Tugas Praktikum Pengantar Informatika 1


Questioning

  1. Apa yang dimaksud Al-insan dalam surat al-ashr

Kata al-insan Dalam surat al-ashr terdapat dlam ayat kedua إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ

Arti kata dari keseluruhan ayat tersebut adalah:”Sesungguhnya manusia berada dalam    kerugian”

Kata”insan”menurut Muthahhari mengandung penafsiran bahwa didalam manusia itu ada dua  sifat,yaitu sifat hayawaniyah(sifat kebinatangan) dan sifat insaniyah(sifat kemanusiaan),manusia dalam sifat kebinatangan sama dengan binatang yang mempunyai  nafsu dan menghindari hal yang menyakitkan serta memperoleh kenikmatan dalam hidup .

Contoh:manusia memiliki hawa nafsu sekaligus akal fikiran dan hati nurani

  1. Apa perbedaan antar HAPPINESS dan PLEASURE

Mutahhari membedakan Antara istilah kenikmatan dan kebahagiaan(happiness dan pleasure)

Dimana kenikmatan itu sifat hayawaniyah sementara kebahagiaan sifat insaniah,binatang itu tidak pernah memiliki happiness,tetapi memiliki pleasure,binatang hanya tahu bagaimana memeuhi hasrat nafsunya tanpa memikirkan hal yang lain

Contoh:kalau anada makan yang enak anda belum tentu Bahagia tetapi anda pasti memperoleh pleasure(kenikmatan),tapi misalnya jika anda adalah seorang suami yang pergi jauh merantau dan pulang ke tanah air setelah sekian tahun,dan kemudian bertemu anak dan istri disitulah anda akan merasakan pleasure sekaligus happiness.

  1. Bagaimana cara meningkatkan drajat INSANIAH

Dalam surat al-ashr ayat 3 ”illalladzina amanu wa’amilush shalihat” yang artinya kecuali orang orang yang beriman dan beramal saleh.dalam surat ini menjelaskan bahwa ada 2 cara manusia meningkatkan drajat insaniahnya yaitu:

  • Iman

Binatang memiliki presepsi material .jika ia mengejar kenikmatan itu kenikmatan jasmaniah.oleh karena itu ia tidak punya happiness,yang disebut kebahagiaan itu bukan yang bersifat jasmani,tetapi bersifat ruhani dengan imanlah manusia dapat meningkatkan derajar hawaniyah-nya ke derajat insaniah,dari pleasure kepada happiness,imanlah yang dapat menghubungkan manusia dengan sifat –sifat ruhaniyah atau spiritual,karena itu manusia tanpa iman sama dengan binatang,nilainya sangat rendah.

  • A’malush shalihat (beramal saleh)

Dalam surat al-an’am ayat 132 allah berfirman” Untuk setiap orang, derajat yang sesuai dengan amalnya ”Menurut Muthahhari amal shaleh memiliki 2 ciri yaitu Ciri pertama adalah ciri asli. Sesuatu disebut amal shaleh karna memang pada zatnaya sudah merupakan amal shaleh, misalnya salat puasa zakat.Ciri kedua adalah doukur berdasarkan hubungan dengan pelakunyaa. Misalna sholat, hukumnya bisa wajib, sunah malah bisa haram tergantung pada pelakunya. Seseorang melakukan ibadah sholat hanya untuk mendapat pujian, maka nilai kesalehanya bisa jatuh menjadi amal jelek.

 

  1. Uraikan Apa yang dimaksud “Tawa shaubil haq watawa shaubish shabr” (al-‘ashr 3)

 

Surat al-‘ashr ayat 3 memiliki arti Dan nasihat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menepati kesabaran .

Surat ini menjelaskan bahwa kita mempunyai kewajiban bukan hanya mengembangkan sifat insaniyah kita terhadap diri sendiri tetapi juga mengembangkan masyarakat insaniyah dan memiliki sifat kemanusiaan,sehingga sepatutnya kita menasihati sesama manusia dalam kebaikan.

  1. Apa bedanya wasiat dan nasihat

       Terdapat perbedaan Antara wasiat dan nasihat dimana Nasiahat mengandung arti boleh dilaksanakan ataupun tidak dilaksanakan, atau boleh dialanggar maupun sebaliknya. Sedangkan Wasiat mengandung arti harus didengarkan dan dilakukan.

  1. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH DAN KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN

Arti dari pernyataan iman tidak bisa dipisahkan dengan amal shaleh mengandung arti bahwa orang yang beriman sudah pasti ia akan melakukan amal shaleh, meskipun tidak sedikit orang yang beramal shaleh tetapi tidak beriman. Kemudian pernyataan kebenaran tidak bisa dipisahkan dengan kesabaran mengandung arti bahwa orang tidak bisa dikatakan membela kebenaran jika ia tidak tabah dalam membela kebenaran itu.

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar