain rumah, mungkin model rumah modern minimalis sangat cocok bagi mereka terutama jika menyangkut kepuasan atau kenyamanan. Namun bagi seseorang yang menyukai gaya natural mungkin mereka lebih fokus mempertahankan gaya minimalis yang simpel, lugas, dan lebih mengoptimalkan desain bernuansa alam. Sebenarnya jika harus dibandingkan dengan desain model rumah lainnya, Bentuk Rumah Modern Minimalis memberi banyak keuntungan yaitu rumah presisi, bersih, dan lebih rapi. Hanya saja rumah modern minimalis ini umumnya terbatas luas bangunan dan luas ruangannya sehingga cukup sulit di-upgrade menjadi lebih luas, kecuali dikembangkan secara vertikal atau menjadi hunian 2 lantai.

Comment Form

Skip to toolbar