Pengertian dan Jenis – Jenis Scanner, Wajib Tahu!

Pengertian dan Jenis – Jenis Scanner, Wajib Tahu! Apakah Anda tahu apa itu pemindai? Alat yang berfungsi sebagai pemindai digital atau duplikat sangat terkenal di komunitas. Lalu apa pengertian scanner? Memang, membahas arti dari alat-alat ini tidak terlalu penting tetapi untuk menambah wawasan tidak ada salahnya, kan?

Jenis Scanner

Menurut informasi terkini fungsi pemindai bervariasi tergantung pada jenis scanner. Pemindai itu sendiri memiliki beberapa jenis scanner yang sering digunakan, yaitu pemindai PSC yang memiliki fungsi sebagai pemindai dan juga dapat digunakan untuk mencetak atau memfotokopi.

Jadi pemindai PSC dapat diartikan sebagai mesin multifungsi. Tipe kedua adalah pemindai praktis, fungsi alat ini adalah untuk memindai kartu pos atau memindai barcode. Alat ini biasa ditemukan di supermarket untuk mengetahui harga barang.

Yang terakhir adalah pemindai flatbed yang berfungsi mengisi kertas ukuran folio. Di bawah ini adalah beberapa jenis scanner, dan ketahui lebih lanjut mengenai perbandingan tiap jenis scanner.

Scanner Datar

Pemindai flatbed akan memakan ruang desktop tetapi memberikan banyak manfaat. Mereka terlihat seperti printer mini dengan penutup flip-up yang melindungi pelat kaca. Pemindai flatbed adalah beberapa pemindai yang paling umum digunakan karena memiliki fungsi rumah dan kantor.

Cara mereka memindai dokumen adalah bahwa suatu mekanisme bergulir di bawah dokumen untuk mendapatkan gambar. Untuk bisnis yang membutuhkan kemampuan pemrosesan tinggi, pemindai flatbed dapat memindai sejumlah dokumen dengan mengklik tombol.

Scanner Fed-Lembar

Pemindai yang diberi lembar lebih kecil ukurannya daripada pemindai flatbed. Jenis pemindai ini berfungsi seperti pemindai flatbed kecuali bahwa dokumen dimasukkan melalui pemindai dan bergerak sepanjang balok untuk dibaca daripada berkas yang bergerak sepanjang dokumen. Jenis ini tidak berguna untuk buku, tetapi hanya satu lembar. Ukuran kecil adalah keuntungannya tetapi mekanisme yang tidak tepat dapat membuat kertas miring.

Ada Berapa Macam Jenis Scannner?

Drum Scanner

Drum scanner digunakan untuk memindai dokumen dan menghasilkan resolusi sangat tinggi. Tidak ada jenis pemindai yang akan memberi Anda jenis resolusi, detail, ketajaman, rentang dinamis, dan rendisi warna yang dapat diberikan oleh pemindaian drum.

Hanya ada beberapa perusahaan yang membuat pemindai ini, mengingat tingginya biaya pembuatan pemindai seperti ini. Itu dianggap sebagai peningkatan yang luar biasa untuk pemindai flatbed biasa.

Pemindai drum menggunakan tabung pengganda foto (PM), yang merupakan perangkat pengindera cahaya. Itu sebabnya ia menawarkan sensitivitas tinggi dan rasio signal-to-noise yang baik. Gambar yang akan dipindai ditempatkan pada pemintalan.

Scanner Tangan

Pemindai genggam mirip pemindai flatbed. Pemindai genggam adalah perangkat elektronik kecil yang sangat membantu yang banyak digunakan untuk mendigitalkan dokumen cetak. Pemindai genggam memberikan pemindai dengan kualitas lebih rendah, mereka masih sangat populer karena mereka kecil dan lebih murah daripada flatbed mereka.

Mereka dapat memindai item yang tidak dapat masuk ke pemindai flatbed karena ukuran atau lokasi. Fungsi mereka termasuk memindahkan mereka di atas material yang ditangkap dengan bantuan baki agar tetap dalam garis lurus.

Baca juga: http://blogs.unpas.ac.id/bisniskiat/game-online-terbaik-harus-anda-mainkan-hari-ini/

Diperlukan pengalaman untuk mengoperasikan dan menangani perangkat karena sangat penting untuk menjaga pemindai tetap lurus sehingga pemindaian yang bebas dari distorsi dimungkinkan. Itulah beberapa jenis scanner yang perlu Anda ketahui.

Comments are closed.