Pengantar Informatika

1. Apa yang dimaksud AL INSAN dalam ayat 1 ?
Dalam surat ini dibicarakan perihal penciptaan dan cobaan kepada umat manusia yang berpotensi untuk bersyukur kepada Allah atau mengingkari-Nya. Balasan yang akan diberikan kepada orang-orang kafir, dalam surat ini, dibicarakan secara global. Sementara mengenai kenikmatan-kenikmatan yang Allah karuniakan kepada orang-orang Mukmin dipaparkan secara lebih rinci. Surat ini kemudian mengkhususkan pembicaraan kepada Rasulullah saw. yang dikaruniai al-Qur’ân. Rasul diperintahkan agar bersabar dan selalu melakukan ketaatan. Surat ini juga memuat peringatan bagi mereka yang mencintai kehidupan dunia dengan tidak mempedulikan akhirat. Dibicarakan pula mengenai ayat-ayat yang dapat dijadikan sebagai nasihat dan peringatan dengan kehendak Allah. Sesungguhnya rahmat dan azab Allah akan diberikan sesuai dengan kehendak dan kemahakuasaan-Nya. Sungguh, manusia telah melewati suatu masa sebelum ditiupkan ruh ke dalam dirinya. Ketika itu, manusia adalah sesuatu yang tak bernama dan belum diketahui akan diperlakukan apa.

هَلْ أَتَىٰ عَلَى الْإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا

“Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?”

2. Apa perbedaan antara Happiness dan Pleasure ?
• Senang (Happiness) adalah sesuatu yang hanya dirasakan sesaat atau sewaktu.Kenikmatan yg berbatas, tak berkelanjutan, tak bisa disimpan, tak diwariskan pada orang lain. Contoh mendapat sesuatu diinginkan (hp, mobil, baju, tas, sepatu, makanan lezat, pacar yang cakep,dll). Terjadi pengurangan nilai kenikmatan. Contoh bila memakan makanan kesukaan terus-menerus, lama kelamaan nilai kenikmatannya juga ikut berkurang.
• Kebahagiaan (Pleasure) adalah suatu kenikmatan hidup yang akan dirasakan terus-menerus.Menurut Martin Seligman dalam bukunya Authentic Happiness terdapat 3 kondisi seseorang memperoleh kebahagiaan yaitu Hidup yg penuh kesenangan ( pleasant life ), Hidup yg nyaman ( good life )–> segala kebutuhan hidup tercukupi, Hidup yg bermakna ( meaningful life )–> berguna bagi banyak orang.
Jadi, Kebahagiaan adalah suatu kenikmatan hidup yang akan dirasakan terus-menerus sedangkan, Senang adalah suatu kenikmatan hidup yang dirasakan sesaat dan dapat merupakan bagian dari kebahagiaan.

3. Bagaimana cara meningkatan derajat insaniah ?
Cara meningkatkan derajat insaniyah yaitu dengan cara meningkatkan amal shaleh pada setiap individu,contohnya menyebarkan salam,dermawan,shalat malam,dan sebagainya,karena dalam Al-Qur’a4. Uraikan apa yang dimaksud tawã shaubil haq wa tawa shaubish shabr (Al-‘Alshar 3)? Maksud dari tawã shaubil haq wa tawã shaubish shabr yaitu menjelaskan sifat yang tidak akan membawa kerugian bagi manusia,yaitu beriman,beramal shaleh,dan menasihati untuk kebenaran,yang berguna untuk mengembangkan masyarakat insaniyah atau masyarakat yang memiliki sifat kemanusiaan dalam berhubungan antar manusia.

4. Apa bedanya wasiat dengan nasihat?
• Nasihat berasal dari bahasa arab, yaitu murni serta bersih dari segala kotoran,Nasihat adalah suatu kata-kata untuk menerangkan satu pengertian,” yaitu keinginan kebaikan bagi yang dinasehati.”
• Wasiat diambil dari kata wahshaitu asy-syaia, uushiihi, artinya “aku menyampaikan sesuatu”. Maka orang yang berwasiat adalah orang yang menyampaikan pesan diwaktu dia hidup untuk dilaksanakan sesudah dia mati.
• Bedanya Wasiat dengan nasihat yaitu :nasihat boleh dilaksanakan boleh tidak, boleh didengar atau tidak,tetapi wasiat wajib didengar dan dilaksanakan,karena terdapat dalam surat al baqarah ayat 180 dan 240 bahwa wasiat wajib dilakukan.

5. Apa yang dimaksud dengan pernyataan ” IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN?
• Penyataan pertama menjelaskan orang-orang yang beriman akan selalu mengerjakan amal shaleh, dan selanjutnya amal saleh akan lahir dengan mudah karena adanya iman,maka tidak bisa dipisahkan.
• Pernyataan kedua menjelaskan orang-orang yang teguh akan kebenaran kadang mendapat penolakan dan cobaan yang tidak terduga dalam suatu kaum.Jika manusia itu sabar,maka kesabaran itu akan menimbulkan kebenaran mengikuti jalannya waktu.n dinyatakan:Untuk setiap orang, derajat yang sesuai dengan amalnya (QS Al – An’am 132).

6 thoughts on “Pengantar Informatika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *