James Gunn Akan Menulis Suicide Squad 2 Pembuat film itu dipecat dari Guardian of the Galaxy franchise setelah tweet ofensif yang ditulisnya bertahun-tahun lalu muncul kembali. Warner Bros, pada hari Selasa menegaskan bahwa Gunn akan menulis naskah untuk cicilan Suicide Squad berikutnya di studio, waralaba tim supervillain DC. Pada bulan Juli, Disney memecat Gunn setelah lelucon yang melibatkan pemerkosaan dan pedofilia yang ditulisnya beberapa tahun sebelumnya di Twitter muncul kembali.

Kekuatan kreatif antara dua film Guardian yang sangat populer, penembakan Gunn memicu serangan baliknya sendiri. Pemeran mengeluarkan pernyataan dukungan untuk penulis-sutradara mereka, memohon Disney untuk mengembalikannya. Namun sebaliknya, Gunn akan mengambil alih Suicide Squad, waralaba yang dipimpin oleh Will Smith, Margot Robbie, dan Jared Leto. Film pertama, yang ditulis dan disutradarai oleh David Ayer, memperoleh $ 747 juta pada tahun 2016 tetapi menarik ulasan yang melenceng. Gunn diharapkan untuk mengambil pendekatan yang sama sekali baru, dan berpotensi mengarahkan angsuran Suicide Squad yang baru. Tweet Gunn, sebagian besar dari 2009-2012, menerima perhatian baru setelah kritik Gunn terhadap Presiden Donald Trump mendorong propagandis sayap kanan Mike Cernovich dan Jack Posobiec untuk menyisir sejarah media sosial Gunn. Gunn meminta maaf.

“Kata-kata saya hampir satu dekade lalu, pada saat itu, benar-benar gagal dan upaya yang tidak menguntungkan menjadi provokatif,” kata Gunn. “Saya telah menyesali mereka selama bertahun-tahun sejak – bukan hanya karena mereka bodoh, sama sekali tidak lucu, sangat tidak peka, dan tentu saja tidak provokatif seperti yang saya harapkan, tetapi juga karena mereka tidak mencerminkan orang saya hari ini atau telah untuk beberapa waktu.”

Penampilan Suicide Squad adalah Gunn pertama yang diambil sejak meninggalkan Guardian, di mana dia diharapkan untuk membuat film ketiga.