QUESTIONING Halaman 9

  1. Apa yang dimaksud Al-Insan dalam ayat 1?

 

Jawaban:

 

Kata insan mengandung penafsiran bahwa di dalam manusia itu ada dua sifat, yaitu sifat Hayawaniyah (kebinatangan) dan sifat Insaniyah (kemanusiaan).

 

  1. Apa perbedaan antara HAPPINESS dan PLEASURE?

 

Jawaban:

 

Pleasure atau kenikmatan adalah sifat Hayawaniyah atau kebinatangan, sedangkan Happiness atau kebahagiaan adalah sifat Insaniyah atau kemanusiaan.

 

  1. Bagaimana cara meningkatkan derajat INSANIYAH?

 

Jawaban:

 

Yang dapat meningkatkan derajat insaniyah adalah amal saleh. Jadi nilai seorang manusia itu di ukur dari iman dan amal salehnya.

 

  1. Uraikan apa maksud tawa shaubil haq Kwa tas ashaubil shabr (la-ashr 3)!

 

Jawaban:

 

Adalah dua perilaku yang mengembangkan manusia secara sosial. Nilai suatu masyarakat juga diukir dari iman dan amal saleh. Masyarakat yang rendah adalah masyarakat yang tidak beriman dan tidak beramal saleh atau masyarakat barbar, masyarakat biadab.

 

  1. Apa bedanya wasiat dengan nasihat?

 

Jawaban:

 

Nasihat itu boleh dilaksanakan boleh tidak (mungkin juga boleh didengar atau tidak) sedangkan wasiat harus didengar dan dilaksanakan.

 

  1. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN”?

 

Jawaban:

 

Jadi, orang tidak dikatakan beriman jika tidak beramal saleh dan tidak dikatakan membela kebenaran kalau tidak tabah dalam membela kebenaran itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *