APTIKOM

TIK dinilai oleh sebuah negara untuk kemajuan di masa kini dan mendatang. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi disingkat TIK telah merubah cara pandang kerja manusia di era globalisasi ini seperti singapura misalnnya, mencoba membangun dirinya menjadi the intelligence island.  sementara malaysia mencoba untuk menciptakan kota pertama di dunia berbasis teknologi informasi da komunikasi melalui mega proyek multi media super corridor dimana 7 aplikasi flagship. ada juga salah satu negara termiskin di dunia yaitu India yang telah menyulap bangalore menjadi salah satu pusat inovasi TIK. TIK dinilai

Peranan strategis SDM informatika, keunggulannya kompetitif nasional dari sebuah negara ditentukan oleh dua hal penting yaitu SDA dan SDM. Artinya adalah bahwa pemanfaatan TIK  secara efektif dan efesien merupakan critical succes factor dalam meningkatkan daya saing nasional.

Karekteristik individu informatika , dibagi menjai dua yaitu IT worker dan IT enabled worker.  IT worker (ITW)yaitu keahlian khusus untuk melahirkan karya cipta di bidang informatika seperti : program,aplikasi,algoritma,perangkat keras,metodologi,pendekatan implementasi , dan lain sebagainya. IT enabled worker (IEW) adalah mereka yang memiliki keterampilan dalam menggunakan atau me-utilasi teknologi informasi untuk membantu serta menunjang aktivitas kesehari-harian mereka.

Tipe profesi lulusan informatika berperan sebagai :

1. Karyawan yang akan meniti kariernya dari level staf hingga tingkatan ( manajemen )

karyawan dikenal dgn 3 jenis profesi : 1.sistem analis, programer,dan operator

2. Wiraswastawan biasannya menggunakan kreatifitas dan inovasi

paling tidak ada 3 jenis yang paling sering mengemuka :

– pencipta hardware

– pencipta software , dan

– pencipta atau penyedia jasa jasa (services)

3. Profesional yang akan menjadi freelancer

4. Birokrat biasannya akan menjadi pegawai negeri

5. Akademis memfokuskan diri mejadi pengajar (dosen)

One thought on “APTIKOM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *