Hasil Koleksi Kolaborasi Andrea Pompilio Dengan Onitsuka Tiger

Nama Onitsuka Tiger tentu sudah tidak asing didengar sebagai salah satu perusahaan sepatu tertua di Jepang. Menelusuri sejarahnya kembali ke pembentukan Onitsuka Co Ltd pada tahun 1949, ketika mantan perwira militer 32 tahun Kihachiro Onitsuka memulai perusahaannya dengan harapan meningkatkan harga diri pemuda pascaperang melalui atletik. Desain sepatu yang digarap oleh Kihachiro telah melalui beberapa tahap penyesuaian hingga pada performa terbaiknya.

Onitsuka akhirnya membuat sepatu yang lebih efektif pada tahun 1952 yang setelah itu meledak di pasaran dan populer di seluruh Jepang. Di tahun 1955, perusahaan akhirnya melakukan inisiasi mengekspansi pasarnya dan membuka 500 toko di seluruh Jepang. Sejak didirikan pada tahun 1949, Onitsuka Tiger telah menciptakan banyak sepatu dan aksesoris untuk beberapa lini olahraga, seperti untuk sepak bola, basket, cheerleader, lari, seni bela diri, voli, track and field, gulat, cross training, golf, kriket, dan tenis.

Andrea Pompilio + Onitsuka Tiger 2014 Fall/Winter

Andrea Pompilio + Onitsuka Tiger 2014 Fall/Winter | Source images : cqsig.wordpress.com

Sedangkan Andrea Pompilio sendiri lahir dan dibesarkan di Tokyo, Andrea Pompilio memilih kewarganegaraan Belanda sebagai paspor yang Ia pegang. Ayah dari Andy sendiri adalah orang Italia, sedangkan ibu dari Andy asli Jepang. Andy adalah ‘world-citizen’ yang menghabiskan hari-harinya di sekolah internasional Tokyo dan Roma. Setelah fasih berbahasa Jepang, Inggris, dan Italia, Ia pun mulai mencari jati diri dan identitas di tahap awal hidupnya. Dengan minat yang besar terhadap realitas dunia, Andy berkeliling dunia sebagai jurnalis foto yang mengalami berbagai karir, mulai dari event, produksi, berhubungan dengan masyarakat dengan beragam klien di dalam dan luar Jepang.

Andy lahir di tahun 1973, dan sebelum Ia mendirikan fashion brand miliknya, pria ini pernah bekerja di beberapa merek fashion mewah asal Italia dan internasional lainnya seperti Alessandro Dell’Acqua, Prada, Calvin Klein, dan Yves Saint Laurent. Di tahun 2010, Andy akhirnya meluncurkan lini busananya setelah Ia sempat belajar di Institute of Art di Pesaro dan menyelesaikan gelar masternya dengan jurusan fashion design di Marangoni di Milan pada tahun 1995. Pria ini akhirnya hidup dan bekerja di Milan.

onitsuka tiger andrea pompilio

Onitsuka Tiger Andrea Pompilio | Source images : SA Boerperd

Di tahun 2013, Onitsuka Tiger dan Andrea Pompilio resmi melakukan kerjasama untuk memproduksi koleksi Fall/Winter 2013 mereka. Dengan menggabungkan atletik dan pengaruh high-street dalam fashion, kedua brand merilis blazer, celana pendek, legging, tas, dan sepatu yang didesain secara ikonik dan mencuri perhatian. Sebagian besar palet dari produk-produk ini merupakan campuran bahan baku natural untuk menghemat logam yang digunakan.

Baca Juga: Vans dan Nike, Akankah Menjadi Trend Sneaker di Tahun 2018 ini?

Di tahun 2014, kedua pihak ini kembali meluncurkan kolaborasinya untuk koleksi Spring/Summer 2014. Menambah sinergi dalam kolaborasi sebelumnya, koleksi kali ini meluncurkan tiga sepatu dengan siluet X-Caliber yang ikonik dari awal 1980-an, keduanya memilih desain yang mirip dengan percikan cat dengan garis nuansa fluorescent.

Sukses dengan X-Caliber untuk koleksi Spring/Summer 2014, Onitsuka Tiger dan Andrea Pompilio kembali meluncurkan seri tambahan. Seri kali ini menawarkan beberapa tekstur dan bahan yang berbeda dan sempurna untuk perubahan musim yang akan datang. Meskipun terlihat berbeda seperti tiga sepatu peluncuran awal, seri kali ini datang dari siluet Colorado 85 yang dinilai retro.

Lanjut ke koleksi Fall/Winter 2014, kolaborasi ini menghasilkan siluet Colorado 85 yang memiliki versi berbeda. Versi retro untuk pelari ini dibuat dengan motif geometris monokrom pada bagian atas, yang dieksekusi dengan material kulit yang lentur. Warna hijau tebal dual-tone dan berani pada bagian tumit mempercantik tampilan sepatu ini. Perbedaan warna pada bagian hak menampilkan motif putus-putus yang futuristik. Pada sol bagian luar didesain dengan karet kasar yang terinspirasi dari kolaborasi-kolaborasi sebelumnya.

Dan pada 2015, Onitsuka dan Andy menampilkan koleksi sepatu untuk koleksi Spring/Summer 2015 dengan gaya khas tradisional yang mampu melengkapi tampilan Anda. Koleksi ini memiliki palet warna yang sederhana dan netral. Glory Gladiator ditata ulang dalam sebuah sneakers dengan gaya high-tops dengan branding Onitsuka Tiger di bagian atas. Siluet lainnya diambil dari Tiger Alliance, masih bersifat tradisional, sepatu ini memiliki panel pada bagian samping dan kulit yang berlubang untuk perbedaan tekstur. Benar-benar eye-catching ya semua desainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *