Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata Wonocolo

Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata WonocoloDesa Wisata Wonocolo ini memiliki pemandangan layaknya Texas lengkap dengan pertambangan minyak yang berumur lebidh dari 100 tahun.

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Texas? Pasti akan mengingatkan kamu dengan sebuah daerah tambang minyak dan kawasan pertambangan di Amerika Serikat yang sering difilmkan tahun 1990-1n.

Namun pemandangan serupa juga bisa dilihat di Indonesia. Tepatnya berada di lokasi di Desa Wisata Wonocolo, Bojonegoro, Jawa Timur.

Layaknya Texas dalam film-film Hollywood tahun 90’an. Di desa in juga terdapat wilayah pertambangan yang luas. Menariknya, disini masyarakat pun menyebut desa mereka serupa dengan kata TEXAS, desan wisata migas ini menggunakan kata TEKSAS sebagai singkatan dari “Tekad Selalu Aman dan Sejahtera”.

Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata Wonocolo

Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata Wonocolo

Seperti halnya dalam film Holywood, kawasan pertambangan di desan ini juga terdengar deru mesin yang masih tradisional. Perbedaannya, di pertambangan ini kamu akan melewati jalan menantang menuju pertambangan. Jalan berliku dan menanjak adalah harga yang harus kamu tebus untuk menuju kawasan tersebut.

Baca Juga : Makanan Menjijikan Dipamerkan di Museum Swedia

Sesampainya disana jangan lupa untuk mampir ke Rumah Singgah dimana terdapat literasi mengenai sejarah desa wisata Migas Wonocolo atau beristirahat sejenak.

Tak berselang jauh dari rumah singgah, kamu akan disambut oleh pemandangan menarik, kayu-kayu disusun tinggi sebagai penyangga pompa minyak hingga kepala truk yang dimodifikasi menjadi motor penggerak pompa. Wonocolo, begitulah orang-orang menyebutnya.

Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata Wonocolo

Tak hanya itu, besi tua, drum yang menghitam, tanah bercampur minyak, rangka dan kursi kayu pun bisa dilihat oleh wisatawan yang datang kesini.

Baca Juga : Fakta Meninggalnya Andika Pratama Yang Mendaki Puncak Carstensz

Biasanya mereka yang kesini adalah wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang penasaran dengan desa wisata pengeboran minyak yang sudah ada lebih dari 100 tahun ini.

Tambang minyak Wonocolo ini sudah lebih dari 100 tahun dan produkis migasnya terus menurun. Tapi dengan desa wisata yang dilengkapi dengan program lingkungan ini, warga Wonocolo akan menggerakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraannya,” ungkap Afwan, Cepu Field Manager.

Ada kuliner khas Nasi Gulung yang patut dicoba disini

Melihat Texas-nya Indonesia Yang Berada di Desa Wisata Wonocolo

Selain memotret dan melihat aktifitas pada pekerja tambang yang kebanyakan adalah masyarakat setempat. Disini kamu juga bisa merasakan kuliner khas di sekitar puncak kawasan ini bernama Nasi Gulung yang sangat lezat.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Makan Saat Tengah Malam Kelaparan di Solo

Iya ini tadinya bekal yang biasa dibawa mereka (penambang minyak) kalau kerja. Digulung pakai daun berlapis lapis supaya awet, gak basi,” ucap seorang penjual disana.

Nasi gulung sendiri mirip dengan lontong yang diisi dengan sambal dan dibungkus dengan daun.

Bagi kamu yang tertarik dengan fotografi dan penyuka wisata adrenalin sangat cocok untuk berwisata kesini. Karena dilengkapi dengan fasilitas seperti jeep adventure, bersepeda, berkemah, kegiatan mancakrida (outbond), ataupun downhill, dapat dilakukan dalam kawasan ini.

Related entries

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

Leave a comment