Cara Sukses Bisnis Jual Sewa Apartemen

bisnis apartemen

Memiliki bagunan berupa apartemen sangat sayang sekali bila tidak dimanfaatkan. Dimana anda bisa menyewakan apartemen tersebut, agar dapat menghasilkan pundi-pundi uang tambahan.

Seiring meningkatnya jumlah penduduk, dipastikan meningkat pula kebutuhan akan tempat tinggal. Dan apartemen kini sudah menjadi primadona bagi para pekerja yang kesulitan mencari tempat tinggal yang nyaman dan dekat dari kantor tempat mereka bekerja.

Anda bisa menyewakan apartemen milik anda secara harian maupun bulanan. Dimana keuntungannya bisa anda kumpulkan untuk membeli property lainnya. Dan berikut beberapa tips agar sukses berbisnis sewa apartemen.

5 Strategi Jitu Menjual Maupun Sewa Apartemen Terbaik

1# Mengiklankan Apartemen Anda

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan apartemen anda adalah dengan mengiklankan di salah satu situs yang terkenal di website. Anda bisa memasang iklan dengan sewa apartemen harian maupun bulanan di situs tersebut.

Cara ini memang terkesan sangat klasik, tapi memang terbukti berhasil. Jangan berfikiran cara ini tidak efekif, karena raa-rata orang yang ingin menyewa atau membeli apartemen pasti ingin melihat harga pasaran yang ditawarkan pada situs pengiklan.

Untuk itu, pastikan tawaran iklan anda di salah satu situs pengiklan. Harus benar-benar jitu. Mulai dari harganya yang sesuai, lokasi harus tepat, fasilitas yang didapat apa saja. Anda harus menginformasikan selengkap mungkin, dan foto-foto isi ruangan apartemen juga harus lengkap.

2# Memberikan Harga Khusus

Dalam penawaran harga pembelian maupun sewa, anda juga bisa menawarkan harga khusus. Agar konsumen anda tertarik untuk membeli Apartemen anda atau orang yang ingin menyewa apartemen anda.

Contohnya penawaran harga lebih murah ketika hari libur, atau penawaran lebih murah di tanggal-tanggal maupun event tertentu. Karena penawaran ini bisa membuat unit apartemen anda cepat terjual dan bisa cepat disewa.

3# Memberikan Jaminan Kenyamanan

Anda juga wajib memberikan sebuah garansi kenyamanan ketika anda menawarkan unit apartemen yang mau anda jual ataupun disewakan. Karena pada dasarnya, konsumen yang ingin tinggal di apartemen, membutuhkan suasana nyaman dan kemudahan akses tertentu supaya tidak jauh maupun terjebak macet.

Untuk itu, anda bisa memberikan sebuah garansi. Agar para konsumen unit apartemen anda percaya dengan fasilitas apartemen yang nantinya anda tawarkan.

4# Gunakan Desain Interior Yang Menarik

Menggunakan desain interior menarik terbukti bisa membuat konsumen anda tertarik untuk membeli maupun menyewa unit apartemen anda. Pastikan desain interior pada apartemen anda tidak kaku maupun mainstream.

Pastikan agar desain interior unit apartemen anda terlihat unik dan menarik. Walapun isi ruangan apartemen anda terbatas, tapi anda bisa membuat seolah-olah luas dengan menempatkan beberapa kaca maupun ornamen-ornamen menarik lainnya.

5# Selalu Promosikan di Social Media Anda

Salah satu kunci keberhasilan menjual maupun menyewakan unit apartemen adalah, anda wajib bisa memanfaatkan dengan baik social media yang anda miliki.

Mulai dari instagram, facebook, maupun twitter. Karena ketiga social media ini merupakan social media terbaik untuk mempromosikan unit apartemen anda secara gratis dan professional.

Namun lebih baik anda menggunakan akun social media baru, yang bertujuan untuk mempromosikan unit apartemen anda. Ketimbang anda menggunakan akun social media pribadi anda.

Gunakan gambar-gambar menarik serta hastag yang tepat, agar postingan social media anda bisa ditemukan dengan mudah oleh calon konsumen anda.  Jangan pernah lambat membalas atau merespon setiap pertanyaan calon konsumen anda.

Kesimpulan Cara Bisnis Jual Sewa Apartemen

Menjual maupun menyewakan unit apartemen tidaklah sulit, bila anda menemukan konsumen anda secara tepat. Dimana rata-rata banyak pebisnis jual maupun sewa apartemen, terkadang lupa dengan startegi yang harus dijalankan di era milenial sekarang.

Karena di zaman milenial sekarang, social media menjadi sebuah senjata utama dalam mempromosikan unit apartemen anda. Jadi selain iklan di website, anda juga harus aktif setiap hari mempromosikan apartemen anda.

Demikian artikel ini dibuat, agar teman-teman kampus yang ingin berbisnis jual maupun sewa apartemen bisa mengerti dengan baik cara berbisnis dengan baik dan professional, semoga artikel ini memberikan manfaat terima kasih.

Studi Kelayakan Kunci Untuk Berhasailnya Menjalankan Usaha Bisnis

jasa studi kelayakan

Menjalankan usaha bisnis berbasiskan industri, seperti bisnis property, bisnis industri sekala pabrik, maupun bisnis industri manufaktur. Diperlukan sebuah perencanaan yang sangat matang.

Karena menjalankan bisnis tersebut, membutuhkan modal yang cukup banyak. Selain itu, Pihak Manajemen yang mengisi di poisisi penting juga tidak boleh sembarangan. Dimana wajib memiliki integritas untuk membangun perusahaan yang baik, serta loyalitas terhadap pemegang saham.

Bagian penting lainnya, yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan usaha bisnis sekala besar adalah. Harus adanya studi kelayakan bisnis, yang dibuat oleh tenaga ahli terpercaya. Agar bisnis yang akan dibuat, bisa berjalan sebagaimana mestinya dan cepat menghasilkan profit.

Tanpa adanya studi kelayakan, jelas akan membuat bisnis yang modalnya sangat besar. Akan berpotensi tutup, akibat tidak memahami kondisi pasar yang sesungguhnya.

Sehebat apapun manajemen yang di rekrut, apabila tidak ada pedoman studi kelayakan. Maka akan kesulitan juga, bila terjadi hal-hal yang diluar dugaan. Jadi adanya studi kelayakan bisnis, perannya sangat penting selain memiliki tim manajemen yang solid.

Beberapa Tahapan Dalam Membuat Studi Kelayakan Berbasis Industri

Terdapat beberapa tahapan, yang perlu anda ketahui sebelum membuat sebuah laporan studi kelayakan. Anda bisa mencari konsultan penyedia jasa studi kelayakan yang terpercaya dan professional. Dimana akan menyusun sebuah laporan berikut ini :

1# Laporan Legalitas Dan Hukum

Dalam pembuatan studi kelayakan, tim konsultan wajib untuk melengkapi semua legalitas dan hukum dari bisnis yang akan dijalankan. seperti izin usaha perusahaan, Akte pendirian usaha,NPWP, hingga SIUP setempat.

Yang tujuannya adalah, agar usaha yang dibentuk benar-benar legal dengan izin yang jelas. Sehingga tidak ada masalah ketika perusahaan sudah mulai beroperasi. Apabila tidak lengkap data legalitas ini, tim konsultan wajib untuk mendesak pemilik bisnis agar melengkapi semua legalitas usaha.

2# Laporan Data Masyarakat

Tim konsultan studi kelayakan, wajib untuk membuat data tentang masyarakat sekitar. Untuk mengetahui apakah masyarakat sekitar terganggu atau tidak bila adanya aktifitas perusahaan di sekitar lingkungannya. Jadi perusahaan bisa mengetahui, apa keinginan masayarakat agar kedepannya tidak terjadi masalah.

Dan apabila tim konsultan dapat mengetahui data-data masyarakat, seperti tingkat ekonomi, pendidikan, serta suku. Dimana data ini cukup penting, agar perusahaan yang akan dibuat nanti bisa mencari sumber SDM dengan mudah.

3# Laporan Dari Prospek Pasar

Untuk laporan prospek pasar, dimana laporan ini kebutuhannya sangat utama. Karena tanpa laporan kondisi pasar, maka anda tidak akan tahu. Apakah menjalankan bisnis industri dengan sekala besar yang akan dibuat, mampu menguntungkan atau tidak.

Cara pembuatannya memang tidak mudah, pertama tim konsultan studi kelayakan. Wajib untuk menganalisa kondisi pasar. Seperti tingkat kebutuhan masayarakat, tingkat persaingan, hingga tingkat ekonomi suatu daerah.

4# Laporan Dari Sisi Teknis Pekerjaan Dan Manajemen

Kemudian yang harus dilakukan selanjutnya adalah, membuat semua SOP ( standar oprasional perusahaan ) mulai dari teknis pekerjaan hingga tahapan pembuatan simulasi pengambilan keputusan untuk manajemen.

Serta adanya pembuatan struktur organisasi yang baik dan efisien. Sehingga tidak adanya pemborosan tenaga kerja, jadi biaya oprasional dari perusahaan bisa lebih hemat.

5# Laporan Dari Keuangan

Yang terakhir adalah, pembuatan rancana laporan keuangan. Yang dimana terdiri dari modal, biaya oprasional, biaya tidak terduga, serta simulasi keuntungan yang akan diperoleh. Lalu di analisa hingga dapat mengetahui kapan dari bisnis tersebut akan balik modal.

Dari kelima tahapan tersebut, maka tim konsultan studi kelayakan bisa menyusun sebuah laporan mengenai layak atau tidaknya perusahaan tersebut dibuat. Dan semakin akurat data yang dibuat, maka semakin mudah pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Demikian artikel ini dibuat, yang tujuannya untuk menambah ilmu pengetahuan teman-teman Mahasiswa Unpas di bidang bisnis. Terima kasih.

Sumber : grapadikonsultan.co.id