Tugas 3

A. Apakah anda mendapat pengetahuan baru?
Iya, banyak pengetahuan yang saya dapatkan mulai dari awal kuliah sampai sekarang. Contohnya pengetahuan mengenai web dan program, kemudian pengetahuan mengenai hardware dan software dan lain-lainnya.

B. Pengetahuan apa yang paling berkesan di mata kuliah tersebut?
– Pengaksesan Basis Data : SQL(Structured Query Language)
– Metode Berpikir Komputasional : Decomposition, Pattern Recognition, Pattern Generalization and Abstraction, Algorithm Design.
– Pengantar Informatika : Binary, Octal dan Hexadecimal
– Agama : –
– Internet & Teknologi Web : HTML, CSS dan JQUERY.
– Infrastruktur Teknologi Informasi : Hardware, software dan Network.
– Matematika Dasar : Relasi, Fungsi dan Matriks.

C. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang disukai
Mata kuliah yang paling saya sukai di semester ini adalah Metode Berpikir Komputasional, Pengaksesan Basis Data, Internet & Teknologi Web dan Infrastruktur Teknologi Informasi. Pada saat mata kuliah Metode Berpikir Komputasional, saya diajarkan untuk berpikir kritis dan juga berpikir kedepan dengan menganalisa resiko dan lainnya. Tugas yang diberikan pun berupa kasus / masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Itu membuat saya bisa memikirkan langkah kedepan dan dapat mengambil suatu tindakan dengan adanya sedikit resiko atau bahkan tidak ada resiko sama sekali. Pada saat mata kuliah Pengaksesan Basis Data, saya diajarkan untuk bisa mengakses data dengan bantuan software tanpa harus saya meminta langsung ke orang yang mempunyai data tersebut. Tugas yang diberikan pun berupa codingan dan tidak ada yang mudah. Hal ini membuat saya merasa tertantang untuk bisa mengerjakannya dan menjelaskan codingan tersebut. Pada saat mata kuliah Internet & Teknologi Web, saya diajarkan untuk membuat maupun mendesain suatu halaman web. Tugas yang diberikan pun berupa codingan yang tidak mudah serta banyak sekali codingannya. Hal itu membuat saya tetap tertantang dan semakin senang pada saat saya bisa mengerjakannya karena setelah mendapatkan hasilnya, saya berpikir untuk bisa mendesain lebih jauh halaman web saya sendiri dengan lebih bagus. Pada saat mata kuliah Infrastruktur Teknologi Informasi, saya diajarkan untuk mengenal lebih dalam apa itu hardware dan software, serta mengenal teknologi-teknologi yang sudah berkembang di negara-negara lain. Tugas yang diberikan pun berupa Pengenalan perangkat-perangkat keras baik itu laptop maupun PC. Hal ini membuat saya lebih tahu secara mendetail apa fungsi dari perangkat-perangkat tersebut.

D. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak disukai
Mata kuliah yang paling tidak saya sukai adalah agama. Bukan karena mata kuliah tersebut sulit atau membosankan, melainkan karena dosen / pengajarnya tidak bisa untuk berinteraksi secara dekat dan tepat kepada mahasiswa serta sistem pengajaran yang dosen ajarkan menurut saya kurang efektif. Karena selama beberapa pertemuan dengan mata kuliah tersebut, banyak kendala yang saya alami seperti tidak dapat menyelesaikan kasus yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada tugas yang diberikan untuk mata kuliah ini.

Kesimpulan:
Ada banyak sekali pengetahuan, pengajaran serta pengalaman belajar yang sangat berharga bagi saya sendiri mulai dari awal saya masuk kuliah sampai sekarang. meski terasa sulit, mudah-mudahan saya tetap konsisten untuk dapat menjalaninya sampai akhir dengan prestasi yang bisa memuaskan saya, orang tua saya serta teman-teman saya.

MENJAWAB SOAL HALAMAN 34 PENGANTAR INFORMATIKA

RUMUSAN TUJUAN HIDUPKU:

 

  1. Menyangkut STUDI:

Dalam hal ini saya akan selalu bekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggapai studi saya dan cita-cita saya .

  1. Menyangkut PERGAULAN DENGAN TEMAN:

Prinsip saya adalah Bertemanlah dengan siapa saja

  1. Menyangkut HUBUNGAN DENGAN DENGAN KELUARGA:

Saya harus bisa membanggakan keluarga saya dan menjaga hubungan baik antar keluarga

MENJAWAB SOAL HALAMAN 33 PENGANTAR INFORMATIKA

RUMUSAN MISI PRIBADI:

 

Aku akan selalu berjuang untuk membanggakan kedua keluarga.

Aku tidak akan mengkhianati teman-teman, karena mereka sebagian adalah penyemangat sekaligus penolong hidup saya.

Aku akan selalu sabar,  selalu bekerja keras dan tidak pernah putus asa.

Aku akan selalu percaya terhadap diriku sendiri, bahwa aku bisa sukses.

Aku akan bersungguh-sungguh dan selalu berusaha untuk menggapai hal positif apa saja  yang aku inginkan

MENJAWAB SOAL HALAMAN 30 PENGANTAR INFORMATIKA

  1. Tipe teman seperti apa yang ingin kamu miliki? Mengapa?
    Jawab: teman yang ingin membantu saat kesusahan dan mensupport kita baik disaat susah maupun senang.
  2. Kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? Mengapa?
    Jawab: bisa menerima apa adanya, perhatian dan baik kepada semua orang terutama kepada orang tua sendiri, karena menurut saya itu adalah tipe yang saya impikan.
  3. Nilai-nilai hidup mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu? Mengapa?
    Jawab: Selalu bekerja keras, sabar, dan jangan putus asa, karena ketiga nilai tersebut adalah kunci sukses kehidupan.
  4. Sikap seperti apa yang akan kamu kembangkan menghadapi tugas dalam kehidupan ini? Mengapa?
    Jawab: selalu sabar, optimisik dan kerja keras, karena sabar tanpa adanya usaha, kerja keras, dan sikap optimis maka kesabaran itu tidak akan ada gunanya.
  5. Apa yang ingin kamu perjuangkan didalam hidupmu ini? Mengapa?
    Jawab: Orang tua, mimpi dan seluruh hal yang bisa dan ingin saya perjuangkan, karena hal tersebut yang ingin saya raih dalam kehidupan saya.
  6. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi keluargamu? Mengapa?
    Jawab: ilmu, harta, dan kasih sayang, karena 3 hal itu yang merupakan poin penting dalamk kekeluargaan.
  7. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi masyarakat? Mengapa?
    Jawab: ilmu dan harta, karena itu akan membantu masyarakat

JAWABAN HALAMAN 9 PENGANTAR INFORMATIKA

  1. Apa yang dimaksud AL INSAN dalam ayat 1?
    Jawab: Yang dimaksud dengan AL-INSAN adalah para manusia yang dulunya mereka (dalam masa yang sangat lama) belum ada. Tidak pernah disebut atau diingat, karena belum ada wujud, tidak ada fisik, ruh, bahkan nama.
  2. Apa perbedaan antara HAPPINESS dan PLEASURE?
    Jawab: Menurut pemikiran saya Happiness adalah sebuah Kebahagiaan yang datang dari hati, sedangkan Pleasure adalah Kenikmatan yang datang dari hawa nafsu.
  3. Bagaimana cara meningkatkan derajat INSANIAH?
    Jawab: Harus memperkuat iman dengan cara memperbanyak melakukan ibadah wajib dan sunnah dan mengerjakan amal shaleh lainnya.
  4. Uraikan apa maksud tawa shaubil haq wa tawa shaubish sabr(Al-‘Ashr 3)
    Jawab: Jadi kita sebagai manusia harus saling menasehati jika ada perilaku yang salah, dan harus selalu sabar dalam menasehati seseorang karena akan ada cobaan yang akan menimpa kita.
  5. Apa bedanya wasiat dan nasihat
    Jawab: Wasiat adalah sebuah perintah yang harus benar-benar dijalani, sedangkan nasehat adalah suatu kata untuk menerangkan satu pengertian, yaitu keinginan kebaikan bagi yang dinasehati dan tidak harus dijalani.
  6. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH dan KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN
    Jawab: Jadi apabila seseorang beriman, maka ia akan mengerjakan amal shaleh sebanyak-banyaknya, begitu juga dengan Kebenaran. Apabila seseorang mengatakan suatu kebenaran, maka ia harus sabar dalam mengatakan kebenaran itu karena kebenaran itu tidak dapat diakui dengan cara pemaksaan, tetapi dengan kesabaran.

 

Skip to toolbar