PBB Siap Bantu Evakuasi dan Pemulihan Gempa Lombok

PBB Siap Bantu Evakuasi dan Pemulihan Gempa Lombok – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan siap memberi bantuan dan mendukung setiap upaya penyelamatan terkait gempa berkekuatan 7 skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya pada Minggu (5/8).

Melalui wakil juru bicaranya, Farhan Haq, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengungkapkan duka citanya terhadap pemerintah dan warga Indonesia, terutama para keluarga korban dampak gempa.

Gempa yang terasa hingga Pulau Bali itu sedikitnya 100 orang tewas dan 200 lainnya terluka akibat gempa tersebut. Hingga kini, belum ada laporan mengenai potensi warga negara asing yang menjadi korban tewas dalam bencana ini. Sejauh ini, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM melaporkan ada tujuh WNA yang terluka pada peristiwa itu.

Singapura bahkan telah menggelontorkan uang sedikitnya US $100.000 atau setara Rp. 1,4 miliar sebagai dana awal bantuan bagi pemulihan gempa Lombok. Dana itu didapat dari penggalangan dana publik yang digelar Palang Merah Singapura,

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga turut mengungkapkan duka cita terhadap para keluarga korban gempa Lombok. Pernyataan belasungkawa itu diutarakan Abe saat Presiden melalui pernyataan.

Sementara itu, Malaysia melalui Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah menyatakan siap menawarkan bantuan apapun yang dibutuhkan Indonesia terkait pemulihan gempa di Lombok.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo atas bencana gempa bumi Lombok, NTB,

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu (5/8) sekitar pukul 19.48. Hingga Selasa (7/8) sedikitnya 230 gempa susualan tercapat Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG).

Selain Arab Saudi sejumlah negara lainnya juga telah menyampaikan belasungkawa seperti Singapura, Iran, Jepang, Inggris dan Australia. Banyak yang menawarkan bantuan kepada Indonesia dalam upaya pemulihan pasca bencana gempa Lombok yang juga mengguncang wilayah Bali tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *