Gunung Thor Kanada, Gunung Paling Vertikal dan Mengancam Nyawa Ketinggian tebing Gunung Thor mencapai 1.250 meter dengan kemiringan 105 derajat, nampak seperti gunung yang dipotong lurus dari atas kebawah.

Nama Gunung Thor akan mengingatkan kamu akan adegan dalam sebuah film animasi “Thor: The Dark World” dimana Thor, Jane Foster dan Loki terombang ambing di dalam pesawat dan terlempar kedalam gunung batu tinggi yang mencekam.

Gunung Thor Kanada, Gunung Paling Vertikal dan Mengancam Nyawa

Gunung yang menjadi setting animasi Thor: The Dark World bukan kisah fiksi sebagai pemanis film animasi. Nyatanya, Gunung Thor memang ada didunia.

Gunung Thor ini berada di Kanada, tepatnya di Taman Nasional Auyuttuq, Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Gunung granit yang memiliki tebing kokoh ini menjadi salah satu gunung paling berbahaya di dunia.

Para pendaki harus menanjakki jalanan berbatu dan tebing terjal. Bahkan, dikalangan pendaki, gunung ini disebut sebagai gunung dengan dinding paling vertikal. Ketinggian tebingnya mencapai 1.250 meter, lebih tinggi dari Burj Khalifa yang hanya 828 meter.

Dengan kemiringan tebing mencapai 105 derajat, gunung ini nampak seperti gunung yang dipotong lurus dari atas kebawah. Berada di puncaknya akan menimbulkan perasaan mencekam.

Dikenal ekstrem dan mematikan, banyak pendaki yang berlomba untuk mencapai Puncak Thor ini. Club Alpine Kanada adalah tim yang pertama kali mendaki Gunung Thor.

Pendakiannya dilakukan pada tahun 1965 kemudian pada Juli 2006 baru kembali ditaklukan oleh pendaki asal Amerika Serikat.

Mengerikan dan mematikan. Meski demikian, tidak hanya pendaki yang kunjungi destinasi Gunung Thor Kanada ini. Penggila olahraga paragliding pun datang ketempat ini untuk menjajal titik awalan penerbangan mereka.

Bila kamu tertarik melakoni perjalanan menantang dan tak biasa, siapkan fisik dan mental untuk lakukan pendakian di Gunung Thor yang ada di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffing, Nunavut, Kanada.