Contoh Permainan dan Aktivitas Tradisional Indonesia! Balap Karung atau balap karung adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang paling populer. Game ini tidak hanya dimainkan oleh anak-anak tetapi juga oleh orang dewasa juga. Game ini biasa dimainkan saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang terjadi setiap  Agustusan.

Permainan Tradisional

Permainan tradisional ini juga dianggap sebagai salah satu permainan tradisional Indonesia tertua.  Seputar informasi terbaru. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa permainan tradisional ini telah dimainkan sejak era kolonial di Indonesia. Dalam game ini, para pemain akan berlomba dari awal hingga akhir dengan mengenakan karung di kaki mereka.

Bentengan

Bentengan atau Fort Game juga salah satu yang paling populer di permainan tradisional Indonesia, terutama di kalangan anak laki-laki. Game ini berfokus pada strategi dan kelincahan dalam menghindari atau menangkap lawan. Game ini menjadi lebih jarang dimainkan hari ini. Baca juga di BandarQ Online.

Beberapa orang mengatakan bahwa game ini mewakili perjuangan rakyat Indonesia ketika berperang melawan penjajah di masa lalu. Di sisi lain, permainan ini dimainkan dalam tim dan masing-masing tim terdiri dari empat hingga lima pemain. Setiap tim memiliki objeknya sendiri seperti tiang atau potongan bata yang perlu dilindungi dari lawan.

Bola Bekel

Bola Bekel adalah permainan tradisional Indonesia yang sangat mirip dengan permainan Jacks. Game tradisional ini biasa dimainkan oleh anak perempuan. Baca Juga di Poker QQ Online.

Namun, beberapa anak laki-laki mungkin juga suka memainkan permainan ini juga. Beberapa orang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Jawa Barat sementara yang lain mengatakan bahwa itu berasal dari Jawa Timur. Di sisi lain, perempuan biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memainkan permainan ini.

Sementara itu, untuk memainkan game ini, Anda membutuhkan bola yang disebut Bekel Ball dan sepuluh jack yang disebut Kuwuk (kerang berukuran kecil). Game ini bisa dimainkan oleh tiga hingga lima pemain.

Congklak

Congklak juga merupakan permainan tradisional Indonesia yang menjadi sangat populer. Dengan demikian, game ini dimainkan dengan menggunakan papan dengan desain yang sangat unik dan eksotis. Beberapa ahli percaya bahwa game ini berasal dari Timur Tengah dan kemudian menyebar ke Benua Afrika dan setelah itu menyebar ke Asia.

Apa Saja Macam Permainan Tradisional?

Menurut sejarahnya, game ini awalnya dimainkan oleh orang asing untuk tujuan perdagangan atau sebagai media untuk menikahi orang lokal.

Egrang

Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Sama seperti Balap Karung, Egrang juga biasa dimainkan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang dimainkan dengan menggunakan dua batang bambu. Setiap tiang bambu tingginya 4 sampai 5 meter. Sekitar 50 cm dari bagian bawah tiang bambu, ada langkah di mana pemain bisa meletakkan kaki. Kemudian, pemain akan menggunakan tongkat bambu ini untuk berjalan dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Game Asah Otak Gratis Terbaik untuk Android dan iOS

Engklek

Engklek adalah permainan tradisional Indonesia yang biasanya dimainkan oleh perempuan. Itu juga dikenal sebagai Taplak. Beberapa orang mengatakan bahwa game ini berasal dari Inggris sedangkan orang lain mungkin mengatakan bahwa game ini sudah ada sejak abad ke – 17 di Roma.

Di Indonesia permainan tradisional, game ini menjadi populer sejak era kolonial. Game ini bisa dimainkan oleh tiga pemain atau lebih. Dalam game ini, beberapa kotak yang terhubung satu sama lain akan ditarik di tanah. Bentuk kotak dapat bervariasi. Para pemain diharuskan untuk berpindah dari satu kotak ke kotak lainnya dengan hanya menggunakan satu kaki.


Comments are closed.

Kategori Berita Online Terbaru



Skip to toolbar