Mari Bernostalgia 20 Tahun Film ‘KULDESAK’ Di Akhir Tahun Nanti – KULDESAK bisa disebut sebuah film Indonesia yang anti-mainstream pada zamannya. Film yang dirilis tahun 1998 ini bergenre drama-komedi gelap yang dapat dibilang berani menampilkan sesuatu yang berbeda.

Film ini mengisahkan tentang empat orang anak muda Jakarta tahun 90-an. Mimpi yang mereka punya harus beradu dengan realitas yang mengharuskan mereka membuat keputusan yang radikal. Film ini disutradarai empat sutradara sekaligus.

Spesialnya, empa orang tersebut bukan sutradara sembarangan. Mereka adalah Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani. KULDESAK juga menjadi film debut mereka sebagai sutradara.

Baca juga: Wizzy Tanpa Ragu Terima Tawaran Main Di ‘Si Doel The Movie 2’, Kenapa?

Tahun ini menggenapkan usia ke-20 tahun KULDESAK. Untuk merayakannya, Miles Films Bersama Bekraf menerbitkan buku sekaligus menayangkan lagi film KULDESAK akhir tahun nanti.

“Film ini tidak ditayangkan di TV, tidak bisa dicari potongan filmnya di mana pun. Itu dikarenakan memang kita hanya menyimpan 35mm copy film. Baru sekarang akhirnya kita nonton di sini,” kata Mira Lesmana di XXI Epicentrum, bakar Selatan, beberapa hari yang lalu.

“Saya berharap KULDESAK juga bisa mengingatkan banyak orang bahwa mambuat sesuatu yang berbeda dan lain, bisa menambah gairah industrinya. Kadang kita harus berani untuk membuat hal yang tidak biasa. Mungkin kalau sekarang teman-teman lihat KULDESAK lebih kaya, ini cocok untuk buat hari ini,” sambungnya.

Baca juga: Akting Di ‘Milly & Mamet’, Isyana Sarasvati Tampilkan Sisi Gila Dirinya

“Tapi di masa lalu ketika kita berdampingan dengan film Teguh Karya, Eros Djarot, Bayu Nugroho, kita adalah sesuatu yang sangat berani dan berbeda. Itu bisa mengingatkan ketika kita bisa mendobrak itu akan memperkaya industrinya. Mudah-mudahan bisa lebih beragam lagi,” jelasnya lagi.

Mira Lesmana terlihat sumringa menjelaskan tapak tilas film yang sarat sejarah ini. Terlebih, film ini sulit sekali untuk disaksikan karena belum direstorasi sehingga tidak bisa dicari di platform manapun. Untuk restorasi, kata Mira, membutuhkan waktu 2 tahun lamanya.

“Makannya kita akan puter ulang setiap ada kesempatan. Misalnya di bioskop kecil atau bioskop keliling. Di situ bisa lihat KULDESAK. Atau di kalau di Jakarta di Kineforum,” jelasnya.

Baca juga: 8 Ponsel Nokia Terlaris Tahun 2000an, Anak 90-an Pasti Tahu Deh!

Kabar gembira bagi teman-teman yang penasaran, film ini dapat kembali disaksikan di bioskop. KULDESAK bisa kita saksikan kembali pada 30 Desember 2018 nanti.

“Untuk 30 Desember nanti kita akan puter satu show aja di jam kedua di beberapa kota, nanti akan kita informasikan lewat sosmed,” pungkasnya.


Category: Film

About the Author


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Skip to toolbar