10 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Salah satu buah tropis yang dikenal sebagai ratu buah, sebagai pasangan raja buah durian, adalah buah manggis. Buah berkulit ungu gelap dan berdaging buah putih yang bertekstur lembut ini memang populer karena mengandung anti oksidan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lain. Anti oksidan yang terdapat di dalam buah manggis tersebut disebut dengan senyawa xamthone.

Popularitas buah ini dalam beberapa waktu terakhir semakin meningkat dikarenakan ditemukannya manfaat kulit manggis yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh serta khasiatnya untuk mengatasi beberapa penyakit. Hal ini membuat industri farmasi berlomba-lomba untuk memproduksi ekstrak kulit manggis menjadi bahan baku obat herbal agar memudahkan masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Lalu sebenarnya apa saja sih khasiat kulit manggis yang terkenal itu? Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh Anda.

1# Mencegah dan mengobati kanker

Diketahui bahwa ternyata kulit manggis bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan juga memiliki kemampuan untuk menghancurkan sel tersebut hingga penyakit kanker yang sudah mencapai stadium lanjut.

Senyawa xamthone, sebagai kandungan anti karsinogenik dalam kulit buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yang mampu memusnahkan sel kanker dan menjadi bahan yang efektif untuk mencegah kanker. Selain itu xamthone juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.

Namun perlu dijadikan catatan bahwa kulit manggis tidak selalu dapat membunuh sel kanker secara tuntas. Masih diperlukan proses pengobatan lanjutan seperti misalnya kemoterapi maupun radioterapi agar kesembuhan penyakit lebih optimal.

2# Mencegah penyakit jantung

Kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida adalah salah satu dari manfaat kulit manggis.

Serat dari kulit buah ini akan mengikat kelebihan LDL dan trigliserida yang terdapat di dalam usus agar tidak diserap oleh darah. Selain itu kandungan anti oksidan dalam kulit manggis juga akan mengikat LDL dan trigliserida yang terdapat di dalam darah untuk segera diproses di dalam kantung empedu yang kemudian akan ikut terbuang keluar dari tubuh.

Kemampuannya untuk mengatur kolesterol tentu saja memiliki efek yang secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan keseimbangan kolesterol di dalam tubuh memiliki manfaat positif untuk kesehatan kardiovaskular Anda. kolesterol yang seimbang dapat mencegah terbentuknya plak di dinding pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dalam pembuluh dapat berfungsi dengan baik. Jadi, resiko penyakit jantun, darah tinggi dan stroke juga dapat dihindari.

3# Menurunkan diabetes

Selain mengatasi penyakit jantung, kulit manggis juga bermanfaat untuk menurunkun kadar diabetes dalam darah yang dapat menjadi cikal bakal penyakit jantung dan stroke.

Kulit buah yang memiliki kalori rendah ini memiliki kemampuan untuk mengurangi dan mentransportasikan kadar gula dalam darah agar keluar dari tubuh melalui air seni. Namun tentu saja untuk mengatasi diabetes selain menggunakan kulit manggis adalah dengan tetap menjaga pola makan yang sehat dan juga olahraga rutin.

4# Mengatasi diare

Kemampuannya untuk mengatasi penyakit diare diseebabkan oleh kandungan anti bakteri dalam kulit manggis yang memang efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab diare. Selain itu kulit manggis juga baik untuk menjaga fungsi pencernaan tubuh Anda.

Selain mengatasi diare, kulit manggis juga berkhasiat untuk mengatasi keracunan makanan karena kemampuannya untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Buah manggis ini akan membantu sel darah putih di dalam tubuh untuk menyerang racun.

5# Meredakan radang sendi

Salah satu manfaat kulit manggis yang lain adalah dapat meredakan sakit radang sendi. Hal ini dikarenakan kulit manggis memiliki kandungan antiperadangan yang dapat menyembuhkan radan sendi. Selain kelebihannya berupa anti peradangan, kulit buah ini juga memiliki khasiat sebagai anti inflamasi.

Kemampuan kulit manggis untuk menghentikan inflamasi dan peradangan di dalam tubuh tersebut ternyata sudah ditemukan dalam penelitian yang dilakukan di sekitar tahun 70-an. Kulit buah manggis dapat menghambat enzim cox-2 yang memicu peradangan. Dengan adanya senyawa turunan dari xamthone maka enzim pemicu radang akan dapat diserang dan dimatikan.

6# Mengobati asma

Kemampuan dari kulit buah manggis untuk mencegah dan mengobati penyakit asma diperoleh dari kandungan anti mikroba yang terdapat di kulit buahnya. Anti mikroba tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab penyakit asma. Bahkan anti mikroba ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi TBC dan meningkatkan imunitas penderita.

7# Anti aging

Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam buah manggis dapat menjadi bahan baku produk anti aging yang memperlambat proses penuaan dini. Sehingga ekstrak kulit buah tersebut sangat populer di dalam produk kecantikan wanita.

Selain itu kandungan anti bakteri pada kulit buah manggis juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri di kulit wajah sehingga penyebab komedo, jerawat dan flek hitam akan dengan mudah dibasmi. Anda dapat menggunakan rebusan kulit manggis untuk dikonsumsi ataupun dijadikan untuk toner wajah.

8# Mengatasi gangguan haid pada wanita

Khusus untuk wanita, manfaat kulit manggis adalah dapat mengatasi rasa sakit perut tak tertahankan yang terjadi saat datang bulan. Gangguan haid lain yang juga dapat diatasi adalah telat datang bulan atau jadwal haid yang tidak teratur. Selain itu, kulit buah manggis juga bermanfaat untuk meringankan gejala menopause pada wanita.

9# Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kulit buah manggis memegang peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh dan memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi infeksi. Sehingga kulit buah ini akan sangat baik bila dikonsumsi oleh penderita yang bermasalah dengan sistem imunitas seperti misalnya pasien TBC ataupun HIV AIDS. Hal ini dikarenakan selain vitamin C seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit manggis juga memiliki senyawa anti mikrobakterial yang efektif.

10# Membantu penurunan berat badan

Kulit buah manggis memiliki kandungan 35,61% karbohidrat sehingga dengan mengonsumsi kulit buah tersebut, tubuh Anda akan cukup memiliki kandungan karbohidrat tanpa perlu memakan banyak nasi. Selain itu kulit buah ini juga memiliki kandungan air sebangayk 62%.

Hal ini membuat sari kulit manggis aman digunakan untuk salah satu sumber makanan di dalam program diet menurunkan berat badan. Untuk informasi lebih lengkap tentang cara menurunkan berat badan melalui makanan, saya rekomendasikan baca artikel dari OhGitu.

Itulah tadi penjelasan dari 10 manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang ingin menggunakan cara alami, dapat mengolah kulit manggis dengan cara merebusnya dan meminum air rebusan manggis tersebut secara berkala sesuai dengan kondisi penyakit yang Anda derita.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi rebusan kulit manggis tersebut karena jika tidak cocok akan menimbulkan efek samping seperti alergi kulit berupa gatal dan bintik merah. Selain itu untuk menjaga kesehatan juga diperlukan adanya olahraga rutin, menghindari stress dan menjaga pola makan yang tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *