5 Tips Membeli iPhone Bekas yang Masih BAGUS dan MULUS

Tips Membeli iPhone Bekas
Tips Membeli iPhone Bekas

Tahun baru tiba, sudah saatnya mengganti handphone kamu yang sudah sering error dan ngelag. Jika kamu sudah bosan menggunakan handphone dengan sistem operasi Android, kamu bisa mulai mencoba beralih ke iPhone yang memiliki sistem operasi yang terkenal lebih stabil dan anti ngelag.

Memang, harga iPhone masuk ke dalam kategori menengah ke atas. Namun, kualitas dan materialnya sebanding dengan harganya. Apalagi, iPhone memiliki kualitas kamera yang lebih baik dan juga beberapa aplikasi premium yang tidak bisa didapatkan dalam ponsel Android. Soal harga tak perlu khawatir karena saat ini banyak perusahaan yang menawarkan kredit hp online tanpa dp dengan proses pendaftaran yang amat mudah.

Jika masih berat untuk membeli iPhone baru, kamu bisa mencari iPhone bekas berkualitas. Bahkan cara pembayarannya pun bisa dicicil sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa membeli iPhone bekas berkualitas melalui situs marketplace seperti Laku6 yang menjual beberapa iPhone bekas bergaransi. Soal pembayaran, percayakan pada Kredivo. Kredit hp online tanpa dp di Kredivo prosesnya cepat dan cicilannya juga mudah.

Nah, sebelum membeli iPhone bekas yang kamu inginkan, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk mendapatkan handphone impian kamu.

1. Sesuaikan Kapasitas Penyimpanan dengan Kebutuhan

Salah satu kelemahan iPhone adalah tidak memiliki ruang penyimpanan memori tambahan seperti beberapa handphone berbasis Android. Jadi, kapasitas penyimpanan juga sangat memengaruhi harga iPhone bekas.

Sebelum membeli, sebaiknya tentukan dahulu jenis iPhone dan kapasitas penyimpanan yang diinginkan. Biasanya kategori batas penyimpanan iPhone mulai dari 16 GB, 32 GB sampai dengan 128 GB. Jika kamu memerlukan untuk merekam video, disarankan untuk memilih kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga tidak perlu repot dengan urusan transfer data atau file ke komputer.

2. Garansi Tidak Berlaku jika Sudah Lewat Tahun

Salah satu risiko yang harus kamu pahami saat membeli iPhone bekas adalah garansi, terutama jika sudah melewati masa garansi satu tahun. Kecuali jika kamu bisa mendapatkan iPhone bekas yang masih bergaransi. Namun sebaiknya hindari membeli iPhone dengan garansi internasional.

Salah satu keunggulan membeli iPhone bekas di situs jual beli bergaransi biasanya diberikan batas waktu penukaran barang sampai dengan 7 hari dan garansi service selama 90 hari. Garansi tersebut merupakan garansi dari situs jual beli iPhone bekas online, bukan garansi dari distributor Apple Resmi.

Pastikan situs online yang menjual iPhone bekas adalah perusahaan yang memiliki badan hukum di Indonesia sehingga keberadaan perusahaannya jelas meskipun tidak memiliki toko fisik. Lebih aman lagi jika kamu membeli iPhone bekas melalui Kredivo yang telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce kredibel dan terpecaya. Selain itu, dengan memanfaatkan fasilitas kredit hp tanpa dp dari Kredivo, kamu bisa melihat kondisi barang terlebih dahulu tanpa harus mengeluarkan dana sama sekali. Jika kondisi barang tidak sesuai dengan kesepakatan, entah barang cacat, atau garansi mati, dan masalah lainnya, kamu bisa menukarnya sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama penjual.

3. Pilih Spesifikasi iPhone yang Dibutuhkan

Spesifikasi iPhone pun bermacam-macam tergantung jenis dan seri iPhone yang dibeli. Beberapa iPhone bekas yang masih dijual di pasaran mulai dari iPhone 5 sampai dengan yang paling baru adalah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Buat yang mau membeli iPhone 7 bekas, kamu harus memperhatikan lebih seksama lagi karena iPhone 7 memiliki desain dan tampilan yang mirip dengan iPhone 6. Cara paling mudah dalam membedakannya adalah dengan mengecek ketersediaan audio jack pada badan handphone. Apple telah menghilangkan lubang jack 3,55 mm yang digunakan untuk colokan headset pada iPhone 7 sedangkan iPhone 6 masih memilikinya. Jangan sampai tertipu karena di balik desain yang serupa, spesifikasi iPhone 7 lebih tinggi dibanding iPhone 6.

4. Warna Menentukan Harga

Inilah salah satu hal menarik dalam berburu iPhone bekas. iPhone memiliki warna umum putih. Jika kamu mencari iPhone dengan warna lain misalnya seperti rose gold, silver, hitam atau merah kemungkinan harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan iPhone yang berwarna umum.

Sesuaikan warna dengan selera. Namun jika persoalan warna bukan menjadi masalah maka kamu akan lebih leluasa mendapatkan iPhone bekas berkualitas terbaik yang harganya sesuai dengan kantong.

5. Cek Kondisi Fisik dan Software

Beberapa pengecekan fisik memang harus dilakukan terutama jika membeli iPhone bekas secara langsung. Umumnya jika membeli di situs online, beberapa lecet dan minus pada iPhone akan dijelaskan secara transparan.

Semakin banyak titik lecet dan baretnya, maka harganya akan semakin murah. Beberapa lecet dan baret sebetulnya bisa diakali dengan mengganti bodi iPhone. Namun, jika terdapat lecet atau baret pada layar sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli karena akan sangat mengganggu ketika digunakan.

Setelah mengecek kondisi fisik, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek software. Pastikan semua fitur berfungsi dengan baik. Misalnya seperti sensitivitas layar, sensor cahaya, koneksivitas iPhone, pengoperasian kamera dan kondisi baterai yang masih prima. Terakhir pastikan reset iCloud dan juga kondisi iPhone apakah FU (Factory Unlock) atau SU (Software Unlock). Agar tidak mengalami kendala saat upgrade software, sebaiknya pilih iPhone bekas FU.

Kamu bisa membeli iPhone bekas pilihanmu dengan memanfaatkan fasilitas kredit hp online tanpa dp di Laku6 menggunakan Kredivo. Bukan hanya di Laku6, kamu juga bisa membeli iPhone impianmu di Bukalapak, Bhinneka, Blibli, Shopee, atau e-commerce lainnya yang telah bekerja sama dengan Kredivo. Terdapat pilihan tenor mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan dengan bunga lebih rendah dari perusahaan sejenisnya yaitu 2,95%. Untuk transaksi pertama, kamu juga bisa mendapatkan diskon sebesar Rp 50 ribu. Cari tahu lebih lanjut mengenai Kredivo di sini.