Pengalaman Belajar Semester 1

  1. Apakah mendapat pengalaman baru?

Jawab: Ya.. tentu saja. Banyak sekali pengalaman baru di Teknik Informatika ini, karena sebelumnya saya tidak memiliki dasar-dasar mata kuliah informatika.

2. Pengetahuan apa yang paling berkesan dimata kuliah tersebut?

  • Agama

Semua materi pada mata kuliah ini sangat berkesan, karena saya menjadi tahu lebih banyak tentang agama islam.

  • Matematika Dasar

Semua materi sangat berkesan.. berkesan membuat saya bingung dengan materi yang diberikan oleh dosen.

  • Internet Teknologi Web

Semua materi sangat berkesan, dimana saya dapat mengeluarkan kreativitas dan juga imajinasi saya.

  • Pengaksesan Basis Data

‘Ms. Access’ sebelumnya saya hanya menggunakan software office seperti word, excel atau power point. Tapi, dalam mata kuliah ini saya dikenalkan dengan salah satu software office yaitu ‘Ms. Access’. Di ‘Ms.Access’ saya membuat sebuah database yang mana nantinya dapat memudahkan user untuk menyimpan, dan mencari data.

  • Pengantar Informatika

‘Biner’ hanya memiliki 2 angka yaitu 1 dan 0, walaupun hanya memiliki 2 angka tetapi operasi penjumlahan dan lainnya sangat beda dengan pengoperasian matematika biasanya.

  • Infrastruktur Teknologi Informasi

‘Software dan Hardware’ sebelumnya saya hanya mengetahui software dan hardware seperti Ms.office, Paint, Monitor, Mouse, Printer. Tetapi, pada saat materi ini diberikan oleh dosen.. saya menjadi tahu banyak tentang software dan hardware.

  • Pola Pikir Komputasional

‘Algoritma’ pada materi ini saya menjadi tahu bahwa, selama ini apa yang kita lakukan setiap harinya merupakan sebuah algoritma.

3. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang disukai?

Internet Tekonologi Web, karena pada mata kuliah tersebut saya bisa mengeluarkan imajinasi dan kreativitas saya sehingga bisa dilihat oleh orang banyak (public) melalui sebuah website.

Pola Pikir Komputasional, karena pada pertemuan sebelumnya hanya memainkan sebuah game, yang mana game tersebut dapat melatih logika.

4. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak disukai

Matematika, pada saat dosen menerangkan materi… materi yang disampaikannya kurang dimengerti dan dosen pun tidak memberikan soal latihan.

Infrastruktur Teknologi Informasi, karena saya masih bingung dengan perangkat-perangkat yang ada seperti software maupun hardware dalam sebuah komputer.

KEBIASAAN 2 PAGE 30-34


KEBIASAAN 2 LEMBAR KERJA 1 ANEKA PERSIMPANGAN JALAN DALAM HIDUPKU


  1. Tipe teman seperti apa yang ingin kamu miliki? Mengapa?

Jawab: Jujur atau terbuka… Karena dengan mempunyai teman yang jujur tidak akan ada kesalahpahaman suatu saat nanti.

  1. Kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? Mengapa?

Jawab: Mempunyai iman yang baik.. Karena dengan mempunyai pasangan yang mempunyai iman yang baik akan memberi pengaruh baik terhadap kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

  1. Nilai-nilai hidup mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu? Mengapa?

Jawab: Nilai keagamaan.. Karena nilai keagamaan telah mencakup semua nilai-nilai yang ada seperti nilai kejujuran, keadilan, kesabaran dan lain-lain.

  1. Sikap seperti apa yang akan kamu kembangkan menghadapi tugas dalam kehidupan ini? Mengapa?

Jawab: Belajar dari kesalahan.. Terus mencoba.. Pantang menyerah. Seperti kutipan berikut  Winners never quit and quitters never win yang artinya pemenang tidak akan pernah menyerah dan orang yang menyerah tidak akan pernah menang.

  1. Apa yang ingin kamu perjuangkan di dalam hidup ini? Mengapa?

Jawab: Pendidikan.. Karena dengan mempunyai pendidikan maka seseorang akan memiliki wawasan yang luas dan siap menghadapi masa yang akan datang.

  1. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi keluargamu? Mengapa?

Jawab: Kasih sayang.. Karena jika kita memberikan materi tidak akan senilai dengan apa yang mereka berikan dari kita kecil sampai sekarang.

  1. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi masyarakat? Mengapa?

Jawab: Ilmu.. Karena dengan menyumbangkan ilmu maka masyarakat akan menjadi maju dan mempunyai pengetahuan yang luas.

 


KEBIASAAN 2 LEMBAR KERJA 2 RUMUSAN MISI PRIBADIKU


Rumusan Misi Pribadi

Work Hard

Never Give Up

Stay Humble

and

Make Them Proud

 


KEBIASAAN 2 LEMBAR KERJA 3 RUMUSAN TUJUAN HIDUPKU


  1. Menyangkut STUDI:

Jawab: Menggali ilmu yang belum diajarkan di perkuliahan.. Terus belajar, dan mendapatkan beasiswa.

  1. Menyangkut PERGAULAN DENGAN TEMAN:

Jawab: Memiliki hubungan baik dengan teman, komunikasi yang baik dan mempunyai banyak teman.

  1. Menyangkut HUBUNGAN DENGAN KELUARGA:

Jawab: Membanggakan keluarga, berbakti kepada orangtua, dapat menjadi contoh bagi saudara-saudara yang akan melanjutkan studi ke tingkat perkuliahan.

IQRA’ TENTANG SURAT AL-‘ASHR Questioning Page 9

  1. Apa yang dimaksud Al INSAN dalam ayat 1

Jawab: ‘Sesungguhnya manusia itu benar benar dalam kerugian’ menjelaskan pada keseluruhan manusia, manusia itu akan rugi jika ia lalai terhadap waktu. manusia diciptakan untuk mendorong agar memegang teguh agama Allah dengan beriman, beramal sholih, berdakwah kepada Allah, dan bersabar atas semua itu. Kata insan, menurut Muthahhari, mengandung penafsir-an bahwa di dalam manusia itu ada dua sifat, yaitu sifat Hayawaniyah dan sifat Insaniyah (sifat-sifat kebinatangan dan sifat-sifat kemanusiaan).

  1. Apa perbedaan antara HAPPINESS dan PLEASURE

Jawab: HAPPINESS yang berarti kebahagiaan yang terus menerus atau berlanjut yang diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia. Sedangkan PLEASURE adalah Kenikmatan yang diturunkan oleh Allah SWT, kepada makhluknya yang tidak berakal jadi hanya merasakan nikmatnya saja dan itu sesaat atau tidak berlanjut. Jika kita merasakan PLEASURE maka kita belum tentu akan merasakan HAPPINESS, tetapi jika kita merasakan HAPPINESS pasti kita akan merasakan PLEASURE juga.

  1. Bagaimana cara meningkatkan derajat INSANIAH

Jawab: pertama iman, kedua amal saleh dan yang ketiga saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran.

  1. Uraikan apa maksud tawa shaubil haq wa tawa shaubish shabr (Al-‘Ashr 3)

Jawab: menjelaskan tentang 2 cara agar kita tidak termasuk kedalam manusia yang berada dalam kerugian. Yaitu, saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran. Tawa shaubil haq wa tawa shaubish shabr (Al-‘Ashr 3), adalah dua perilaku yang mengembangkan manusia secara social.

  1. Apa bedanya wasiat dengan nasihat

Jawab: Wasiat lebih dari sekedar nasihat atau bisa sama hal nya dengan amanah, biasanya seseorang memberikan wasiat ketika  hendak berpergian jauh karena sebab atau saat merasa kematian sudah dekat. Sedangkan nasihat adalah ucapan yang mengandung kata motivasi untuk memperbaiki diri. Nasihat itu boleh dilaksanakan boleh tidak, tapi kalau wasiat harus didengar dan dilaksakan.

  1. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHAKAN DENGAN ALAM SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN”

Jawab: Sebagaimana iman tidak bisa dipisahkan dengan amal shaleh, Semua amal perbuatan yang dilakukan akan bermakna dan mendapatkan ganjaran pahala disisi Allah apabila dilandasi oleh keimanan.. Amal shaleh harus didasari dengan keimanan karena kita tidak akan melakukan amal jika kita tidak memiliki keimanan dan iman itu meyakini dengan hati adanya siksa adanya keselamatan yang akan menimbulkan motivasi dalam hati untuk melakukan amal/pribadatan, sebagaimana yang di katakan rasulullah bahwa amal itu terhantung niat.. dan niat disini harus dibarengi dengan kimanan. Al-Haq tidak bisa dipisahkan dengan Ash-Shabr, jadi orang tidak dikatakan beriman kalau tidak beramal saleh dan tidak dikatakan membela kebenaran kalau tidak tabah dalam membela kebenaran itu.

Just another Blog Unpas site

Skip to toolbar