Memiliki sebuah usaha atau bisnis, tidak mungkin berjalan bila tidak memiliki sebuah nama atau brand. Biasanya, sebuah konsep usaha maupun bisnis mencerminkan nama dari usahanya. Contoh, usaha bisnis Ayam bebek maka nama brand nya adalah ” bebek tepi sawah”, atau ” bebek pak ndut”.

Tapi yang menjadi masalah adalah, beberapa pengusaha ternyata kesulitan membuat sebuah nama brand untuk usaha maupun bisnisnya. Mengapa demikian?, karena merasa takut brand tersebut kurang laku. Atau takut nama brand tidak menarik di mata pelanggan.

Sehingga banyak pengusaha menggunakan nama usaha yang sering digunakan contohnya brand-brand umum sebagai berikut :

  • Nasi Padang Pak John
  • Roti Manis Tono
  • Mie Ayam Bu Wondo
  • Penjahit Roni
  • Salon Ani
  • Laundry Heni
  • Reva Market

Padahal, kalau pengusaha berani membuat nama sebuah brand yang unik, maka akan membuat bisnisnya bisa berpotensi memiliki kekuatan branding yang mudah diingat oleh pelanggan atau istilahnya brand recall.

Yang dimaksud brand recall adalah, dimana konsumen atau pelanggan langsung mengingat nama brand sehingga konsumen tersebut akan balik lagi, bila memang barang maupun jasa dari usaha tersebut memuaskan.

Jadi memilih nama brand tidak boleh pasaran, atau sembarangan. Jangan anda sepelekan untuk urusan nama dari usaha, karena nama usaha atau brand merupakan cerminan dari bentuk usaha anda. Dan berikut beberapa tips, untuk dapat menemukan nama brand atau merek yang menarik untuk bisnis atau usaha anda.

3 Tips Ampuh Dalam Membuat Nama Brand Yang Unik Dan Mudah Diingat

1# Menggunakan maksimal 2 kata

Semakin bagus brand atau merek, adalah semakin singkat dan pendek. Sehingga konsumen akan mudah mengingat brand tersebut. Bahkan idealnya adalah 1 kalimat saja, contohnya adalah brand  “Aqua”. Dimana produk air minum ini memiliki brand yang kuat, karena selain menggunakan 1 kata saja nama brand juga mudah diingat.

Untuk brand dengan 2 kata juga bisa anda coba, ada terdapat beberapa brand 2 kalimat yang cukup terkenal yaitu “Sinar Dunia”. Merupakan merek dari kertas yang terkenal di Indonesia. Jadi, usahakan dalam pembuatan nama usaha wajib untuk menggunakan 1 kata atau 2 kata saja. Karena semakin singkat dakan semakin mudah diingat oleh pelanggan anda nantinya.

2# Gunakan Istilah Unik Tapi Tetap Mencerminkan Bisnis

Menciptakan sebuah nama brand memang sulit, bahkan sangking sulitnya. Munculnya beberapa konsultan jasa riset pasar yang membantu untuk menguji sebuah nama brand, apakah brand tersebut terkenal atau tidak. Agar dalam membuat nama brand yang bagus, anda bisa menggunakan istilah-istilah bahasa inggris, latin, yunani, atau arab sekalipun.

Bahkan ada beberapa merek sabun kecantikan, menggunakan bahasa daerahnya untuk dijadikan nama brand. Contohnya yaitu ” Sabun Mabello”, dimana merupakan produk kecantikan yang berupa sabun untuk wajah. Ada juga brand yang menggunakan istilah kebarat-baratan yaitu ” Brisia Mie” dimana merupakan merek dari sebuah Mie Ayam di salah satu kota di Indonesia.

3# Cek Nama Brand Apakah Sudah Ada Yang Menggunakannya

Ya, aneh kan bila ketika anda sudah memutuskan memberi nama usaha anda. Tiba-tiba nama branding tersebut sudah ada yang menggunakan. Jadi pastikan bila anda sudah memiliki sebuah ide, anda cek kembali apakah sudah ada nama branding tersebut di internet, social media, atau di koran.

4# Jangan Menggunakan Istilah Yang Lagi Viral

Dalam pembuatan nama brand, usahakan agar tidak menggunakan istilah yang lagi viral. Karena istilah tersebut tidak bertahan lama. Contohnya yang lagi viral adalah “syantik”, yang merupakan lagu dari sebuah lagu yang sedang populer. Lantas anda menggunakan istilah tersebut kedalam brand anda, yaitu ” Syantik Taylor”.

Memang tidak ada yang salah dari nama brand tersebut, tapi sayangnya tidak akan membuat nama brand tersebut bertahan lama. Karena seiring dengan hilangnya kepopuleran dari sebuah istilah, maka hilang juga dari ingatan para pelanggan mengenai brand yang anda buat menggunakan istilah yang sedang viral.

Kesimpulan Memilih Nama Branding

Jadi penulis menyimpulkan bahwa, dalam membuat nama branding wajib untuk dibuat sesingkat mungkin atau maksimal menggunakan 2 kalimat saja, lalu menggunakan beberapa istilah barat maupun latin agar terlihat unik. Contohnya brand yang bagus sebagai berikut :

  • Survey Center
  • Grapadi Konsultan
  • Brisia Mie
  • Mabello
  • Roti Boy
  • Bread Papa
  • Gealova Tech
  • Nasi Ku
  • Sambal Gami
  • Momofish
  • Baba Martabak

Apabila anda ragu dengan nama brand yang anda buat bagus atau tidak, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba jasa responden survey. Yang merupakan tim konsultan terpercaya untuk membuat sebuah survey mengenai kekuatan dari sebuah brand berdasarkan data yang real dan professional.

Demikian tulisan ini dibuat, semoga bisa membantu teman-teman untuk membuat sebuah nama brand untuk sebuah usaha. Terima kasih.