NOAA Mendeteksi Bahaya Navigasi Setelah Badai Michael Setelah dengan cepat mendapatkan kekuatan dari badai Kategori 4, Hurricane Michael mencapai julukan Florida pada hari Rabu, 10 Oktober. Dengan angin maksimum 155 mph dan gelombang badai mencapai 15 kaki, badai ini menyapu bersih komunitas pesisir dan menutup pelabuhan untuk semua lalu lintas di daerah. Angin yang berbahaya dan gelombang badai dapat menggeser pasir dan menarik benda-benda besar di bawah gelombang, menciptakan bahaya untuk navigasi. Sebelum port dapat dibuka kembali dan melanjutkan lalu lintas kapal dengan aman, Penjaga Pantai A.S. harus mengetahui bahaya bawah air sehingga mereka dapat dipetakan atau dibuang dengan semestinya.

Ketika Badai Michael mendekati Florida, manajer navigasi barat pantai barat NOAA, Tim Osborn, tertanam dengan Unit Pemulihan Sistem Transportasi Maritim (MTSRU) di Mobile, Alabama, untuk terlibat dengan Korps Insinyur Angkatan Darat AS dan Penjaga Pantai AS tentang persiapan dan koordinasi badai tim respons navigasi NOAA (NRT) jika diperlukan. Dua tim tanggap terdekat tetap siap tanggap dan mengendarai badai di masing-masing pelabuhan di Stennis Space Center, Mississippi, dan Fernandina Beach, Florida. NRT adalah awak tiga orang dengan kapal-kapal kecil yang berlokasi strategis di seluruh negeri dan tetap siap untuk menanggapi keadaan darurat, mempercepat kembalinya pengiriman setelah badai, dan melindungi kehidupan dan properti dari bahaya bawah air ke navigasi.

Setelah badai melewati permukaan, tim-tim itu meninggalkan pelabuhan rumah mereka dengan makanan, bahan bakar surplus, dan suku cadang perahu cadangan. NRT-Stennis dikerahkan ke Pensacola, Florida, dengan anggota tim Alex Ligon, Joshua Bergeron, dan Dan Jacobs (penambahan dari NRT-Galveston, Texas) pada 11 Oktober. Korps Angkatan Darat Insinyur dan Penjaga Pantai MTSRU meminta survei Pensacola untuk memastikan pelabuhan terbuka dan tersedia untuk kapal yang dialihkan dari badai. Tim tersebut melakukan survei sore itu dan menyelesaikan operasi survei di Pensacola pada 13 Oktober.

Personil tambahan termasuk Patrick Debroisse, petugas junior yang bertanggung jawab atas Bay Hydro II di Solomons, Maryland, Tim Wilkinson, anggota tim NRT-Seattle, dan Julia Wallace (ERT) dari Kantor Atlantic Hidrografi Cabang NOAA Kantor Atlantic di Norfolk, Virginia, juga dimobilisasi ke Pensacola untuk menyediakan survei sisi pantai dan dukungan pemrosesan data untuk upaya tanggapan. Dukungan pemrosesan kemudian dikerahkan ke Panama City, Florida, pada 12 Oktober untuk menghasilkan produk data untuk MTSRU, negara bagian Florida, Panama City, dan Penjaga Pantai AS.

NRT-Fernandina Beach dengan tim pimpinan James Kirkpatrick, anggota tim Howie Meyers (ERT), dan Letnan j.g Michelle Levano (menambah dari NRT-Seattle) dimobilisasi langsung ke Panama City pada 11 Oktober. Tim ini melakukan survei pagi hari tanggal 12 Oktober di area prioritas yang diminta oleh Coast Guard MTSRU. Area prioritas tinggi yang ditunjuk termasuk pendekatan ke pangkalan Angkatan Laut dan Pangkalan Angkatan Laut AS di Alligator Bayou, Pelabuhan Kota Panama, Terminal Chevron, dan saluran air utama melalui St Andrews Bay dan West Bay.

Dengan tantangan pemadaman listrik dan jangkauan internet di seluruh area yang rusak, kedua tim respon terus mengumpulkan dan memproses data survei cara yang paling efisien untuk pengiriman ke MTSRU. Dalam beberapa kasus, potensi bahaya navigasi dikirimkan melalui pesan multimedia ke pantai untuk diteruskan ke Coast Guard MTSRU. NOAA Kantor Navigasi Navigasi Respon Cabang Cabang menyusun daftar potensi bahaya untuk navigasi dan bekerja dengan Coast Guard, Army Corps, dan mitra pelabuhan untuk memastikan barang-barang ini baik diselamatkan atau diserahkan ke Coast Survey’s Nautical Data Branch sebagai Bahaya untuk Navigasi dan kemudian didistribusikan ke pelaut melalui pembaruan peta navigasi elektronik mingguan.