Kesimpulan Setiap Mata Kuliah

Pertanyaan

Membuat kesimpulan setiap mata kuliah yang dipelajari semester sekarang

  1. Apakah merasa mendapat pengetahuan baru?
  2. Pengetahuan apa yang paling berkesan dimata kuliah tersebut?
  3. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling disukai
  4. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak disukai

Jawaban pertanyaan

  1. Ya, saya sangat merasa mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui karena saya berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA).
  2. Pengetahuan apa yang paling berkesan
  • Pengaksesan Basis Data     

Pengetahuan yang paling berkesan pada mata kuliah Pengaksesan basis data adalah pada saat belajar membuat Query.

  • Pola Pikir Komputasional

Pengetahuan yang paling berkesan pada mata kuliah Pola Pikir Komputasional adalah pada saat belajar bermain Game dan membuat Game.

  • Insfrastruktur Teknologi Informasi

Pengetahuan yang paling berkesan pada mata kuliah Insfrastruktur Teknologi Informasi adalah pada saat belajar tentang jaringan.

  • Internet dan Teknologi Web

Pengalaman yang paling berkesan pada saat belajar Internet dan teknologi Web adalah pada saat belajar membuat web.

  • Pengantar Informatika

Pengalaman yang paling berkesan pada mata kuliah Pengantar Informatika adalah pada saat belajar semua yang berkaitan dengan informatika

  • Agama

Tentunya semua Pengetahuan pada saat belajar Agama sangat berkesan, karena kita sebagai manusia yang mempunyai Agama tentunya sangat membutuhkan Pengetahuan tentang agama kita.

  • Matematika Dasar

Pengalaman yang paling berkesan pada mata kuliah Matematika   Dasar adalah     pada saat belajar semua yang diajarkan oleh Dosen

  1. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling saya sukai adalah pola pikir komputasional.
  1. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak disukai yaitu Matematika Dasar.

Kesimpulan

Kesimpulan pada semua pertanyaan diatas, Saya sangat merasa mendapatkan pengalaman baru, Karena saya berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tidak pernah belajar seperti Mata Kuliah yang ada saat ini, walaupun ada beberapa seperti Agama dan Matematika Dasar yang sebelumnya sudah pernah saya pelajari pada saat SMA.

 

TEKNOLOGI INTERNET

 

jawaban

Pertanyaan

  1. Saskia membuka e-mail dari wedding organizer
  2. Saskia mengirimkan e-mail ke calon suaminya (Rizal)
  3. Rizal membuka e-mail dari Saskia

Jawaban

KET       : perhatikan garis berwarna biru

  1. jawaban1LaptopSaskia→Hotspot UNPAS → DNS Server UNPAS → Mail server UNPAS →DNS Server UNPAS → Laptop Saskia → kotak masuk → Membuka e-mail dari happy_wo@gmail.com
  2. jawaban2Laptopsaskia→hostpot unpas → DNS server→ Moratel→ Indosat→ DNS server ID → Telkom → Mail server yahoo.co.id
  3. jawaban3LaptopRizal→TwenteUniversity → Netherland Net → NAP International → Telkom → Mail Server Yahoo.co.id → kotak masuk → Membuka e-mail dari Saskia

Tujuan Hidup

Halaman 30-31

  1. Tipe teman seperti apa yang ingin kamu miliki? Mengapa?

Teman yang jujur, karena jika seseorang berpegang teguh kepada kejujuran maka orang itu tidak akan pernah berbohong terhadap siapapun dan tidak akan menghianati temannya.

  1. Kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? Mengapa?

Lelaki yang bisa menjaga kita dari jahatnya orang-orang sekitar, yang mampu membawa kita kejalan yang lebih baik dan tidak menjerumuskan kita kedalam pergaulan bebas.

  1. Nilai-nilai hidup mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu? Mengapa?

Nilai keagamaaan, nilai agama bisa kita jadikan sebagai pedoman hidup. Karena jika seseorang tidak memiliki agama maka hidupnya akan kacau karena tidak mempunyai tuhan yang bisa dijadikan sebagai pedoman hidup.

  1. Sikap seperti apa yang akan kamu kembangkan menghadapi tugas dalam kehidupan ini? Mengapa?

Bersikap sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan, Karena dengan sabar dan ikhlas akan membuat semua kesulitan terasa ringan dan bahkan bisa dilalui dengan mudah apabila sikap tersebut telah ada atau telah ditanamkan dihati seseorang.

  1. Apa yang ingin kamu perjuangkan didalam hidup ini? Mengapa?

Masa depan, karena masa depan akan membuat seseorang berusaha keras dalam menjalani hidup.

  1. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi keluargamu? Mengapa?

Sebuah kesuksesan, karena dengan kesuksesan keluarga akan bangga dan merasa bahagia sebahagia dengan kesuksesan yang telah kita capai.

  1. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi masyarakat? Mengapa?

Kepada Masyarakat saya akan beramal berdasarkan ilmu yang dimiliki, mengajarkan ilmu dan menyebarkannya kepada orang lain.

Halaman 33

SEKARANG TULISKANLAH RUMUSAN MISI PRIBADI-MU!

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah, melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  2. Membahagiakan kedua orang tua. Cara ini akan saya lakukan dengan menyelesaikan kuliah dengan baik, mendapatkan pekerjaan yang baik untuk bisa membahagiakan kedua orang tua. Dan, tidak akan pernah mengecewakan kedua orang tua.
  3. Hidup disiplin.
  4. Selalu berusaha, tidak kenal putus asa dan belajar dari pengalaman yang buruk agar menjadi pribadi yang lebih baik.
  5. Memperbaiki sifat dan karakter.
  6. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, agar dapat saling menghargai dan dapat saling mengisi satu sama lain.
  7. Berusaha untuk membuat orang-orang yang ada disekitar saya dan orang-orang yang saya sayangi selalu merasa bahagia.

Target Pekerjaan : Menjadi System analyst.

Halaman 34

  1. Menyangkut STUDI

Tujuan hidup menyangkut STUDI, menguasai semua ilmu pelajaran yang diberikan atau diajarkan dan mempraktikannya dalam dunia nyata.

  1. Menyangkat PERGAULAN DENGAN TEMAN

Tujuan hidup menyangut PERGAULAN DENGAN TEMAN, memperbanyak teman agar kehidupan lebih berwarna, dan dengan adanya teman kita bisa saling membantu saat salah satu teman sedang dalam kesulitan dalam hal apapun.

  1. Menyangkut HUBUNGAN DENGAN KELUARGA

Tujuan hidup menyangkut HUBUNGAN DENGAN KELUARGA,membuat keluarga bangga dan bahagia dengan kesuksesan yang kita capai.

AL’ASHR (MASA)

  1. Yang dimaksud dengan AL-INSAN dalam ayat 1 adalah, bahwa kita sebagai manusia harus mengejarkan sesuatu dengan sungguh-sungguh karena waktu tidak dapat diulang kembali.
  2. Yang membedakan antara kenikmatan (Pleasure) dengan kebahagiaan (Happines) adalah dari sifatnya.
  • Kenikmatan itu bersifat hayawaniyah (Kehewanan). Artinya dalam jiwa manusia terdapat sifat seperti hewan. Seperti haus, lapar, hasrat biologis dan tidak memiliki hasrat untuk beribadah. Jadi jika manusia hidup hanya untuk mencari makan, minum, hasrat biologis dan tidak beribadah, tak ubahnya mereka seperti hewan.
  • Kebahagian bersifat insaniyah (Kemanusiaan). Artinya untuk meningkatkan taraf hidup manusia, membimbing dan memelihara sifat-sifat humanistiknya serta menjaga dari kedurjanan sifat hewani agar tidak mengalahkan sifat kemanusiaannya.
  1. Cara meningkatkan derajat insaniah yaitu dengan Toleransi (saling mengasihi), Menuntut ilmu, beribadah, menjauhi larangan-Nya menjalani perintah-Nya.
  2. Tawa shaubil haq wa tawa shaubish shabr, Artinya nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Dari arti ini jika kita uraikan adalah dua prilaku yang mengembakan manusia secara social.
  3. Perbedaan Wasiat dengan Nasihat: Wasiat adalah pesan terakhir  orang yang akan meninggal dunia yang disampaikan kepada keturunannya. Sedangkan nasihat adalah ajaran atau pelajaran yang baik yang dianjurkan sesuai dengan norma.
  1. Yang dimaksud dengan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH” Adalah jika seseorang itu beriman pasti dia akan mengerti dan mengerjakan amal shaleh. Dan yang dimaksud dengan “KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGA KESABARAN” adalah karena kebenaran itu butuh kesabaran, jika seseorang sabar maka kebenaran itu akan datang.
Skip to toolbar