August 7, 2018 | In: Housing

4 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membeli Perumahan Syariah di Bogor

Perumahan syariah memang tengah naik daun akhir-akhir ini. salah satu daerah yang menawarkan perumahan dengan konsep syariah adalah perumahan syariah di Bogor. Bogor memang merupakan salah satu kota potensial yang ada di Jawa Barat untuk dibangun perumahan syariah disana. Salah satu alasannya adalah bogor merupakan daerah atau kota yang paling banyak dikunjungi ketika liburan karena merupakan kawasan puncak yang sejuk dan indah.

perumahan Type 45

Hal ini juga yang menarik perhatian para investor property untuk bisa membeli perumahan syariah di Bogor. Bagi anda yang ingin membeli perumahan syariah di Bogor baik untuk tempat hunian pribadi atau untuk invetasi. Pastikan anda menyiapkan 4 hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli perumahan syariah di Bogor.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membeli Perumahan Syariah di Bogor

Berikut beberapa poin penting yang harus anda siapkan sebelum memutuskan untuk membeli perumahan syariah di Bogor.

  1. Bulatkan Tekad dan Niat

Hal pertama yang harus anda siapkan sebelum membeli perumahan syariah di Bogor adalah niat. Pastikan anda untuk meluruskan niat terlebih dahulu sebelum membeli perumahan syariah atau property syariah yang lainnya. Disini anda harus tahu apa sebenarnya niat anda untuk membeli perumahan syariah di Bogor apakah untuk investasi atau hunian pribadi.

Akan tetapi, digunakan untuk apa saja hunian syariah yang anda beli niat yang paling penting adalah niatkan hanya untuk ibadah dan menggapai ridha Allah SWT dengan cara meninggalkan riba ketika hendak ingin membeli perumahan syariah di Bogor. 

  1. Tentukan Developer Property Syariah yang Dipilih

Perumahan syariah memang sedang menjadi tren pada saat ini sehingga tidak sedikit developer perumahan konvensional yang juga ikut hijrah ke sistem syariah. Namun, terkadang hijrahnya belum sepenuhnya oleh karena itu anda harus memperhatikan dengan seksama mana developer perumahan syariah yang benar-benar menerapkan sistem jual-beli sesuai dengan syariat islam dan mana yang hanya melakukannya setengah-setengah.

Begitu juga ketika anda hendak membeli perumahan syariah di Bogor, pastikan terlebih dahulu developer perumahan syariah yang anda pilih benar-benar mengusung konsep jual beli sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada dalam agama islam. Tentunya akan sangat sulit sekali mencari developer perumahan syariah di Bogor.

  1. Uang Muka atau DP

Hal selanjutnya yang harus anda siapkan sebelum membeli perumahan syariah di Bogor dan dimanapun adalah mengenai DP atau uang muka. Uang muka atau DP merupakan suatu hal yang penting yang harus dipersiapkan karena DP atau uang muka biasanya akan menentukan angsuran yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Biasanya DP yang ditetapkan adalah sebesar 30% dari harga perumahan syariah yang ditawarkan. Uang muka ini merupakan DP standar yang biasanya juga digunakan di KPR konvensional.

  1. Cicilan Perumahan Syariah di Bogor Tiap Bulannya

Ketika anda ingin membeli perumahan syariah di Bogor atau di kota lainnya, hal selanjutnya yang harus anda siapkan adalah pembayaran cicilan atau angsuran di setiap bulannya. Walaupun untuk bisa memiliki perumahan syariah di Bogor anda tidak akan dikenakan denda, sita atau penalty ketika cicilan macet atau ketika ada masalah tidak dapat melunasi perumahan yang dibeli. Namun, alangkah lebih baiknya jika anda sebagai konsumen menyiapkan dengan sebaik-baiknya cicilan yang akan dibayarkan di setiap bulannya untuk menepati komitmen yang sudah disepakati sebelumnya.

Semakin cepat cicilan terbayar, maka akan semakin baik karena anda tidak akan terbebani lagi dengan angsuran perumahan di setiap bulannya walaupun angsuran bersifat flat.

Itulah informasi mengenai beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum memutuskan untuk membeli perumahan syariah di Bogor. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Comment Form

Skip to toolbar