Pengertian Ikan Perlu Anda ketahui

Ikan dalam bahasa daerah dan jawa dikenal iwak atau jukut. Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang sangat beraneka ragam. Lebih dari 27.000 jenis ikan di seluruh dunia.

Pengertian Ikan

Pengertian Ikan

Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan, biasanya, ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan, dan sisanya ikan tergolong bertulang keras.

Jenis ikan ditinjau dari jenis ukuran dan variasinya. Ada beberapa hewan air yang sering di anggap sebagai ikan, seperti ikan paus, ikan cumi, ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

Ikan bisa di temukan di hampir semua genangan air yang cukup besar baik air tawar, air payau, dan air asin pada kedalaman yang bervariasi, dari dekat permukaan sampai beberapa ribu meter dari permukaan.

Ikan terdiri dari ikan air tawar dan air laut. Keduanya adalah sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh apalagi buah hati anda. Ikan mengandung 18 % protein yang terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu di masak.

Kandungan lemaknya 1-20% lemak yang mudah dicerna dan bisa langsung digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dan mampu menurunkan kolestrol yang ada dalam darah.

Macam-macam ikan mengandung jumlah lemak yang bervariasi. Ada yang memiliki lemak yang tinggi dan ada yang memiliki lemak yang rendah. Lemak merupakan salah satu unsur yang sangat besar pada ikan. Unsur lainnya adalah protein, vitamin, dan mineral.

Ikan sering disebut sebagai makanan untuk kecerdasan, juga sebagai makanan sumber protein yang tinggi. Jika kita mengonsumsi ikan dalam menu sehari-hari kita maka kita sudah memberikan sumbangan yang tinggi pada tubuh kita.

Vitamin yang ada pada ikan juga bermacam-macam yaitu vitamin A, D thiamin, riboflavin, dan niacin. Ikan juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor. Mineral yang terdapat pada ikan terdiri dari magnesium, fosfor, sodium, flour, zat besi, copper, zinc, dan selenium. Ikan yang berasal dari laut mengandung banyak sodium.

Manfaat sodium adalah untuk mencegah penyakit gondok. Kebanyakan orang-orang yang tinggal dipegunungan banyak yang menderita penyakit gondok karena mereka jarang mengkonsumsi ikan laut.

Kekurangan sodium yang di alami seorang ibu semenjak mengandung bayinya akan mengakibatkan bayi yang lahir kretin, juga bisa terjadi mental retarted atau IQ-nya rendah. Ikan bukan sebagai sumber kalsium kecuali jika ikan tersebut dimakan dengan tulangnya.

Selenium merupakan mineral yang terdapat dalam ikan dan salenium yang terdapat di dalam tubuh bekerja sama dengan vitamin E sebagai zat antioksidan untuk memperlambat oksidasi asam-asam lemak tak jenuh.

Ikan juga mengandung banyak fluor. Anak-anak apabila cukup mendapat fluor pada makanannya maka giginya akan kuat san sehat.

KEUNGGULAN DAN KEUNIKAN IKAN

Telah lama diketahui bahwa nilai gizi ikan tidak hanya baik sebagai sumber protein hewani seperti yang lain. Namun, ikan juga berpotensi sebagai sumber gizi lain seperti vitamin A, sodium, mineral Ca, fosfor, Mg, dan kalsium.

Ikan juga merupakan salah satu komoditas yang kaya akan protein, tetapi rendah kolestrol.

Ikan laut, ikan tambak, dan ikan air tawar merupakan kakayaan terbesar sejak dulu dan dengan sendirinya ikan mudah mendapatkan kedudukan yang lebih baik dengan adanya peningkatan pengertian mengenai gizi ikan dan berkembangnya seni masak-memasak. Beberapa keunggulan ikan antara lain.

1. Ikan memiliki kandungan gizi yang memiliki kolestrol rendah. Kandungan lemak pada sebagian besar jenis ikan di bawah 5% dan lemak ini sebagian besar bukan lemak jenuh. Semua jenis ikan cocok untuk menu kolestrol rendah.
2. Ikan mudah di cerna. Ikan sangat baik di konsumsi bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan.
3. Ikan kaya fosfor. Fosfor merupakan bahan penting bagi semua seldan tenaga matabolisme
4. Ikan kaya zat besi. Zat besi merupakan bahan yang dibutuhkan hemoglobin didalam darah.
5. Ikan kaya iodine. Merupakan bagian penting dari thyroxin, yaitu hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental.
6. Ikan mudah di olah. Waktu untuk memasak ikan sangat singkat, sehingga bahan gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh tidak hilang.

Itulah pengertian ikan yang bisa anda baca dalam artikel ini. Jika anda masih belum tahu juga cara memasak atau memelihara ikan. Maka anda bisa membaca caranya di sini https://www.infoikan.com.

Comments are closed.