Cara Mengurangi Risiko Kanker

Cara Mengurangi Risiko Kanker, Wajib Baca! Upaya dalam menjaga kesehatan adalah upaya menanggulangi, mencegah gangguan kesehatan dalam memeriksakan kesehtan. Pendidikan kesehatan adalah upaya membantu mengatasi kesehatan untuk bertindak secara sendiri-sendiri. Pendidikan kesehatan adalah kombinasi cara belajar untuk di rancang mempermudah adaptasi terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan.

Cara Mengurangi Resiko Kanker

Mengurangi Resiko Kanker

Dari infomasi terbaru menyatakan bahwa kanker sering tidak dapat diprediksi, tetapi ada hal-hal yang dapat dilakukan semua orang untuk membantu mengurangi risiko kanker mereka atau meningkatkan peluang mereka untuk mengalahkan penyakit jika mereka mendapatkannya. Terlebih lagi, beberapa perilaku yang sama juga dapat membantu menurunkan risiko Anda untuk penyakit serius lainnya, dan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Data terakhir yang di peroleh saat ini adalah bahwa penduduk indonesia saat ini tidak memiliki jaminan kesehatan sebanyak 80% seperti akses kesehatan jaminan askes, taspen, dan jamsostek. Golongan mereka yang tidak mendapatkan akses kesehatan adalah golongan masyarakat kecil, pedang kecil dalam hal ini pelayanan masyrakat menjadi pelik dan miris.

Dapatkan tes skrining kanker secara teratur

Tes skrining secara teratur dapat mendeteksi beberapa kanker lebih awal, ketika mereka kecil, belum menyebar, dan lebih mudah diobati. Dengan kanker serviks dan usus besar, tes ini bahkan dapat mencegah kanker berkembang di tempat pertama. Bicarakan dengan dokter Anda tentang tes untuk kanker payudara , leher rahim , usus besar , paru-paru , dan prostat .

Dapatkan dan tetap pada berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko untuk banyak kanker, termasuk payudara, usus besar, endometrium, ginjal, kerongkongan, dan kanker pankreas. Anda dapat mengendalikan berat badan Anda melalui olahraga teratur dan makan sehat.

Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik telah terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk payudara, endometrium, prostat, dan kanker usus besar. Ini juga mengurangi risiko penyakit serius lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang (sama dengan jalan cepat) atau 75 menit aktivitas yang kuat (membuat detak jantung dan bernapas lebih cepat, dan membuat Anda berkeringat) setiap minggu, sebaiknya menyebar sepanjang minggu.

Anak-anak harus mendapatkan setidaknya 1 jam aktivitas intensitas sedang atau kuat setiap hari, dengan aktivitas yang kuat setidaknya 3 hari seminggu.

Bagaimana Cara Mengurangi Risiko Kanker?

Makan makanan yang sehat

Studi menunjukkan bahwa makan makanan sehat  dapat dijadikan sebagai pencegahan kanker. Berbagai sayuran dan buah-buahan yang berbeda, biji-bijian, dan ikan atau unggas terkait dengan risiko lebih rendah terkena kanker tertentu. Di sisi lain, makan lebih banyak daging olahan dan merah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi mengembangkan kanker tertentu.

  • Makan setidaknya 2 ½ cangkir sayur dan buah setiap hari
  • Makan lebih sedikit daging merah (daging sapi, babi, dan domba) dan daging yang kurang diproses (daging asap, sosis, daging makan siang, dan hot dog)
  • Memilih roti, pasta, dan sereal yang terbuat dari biji-bijian alih-alih biji-bijian olahan, dan beras merah alih-alih putih
    Makan lebih sedikit manisan

Hindari tembakau

Penggunaan tembakau di AS bertanggung jawab atas hampir 1 dari setiap 5 kematian – sekitar 480.000 kematian prematur setiap tahun. Sekitar 80% kematian kanker paru dan 30% dari semua kematian akibat kanker disebabkan oleh penggunaan tembakau.

Baca juga: Herbal Terbaik untuk meningkatkan keharmonisan Keluarga Anda

Batasi alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dapat meningkatkan risiko Anda untuk jenis kanker tertentu , termasuk payudara, mulut, tenggorokan, kotak suara, kerongkongan, hati, usus besar dan kanker rektal. Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin tinggi risiko Anda. Behentilah mengonsumsi alkohol untuk Mengurangi Risiko Kanker Anda.

 

Comments are closed.