Isteri PM Israel Benjamin Netanyahu Diadili Kasus Korupsi

Isteri PM Israel Benjamin Netanyahu Diadili Kasus Korupsi

Isteri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diadili dengan dakwaan penyalahgunaan dana pemerintah untuk pembayaran ratusan jamuan yang diselenggarakan dengan berbohong.

Kasus Sara Netanyahu ini adalah satu dari sejumlah masalah hukum yang dihadapi keluarga perdana menteri Israel itu.

Sidang pertama pada Minggu (7/10) ini merupakan saga paling baru yang melanda Israel meski keluarga Netanyahu menganggapnya sebagai upaya “konyol” lain untuk menjelekan nama mereka.

Perdana Menteri Netanyahu sendiri berpotensi didakwa dalam kasus korupsi lain yang memicu spekulasi dia akan terpaksa mengundurkan diri.

Sara Netanyahu dikenai dakwaan penipuan dan pelanggaran rasa percaya pada Juni lalu.

Jaksa penuntut menuduh Sara menyalahgunakan dana pemerintah untuk membayar jasa katering perjamuan bernilai US$100 ribu dengan berbohong bahwa tidak ada juru masak di kediaman resmi perdana menteri.

Berkas dakwaan menyebutkan bahwa sejak 2010 hingga 2013, Sara, keluarga dan tamu-tamu mereka menerima “hasil penipuan melalui jamuan makan yang dibiayai dengan dana negara”.

Disebutkan pula bahwa jamuan makan itu dipesan dari sejumlah restoran terkenal Yerusalem seperti satu restoran Italia, restoran makanan Timur Tengah dan restoran sushi.

Sidang pengadilan yang bisa berjalan selama berbulan-bulan akan dilaksanakan di pengadilan Yerusalem dan dipimpin oleh tiga hakim karena tingkat sensitivitas kasus ini.

Pengadilan Sara Netanyahu sedianya akan dilaksanakan pada Juli lalu tetapi ditunda dengan alasan yang tidak diumumkan oleh publik.

Sara Netanyahu, 59 tahun dan sering mendampingi suaminya, menyangkal melakukan kesalahan.

Isteri Benjamin Netanyahu ini sebelumnya dituduh mengantungi uang tunai dari pengembalian uang muka botol kosong yang dikembalikan dari dumah dinas perdana menteri.

Dia juga dituduh memperlakukan staf dengan semena-mena, dan pada 2016 pengadilan memutuskan dia harus memberi ganti rugi sebesar US$74 ribu kepada mantan asisten rumah tangga yang menuduh pasangan itu berulang kali melakukan pelecehan tempat kerja.

Seluruh tuduhan yang melibatkan keluarga Benjamin Netanyahu ini diamati dengan cermat oleh media Israel dan keluarga itu melakukan serangan balik dengan menyebutnya sebagai upaya menjelekan nama mereka secara tidak adil.

Sara Netanyahu pernah mengatakan bahwa “darah telah tumpah secara terbuka”.

Satu contoh paling terkenal terjadi pada 2017 ketika perdana menteri Israel dan isterinya tampil di sidang pengadilan kasus pencemaran nama baik terhadap klaim seorang wartawan bahwa Sara Netanyahu mengusir suaminya dari mobil ketika bertikai.

Benjamin Netanyahu bersaksi bahwa berita itu karangan “yang tidak masuk akal”.

Pengadilan memutuskan keluarga Netanyahu mendapatkan ganti rugi sebesar US$32,5 ribu.

Isteri PM Israel Benjamin Netanyahu Diadili Kasus Korupsi

Tetapi sekarang ada sejumlah tuduhan yang lebih serius yang berpotensi dihadapi oleh perdana menteri Israel ini.

Perdana menteri dari kubu sayap kanan ini sudah berkuasa selama 12 tahun, pertama pada 1996-1999 dan jabatan kedua kali yang dimulai pada 2009.

Benjamin Netanyahu tahun depan berpotensi melewati catatan rekor masa sebagai perdana menteri yang kini dipegang oleh pendiri negara Israel David Ben-Gurion yang berkuasa selama 13 tahun.

Tetapi Netanyahu kemungkinan didakwa dalam beberapa bulan ini dan polisi memanggilnya untuk kali ke-12 pada Jumat (5/10) sebagai tersangka sejumlah kasus.

Tuduhan itu antara lain berusaha mendapatkan kesepakatan rahasia dengan koran terbesar Israel Yediot Aharonot agar mendapat liputan positif dengan imbalan mendorong peraturan yang membatasi sirkulasi pesaing koran itu.

Kasus lain yang melibatkan perdana menteri dan keluarganya adalah tudingan mereka menerima hadiah mewah dari sejumlah individu kaya demi imbalan financial atau kepentingan pribadi.

Media Israel melaporkan bahwa saat ini juga sedang dilakukan penyelidikan terkait hubungan perdana menteri dengan perusahaan telekomunikasi raksasa Bezaq dan pemegang saham terbesar Shaul Elovitch.

Dalam kasus ini Benjamin Netanyahu dituduh mendapatkan liputan positif dari situs berita Walla yang dimiliki oleh Elovitch dengan imbalan kebijakan pemerintah yang menguntungkan kepentingan konglomerat itu yang bernilai ratusan juga dolar.

Elovitch ditangkap pada Februari bersama dengan enam orang lain seperti Nir Hefetz, mantan penasehat media keluarga Netanyahu yang kemudian menjadi saksi kejaksaan.

Polisi telah merekomendasikan agar Benjamin Netanyahu didakwa dalam dua kasus, meski Jaksa Agung Israel belum memutuskan untuk menjalankan rekomendasi itu.

Meski dilanda berbagai penyelidikan, tingkat popularitas Benjamin Netanyahu di jajal pendapat masih tinggi dan dia tidak harus mengundurkan diri jika benar-benar didakwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar