• Questioning : IQRA’ TENTANG SURAT AL-‘ASHR

    Questioning

    1. Apa yang dimaksud Al INSAN dalam ayat 1
    2. Apa perbedaan antara HAPPINESS dan PLEASURE
    3. Bagaimana cara meningkatkan derajat INSANIAH
    4. Uraikan apa maksud tawã shaubll haq wa tawã shabr (Al-‘Ashr 3)
    5. Apa bedanya wasiat dengan nasehat
    6. Apa yang dimaksud dengan pernyataan ” IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN”

    Answer

    1. Al Insan Ayat 1 yang berarti Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang Dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

      yang di maksud Al insan dalam ayat 1 ini
      Allah SWT berfirman bahwa Dia telah menciptakannya setelah sebelumnya tidak pernah menjadi sesuatu yang disebut karena kerendahan dan kelemahannya. Allah menyebutkan dalam surah yang mulia ini keadaan pertama manusia awalnya, pertengahannya dan akhirnya Allah menyebutkan bahwa telah berlalu atasnya masa yang panjang yaitu sebelum ia terwujud, sedangkan ia dalam keadaan tidak ada, bahkan tidak bisa disebut. Kemudian ketika Allah SWT hendak menciptakan manusia, Dia menciptakan bapak mereka, yaitu Adam dari tanah, kemudian menjadikan keturunannya secara berturut-turut dari mani yang bercampur, yakni air yang hina dan dipandang kotor.


    2. “HAPPINES” adalah kebahagiaan,yang terjadi saat keadaan atau perasaan senang dan tenteram.Contoh bertemu keluarga yang sudah lama tinggal merantau tidak menghasilkan kebahagiaan.

      “PLEASURE” adalah kenikmatan,yang terjadi saat perasaan merasa puas dan senang.

      Contoh : kenikmatan yang didapat saat makan.Makan tidak menghasilkan kebahagiaan,tetapi kepuasan.


    3. Cara meningkatkan derajat INSANIAH yaitu a’malush shalihat (amal saleh )Contoh Shalat ,Zakat, dan berbuat baik kepada orang lain dan sebagainya.

      jadi nilai seorang manusia itu diukur dari iman dan amal salehnya.


    4. tawã shaubll haq wa tawã shabr yang berarti : nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.Jadi kita Sesama muslim harus saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran

      Agar menjadi masyarakat yang memiliki sifat kemanusiaan.


    5. Nasihat merupakan suatu peringatan yang diberikan berdasarkan kebenaran dengan maksud untuk menegur seseorang dengan tujuan yang baik. Nasehat Itu boleh dilaksanakan boleh juga tidak mungkin, juga boleh di dengar atau tidak.Wasiat diambil dari kata wahshaitu asy-syaia, uushiihi, artinya “aku menyampaikan sesuatu”. Maka orang yang berwasiat adalah orang yang menyampaikan pesan diwaktu dia hidup untuk dilaksanakan sesudah dia mati.Jadi wasiat adalah suatu perintah yang harus didengar dan dilaksanakan.

      karena terdapat dalam surat al baqarah ayat 180 dan 240 bahwa wasiat wajib dilakukan.


    6. Yang dimaksud “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN” yaitu jika orang tidak  dikatakan beriman kalau tidak beramal saleh dan tidak dikatakan membela kebenaran kalau tidak tabah dan sabar dalam membela kebenaran itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar