Cara Melindungi Data dan Smartphone Saat Traveling

Cara Melindungi Data dan Smartphone Saat Traveling

Traveling

Traveling

Kehilangan data pada saat traveling akan terasa sangat menyakitkan. Apalagi jika di situ tersimpan beberapa foto-foto terbaik yang didapatkan dengan usaha yang tidak mudah. Agar data dalam smartphone bisa tetap diselamatkan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Siapapun akan lebih rela kehilangan barang daripada sebuah kenangan yang indah. Langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Melakukan back up sebelum berangkat

Meskipun saat ini sudah cukup banyak smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan hampir setara dengan penyimpanan di laptop, ada baiknya tetap melakukan back up data sebelum traveling.

Backup data bisa bisa dilakukan dengan memindahkan dari memori smartphone ke memori laptop atau memori eksternal lainnya yang lebih aman dan tidak dibawa ikut traveling. Dengan begitu data backup dapat disimpan di tempat yang lebih aman.

Proses backup data pun dapat diatur secara otomatis. Misalnya ketika smartphone terkoneksi ke sebuah laptop, proses backup data akan berjalan secara otomatis tanpa harus diberikan perintah kembali. Dengan begini data-data kamu akan aman karena memiliki tempat cadangan.

  1. Menyimpan di cloud

Jika merasa cukup repot dengan transfer data setiap kali hendak traveling. Mungkin ada baiknya kamu mulai menggunakan data penyimpanan cloud yang lebih mudah untuk diambil dari perangkat yang berbeda asalkan ada koneksi internet.

Penyimpanan di cloud relatif lebih aman meskipun smartphone hilang. Caranya cukup lakukan sinkronisasi data di smartphone dengan di cloud. Salah satu penyimpanan di cloud yang gratis dan bisa terkoneksi langsung dengan smartphone Android kamu adalah penyimpanan di Google Drive atau Google Photos.

Tetapi kapasitas penyimpanan cloud ini dibatasi oleh Google. Untuk 15GB pertama diberikan secara cuma-cuma. Sedangkan untuk menambah atau mengupgrade kapasitas penyimpanan yang lebih banyak lagi akan dibebankan biaya tahunan.

Ada banyak keuntungan dengan menyimpan data di cloud. Kamu tidak perlu repot melakukan backup data serta keberadaanya pun lebih aman dari risiko lingkungan seperti banjir, jamur atau risiko-risiko lainnya jika disimpan dalam eksternal harddisk biasa.

  1. Memanfaatkan fitur keamanan pemindai wajah

Selain melakukan backup data dan juga menyimpan di cloud, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengamankan data di smartphone. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keamanan penggunaan smartphone.

Misalnya dengan mengaktifkan layar smartphone dengan fitur face unlock. Layar smartphone otomatis akan terbuka hanya setelah dihadapkan pada wajah pemiliknya saja. Jika smartphone tidak bisa membaca data biometrik wajah pemiliknya, tetap diberikan opsi dengan memasukkan password seperti fitur yang dimiliki Redmi Note 5 Pro.

Fitur keamanan seperti ini sudah menjadi salah satu fitur yang bisa didapatkan pada ponsel high-end dengan harga terjangkau. Meskipun pada mulanya fitur ini hanya bisa didapatkan pada smartphone-smartphone flagship seperti iPhone 8 dan seri terbarunya serta beberapa jajaran smartphone Samsung terbaru.

  1. Tambahkan password untuk verifikasi ganda

Mengaktifkan satu fitur keamanan saja memang tidak cukup. Kamu perlu menambahkan verifikasi ganda untuk lebih meyakinkan bahwa data-data kamu aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tambahkan verifikasi ganda pada setiap akun-akun penting terutama untuk mengamankan data-data sensitif pada smartphone. Misalnya dengan cara mengaktifkan fitur keamanan face unlock dan pin atau password.

Dengan verifikasi ganda seperti ini data-data di smartphone relatif lebih aman. Meskipun harus membuka kuncinya, sistem biasanya harus dibongkar atau direset. Cara tersebut mau tak mau secara otomatis akan menghapus seluruh data dalam smartphone sehingga data-data tersebut tidak bisa disalahgunakan.

Itu dia cara mudah untuk mengamankan data di smartphone-mu. Bukan cuma smartphone saja lho yang punya sistem keamanan seperti itu, sistem keamanan ganda juga diterapkan dalam layanan kredit hp dengan menggunakan aplikasi Kredivo. Selain harus memasukkan pin untuk login, pada saat verifikasi pembayaran akan ada one time password (OTP) yang hanya dikirimkan kepada pengguna. Dengan begitu transaksi online pun lebih aman tanpa khawatir data-data bisa dicuri.

Kredivo adalah salah satu lembaga pembiayaan online yang terdaftar dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Selain itu, data-data yang disubmit melalui aplikasi Kredivo terenkripsi sehingga aman dari pencurian apalagi penyalahgunaan data.

Layanan Kredivo tidak sebatas kredit hp tanpa dp dan biaya administrasi tahunan saja. Tetapi juga beberapa layanan lain seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan air, tagihan listrik sampai dengan tagihan telepon. Bahkan, kini kamu juga bisa membeli tiket pesawat secara langsung lho melalui aplikasi Kredivo.

Bukan hanya itu, kini Kredivo sudah memiliki layanan pinjaman tunai dengan plafon kredit, di mana limit kredit yang terdapat di akun Kredivo-mu, bisa dicairkan ke dalam bentuk dana tunai. Layanan ini bisa dimanfaatkan khususnya bagi yang sudah memiliki akun cicilan.

Bunga pinjaman pun sangat rendah, 0% untuk tenor 30 hari, dan hanya 2,95% saja perbulan untuk tenor 3, 6, hingga 12 bulan. Bunga tersebut juga berlaku untuk fitur pinjaman tunai, hanya tenor maksimal pada pinjaman tunai adalah 6 bulan.

Syarat untuk mendaftar Kredivo sangatlah mudah. Kamu harus berusia minimal 18 tahun ke atas, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan tinggal atau berdomisili di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Proses persetujuan tidak sampai 24 jam kok. Semua bisa dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi Kredivo terlebih dahulu di Google Play Store atau di App Store. Setelah aplikasi kredit hp disetujui, kamu bisa langsung berbelanja online di lebih dari 200 merchant online rekanan Kredivo. Daftar sekarang untuk mendapatkan kemudahannya. Info lebih lengkap bisa kamu kunjungi situs berikut ini.

Comments are closed.