PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN SELAMA KULIAH

1.apakah anda mendapat pengetahuan baru ?

jawab : ya. karna semua mata kuliah yang saya pelajari sekarang belum saya temukan semasa SMA, terkecuali  Mata Kuliah Matematika dan Agama

2.pengetahuan apa yang paling berkesan di mata kuliah tersebut ?

jawab :

a. yang paling berkesan di mata kuliah Internet dan teknologi web yaitu NGODING ! ngodingnya memang sulit sangat menguras otak tapi seru bagi saya jika si web nya berhasil

b.yang paling berkesan di mata kuliah pengaksesan basis data yaitu belajar php , seperti belajar menganalisis dan dan membuat kita untuk belajar menjadi orang yang detail terhadap apapun .

c.yang paling berkesan di mata kuliah infrastuktur teknologi informasi yaitu cara menginstal linux, iso dll.

d.yang paling berkesan di mata kuliah agama yaitu tahu lebih dalam tentang ilmu keAgamaan di setiap materinya

e.yang paling berkesan di mata kuliah pola pikir komputasional yaitu belajar dekomposisi , karna membuat kita tahu bahwa semua yang kita lakukan itu harus di dekomposisi dengan baik dengan pola pikir yang baik

f.yang paling berkesan di mata kuliah matematika dasar yaitu lebih tahu tentang materi yang belum saya temukan di SMA

g.yang paling berkesan di mata kuliah pengantar informatika yaitu belajar binary membuat kita tahu bahwa semua huruf yang ada di komputer itu menggunakan binary

3.Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling di sukai ?

jawab : yaitu pengalaman belajar ngoding meskipun agak sulit tapi seru

4.pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak disukai ?

jawab : tidak suka dengan waktunya karna deadline nya berbarengan dengan tugas yang lainnya .

ANEKA PERSIMPANGAN JALAN DALAM HIDUPKU, RUMUSAN MISI PRIBADIKU & RUMUSAN TUJUAN HIDUPKU

ANEKA PERSIMPANGAN JALAN DALAM HIDUPKU


1.Tipe teman seperti apa yang ingin kamu miliki ? mengapa ?

  • Teman yang seiman

Karna itu salah satu hal yang menjadi tipe paling dasar bagi saya , Berteman dengan non muslim adalah amalan yang diharamkan. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia.” (QS. Al-Mumtahanah: 1)

  • Teman yang memiliki arah dan tujuan hidup yang sama

Karena dengan berteman dengan orang yang memiliki tujuan dan arah yang sama itu akan mengacu semangat kita untuk saling berlomba dalam hal yang positif, untuk bisa lebih maju dari satu dengan yang lainnya

  • Teman yang memiliki etika & sopan santun baik

Ketika kita berteman dengan seseorang atau kawan kita yang memiliki etika yang baik  itu akan membawa kita untuk cenderung juga memiliki etika yang sama . karna ketika etika dalam diri kita kurang baik tetapi teman kita memiliki etika yang baik kita akan bercermin pada diri sendiri dan mempunyai rasa malu untuk merubah etika kita menjadi lebih baik yang mungkin bisa saja lebih baik dari teman kita sendiri.

  • Teman yang menerimamu apa adanya

Manusia terlahir dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, itulah alasannya mengapa kamu harus punya teman yang bisa menerimamu apa adanya. Ia yang tak suka menghakimi atau menuntutmu jadi pribadi yang sempurna, yang tulus berteman denganmu tanpa syarat apa-apa.

  • Teman yang berani mengkritik

Punya teman yang suka mengkritik dengan jujur justru berdampak positif bagi dirimu sendiri. Pasalnya, kritikan-kritikan pedas tapi tetap jujur itu akan membantumu memperbaiki diri. Jika kekuranganmu dikoreksi oleh teman dekatmu sendiri, tentu kamu pun tak akan mudah tersinggung atau sakit hati.

  • Teman yang bijaksana

Punya teman yang bijaksana dan bisa bersikap dewasa bisa membantumu menjadi pribadi yang lebih baik. Selain bisa memberi inspirasi, teman dengan pemikiran matang biasanya akan menuntunmu untuk selalu optimis menatap masa depan dan tak lupa belajar dari kegagalan di masa lalu.

  1. Kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? mengapa ?
  • Dewasa dalam berpikir

Karna wanita cenderung lebih suka lelaki yang mengerti keinginannya, dan akan merasa dilindungi

  • Sabar

Dalam sifat ini pun wanita cenderung lebih suka , karna untuk lelaki sabar itu tidak mudah apalagi dalam soal ego

  • Humoris

Wanita lebih suka denga tipe pria yang humoris karna karakter tersebut mampu membuat suasana menjadi ceria .

3.Nilai nilai mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu ? Mengapa ?

  • Manage Waktu

Dalam hidup kita mempunyai prinsip / pedoman hidup, lalu bagaimana agar prinsip yang telah kita rancang itu dapat terlaksana ?  mungkin dengan komitmen yang ada dalam diri sendiri tentu kita dapat melakukannya, tetapi Nilai hidup yang paling sulit adalah MeManage waktu . karna dalam hidup kita kegiatan yang kita lakukan bukan hanya satu dan kita harus mampu membaginya agar balance

4.sikap seperti apa yang akan kamu kembangkan menghadapi tugas dalam kehidupan ini ? mengapa ?

  • bisa mengatur & membagi waktu (ketika kita tidak bisa membagi waktu mungkin yang kamu harapkan tidak sesuai dengan realita)
  • konsisten (selaras )
  • motivasi diri sendiri ( karna tak ada satupun yang mampu mengalahkan tekad selain niat dan motivasi dalam diri anda sendiri)

    5.Apa yang ingin kamu perjuangkan di dalam hidup ini ? Mengapa

  • Memperjuangkan Cita-Cita 

tentunya dalam hidup ini setiap manusia memiliki cita-cita atau tujuannya masing-masing . karna jika kita tidak mempunyai cita-cita atau tujuan hidup kita tidak akan menjadi orang yang berhasil.

  1. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi keluargamu ? Mengapa ?
  • Prestasi Karna dengan prestasi kita mampu membuat keluarga tersenyum , dan mampu menaikkan derajat keluarga .
  1. Apa yang kamu ingin sumbangkan bagi masyarakat ? mengapa ?
  • Pengabdianpada masyarakat atas ilmu yang sudah di dapatkan

RUMUSAN MISI PRIBADIKU

Berguna bagi keluarga , Nusa & Bangsa


RUMUSAN TUJUAN HIDUPKU 

  1. Menyangkut studi harus lebih giat dalam belajar agar mencapai hasil yang maksimal
  2. Menyangkut pergaulan dengan teman memiliki banyak relasi ,
  3. Menyangkut hubungan dengan keluarga bisa membanggakan kedua orang tua , mampu menjadi apa yang keluarga saya inginkan, menjaga nama baik keluarga

 

JAWABAN IQRA’ TENTANG SURAT AL-ASHR

  1. apa yang dimaksud AL INSAN dalam  ayat 1 ?
    jawab : Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman memberitahukan tentang manusia, bahwa Dia mengadakannya setelah sebelumnya ia (manusia) sebagai sesuatu yang belum bisa disebut karena hina dan lemahnya. Syaikh As Sa’diy berkata, “Allah menyebutkan dalam surah yang mulia ini keadaan pertama manusia awalnya, pertengahannya dan akhirnya. Allah menyebutkan bahwa telah berlalu atasnya masa yang panjang yaitu sebelum ia terwujud, sedangkan ia dalam keadaan tidak ada, bahkan tidak bisa disebut. Kemudian ketika Allah Subhaanahu wa Ta’aala hendak menciptakan manusia, Dia menciptakan bapak mereka, yaitu Adam dari tanah, kemudian menjadikan keturunannya secara berturut-turut dari mani yang bercampur, yakni air yang hina dan dipandang kotor

 2. Apa perbedaan antara HAPPINES DAN PLEASURE ?

jawab :HAPPINES merupakan kata yang mencirikan suatu perasaan senang atau bahagia akan suatu hal. sedangkan  Pleasure Kebahagiaan  adalah suatu kenikmatan hidup yang akan dirasakan terus-menerus.

3.Bgaimana cara meningkatkan derajat INSANIAH ?

Jawab : Semua manusi diciptakan dengan qadar masing-masing. Siapa yang ingin menjadi manusia yang utama, ia harus berusaha/berikhtiar dengan keras untuk meningkatkan kualitas dirinya. Banyak cara untuk meningkatkan derajat seseorang, di antaranya:

  • Ilmu, ilmu bagaikan cahaya yang menerangi jalan hidup manusia. Tanpa ilmu, manusia akan buta dan ia tidak berbeda dengan hewan. Bukankah Islam telah mewajibkan kita untuk menuntut ilmu?
  • Menuntut ilmu harus dengan kesungguhan agar tidak sia-sia. Ilmu bagaikan hewan buruan yang tidak mungkin diperoleh kecuali dengan berbagai kelengkapannya.
  • Segala sesuatu yang dilakukan tanpa dasar keikhlasan akan hancur dan sia-sia. Segala sesuatu itu datang dari Allah SWT. Manusia hanya berusaha, sedangkan hasilnya bergantung kepada Allah SWT. Ali bin Abi Thalib mengatakan: “Semua manusia akan hancur kecuali orang-orang yang berilmu, dan orang-orang yang berilmu akan hancur kecuali orang-orang yang beramal, dan orang-orang yang beramal akan hancur kecuali orang-orang yang ikhlas.”
  • Perlu diingat pula bahwa untuk meningkatkan derajat diri, seseorang harus aktif/dinamis, tidak boleh statis. Ia harus terus bergerak dan berpacu untuk mengubah keadaan diri sendiri yang kurang dengan tidak lupa bertawakal kepada Allah SWT. Dalam al Qur’an surah ar Ra’d:11 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan mereka sendiri.”

4.Uraikan apa maksud tawa shaubill haqq wa tawa shaubish shabr (Al-ashr 3)?

Jawab :Di penghujung surah Al- Ashr, disandingkan watawa saubil haq watawa saubil sabr. Kebenaran dan kesabaran dua hal yang tidak boleh dipisahkan satu sama lain. Kalo kita benar kita harus sabar, kalo kita mau sabar harus karena benar. Apabila kebenaran satu prinsip  maka kesabaran adalah satu strategi, prinsip yang tanpa strategi bisa membuat kita tidak akan mencapai tujuan yang kita harapkan. Artinya, kebenaran tanpa kesabaran membuat kita mudah dipatahkan orang tapi kesabaran tanpa kebenaran akan membuat kita diinjak terus oleh orang lain. Karena itu, kalo yakin kita benar harus sabar, kalau mau bersabar harus karena benar.

5. Apa bedanya wasiat dengan nasihat ?

Jawab : Wasiat adalah suatu perintah dengan mentasarufkan harta benda setelah meninggalnya orang yang berwasiat seperti berwasiat kepada seseorang untuk memelihara anak-anaknya yang masih kecil, menikahkan anak perempuan atau memisahkan sepertiga hartanya atau semisalnyaSedangkan nasihat adalah Imam Ibnu Rajab ra menukil ucapan Imam Khathabi ra, “nasehat itu adalah suatu kata untuk menerangkan satu pengertian, yaitu keinginan kebaikan bagi yang dinasehati”.

6. Apa yang di maksud dengan pertanyaan ” IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN” ?

Jawab :Keimanan pada diri setiap muslim tidak dapat dipisahkan dari amal shaleh (amal yang baik dan bermanfaat). Ulama sepakat mengatakan bahwa amal (perbuatan) adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keimanan, karena keimanan yang sempurna akan dapat diraih hanya jika dibarengi dengan amal yang nyata.

 

Hello world!

Selamat Datang di Blog Unpas. Ini adalah posting pertama anda…

Skip to toolbar