4 Tips Memilih Meja Makan Sesuai Kondisi Ruangan

4 Tips Memilih Meja Makan Sesuai Kondisi RuanganTak sedikit orang yang mungkin menyepelekan pemilihan meja makan. Padahal furniture yang ditempatkan di ruang makan ini dapat berpengaruh terhadap kenyamanan para penghuni rumah. Mengingat aktivitas makan merupakan aktivitas yang rutin dilakukan setiap 3 kali sehari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih meja tempat makan, diantaranya :

  1. Jenis Material Kayu

Apabila Anda ingin kursi makan dari kayu, sebaiknya pilih bahan kayu berjenis hardwood, seperti jati, oak, maple, walnut,atau mahogany. Hindari bahan kayu yang bersifat gabungan atau komposit, seperti kayu MDF (Medium Density Fiberboard).

Bagi Anda yang ingin mendapatkan meja tempat makan tahan lama sampai puluhan tahun lamanya, sebaiknya pilih kayu berjenis hardwood . Sementara itu, jika Anda kurang menyukai meja kayu sebaiknya pilih bahan marmer atau metal. Meja Makan Jati mempunyai kasta tertinggi dalam furniture berkonsep dining room.

  1. Bentuk Meja

Terdapat beberapa aturan untuk menentukan meja tempat makan yang tepat menyesuaikan bentuk ruangan. Pada ruangan berukuran kecil, sebaiknya pilih meja yang berbentuk oval sehingga tetap terdapat space yang pas dan tidak menjadikan ruangan terlalu ramai. Sementara meja yang berbentuk bujur sangkar sendiri lebih cocok diletakkan di ruangan yang sempit, dan meja berbentuk persegi panjang lebih cocok ditempatkan di dalam ruangan luas. Sebenarnya meja bundar dapat diletakkan di ruangan kecil atau besar, namun sebaiknya tidak diletakkan di ruangan sempit sebab bisa membatasi pergerakan Anda, saat menggunakan ruang makan.

  1. Mengukur Luas Ruangan

Penting sekali mengukur apakah furniture meja untuk makan ini sesuai dengan luar ruangan, khususnya pada ruangan berukuran kecil. Jadi, jangan sampai ukuran meja yang terlalu besar ditempatkan pada ruangan yang berukuran sempit.

  1. Memperhatikan Dimensi Meja

Kebanyakan meja mempunyai ketinggian standar sekitar 28-30 inchi. Ketinggian meja makan paling nyaman dapat memberikan space yang cukup sejajar siku tangan dan berada di atas lutut saat Anda duduk. Sedangkan untuk lebarnya sendiri, baik itu meja berbentuk bujur sangkar, meja oval, persegi atau bundar mempunyai lebar standar kurang lebih 36 inchi, tergantung dari jumlah orang. Misalnya saja, meja berbentuk oval yang panjangnya sekitar 84 inchi, dapat mengakomofasi sampai 10 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *