QUESTIONING PAGE 30-34

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam bagi para pembaca blog saya.

Kali ini, saya akan memposting sebuah pertanyaan beserta jawaban yang menyangkut tentang masa depan, mimpi, tujuan hidup dan lain lain.

Saya harap, postingan saya kali ini bisa membantu para pembaca semua untuk sama sama menemukan masa depan, mimpi dan tujuan hidup.

Baik, kita mulai.

 

A. PAGE 30

Soal:

  1. Tipe teman seperti apa yang ingin kamu miliki? Mengapa?
  2. Kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? Mengapa?
  3. Nilai-nilai mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu? Mengapa?
  4. Sikap seperti apa yang akan kamu kembangkan menghadapi tugas dalam kehidupan ini? Mengapa?
  5. Apa yang ingin kamu perjuangkan di dalam hidup ini? Mengapa?
  6. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi keluargamu? Mengapa?
  7. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi masyarakat. Mengapa?

Jawaban:

  1. Secara pribadi, saya tidak memiliki batasan minimal untuk berteman. Menurut saya berteman dengan siapa saja. Semakin banyak relasi, akan semakin banyak rejeki. Betul? Tapi saya memiliki ketertarikan pada seseorang yang memiliki hasrat dalam hidup dan memiliki rasa penasaran yang besar. Ini mungkin disebabkan karena saya memiliki hal tersebut.
  2. Mungkin akan terdengar klise, tetapi secara pribadi saya menginginkan pasangan yang menerima saya apa adanya.  Dan juga saya ingin pasangan  saya sedikit ‘gila’ agar hubungan yang terjalin tidak akan monoton karena dengan ‘gila’ tersebut  kami berani mencoba sesuatu hal yang baru.
  3. Pedoman hidup saya adalah Give and Give. Mengapa bukan Give and Take? Karena menurut saya hidup adalah memberi dan jangan pernah berharap balasan. Selalulah memberi. Karena dengan memberi kita akan merasakan kebahagian. Anggap saja jika kalian harus “take” sesuatu dalam hidup, itu adalah sebuah bonus. Tapi yang pertama dan utama adalah memberi, tanpa pernah mengharap balasan sesuatu. Karena itu semua adalah rahasia Allah SWT.
  4. Kesabaran. Karena tanpa kesabaran semua akan bubar jalan. Dulu ada pepatah mengatakan “Jangan meminta Allah untuk meringankan beban yang ada dipundakmu, tetapi  mintalah  kepada Allah untuk dikuatkan bahumu.” Sebuah kalimat sederhana yang selalu terngiang dalam benak saya. Atau bagi para penyuka komik jaman dahulu, ada sebuah komik berjudul Asterix dan Obelix yang dibuat oleh R. Goscinny. Dikomik tersebut ada karakter yang bernama  Abraracourcix. Dia seorang kepala desa tempat dimana Asterix dan Obelix tinggal. Dan dia terkenal dengan kalimat nya berbunyi, “Langit tidak akan runtuh esok hari!”. Arti dari kalimat tersebut tetaplah menjadi seseorang yang optimis. Percaya esok hari akan lebih baik.
  5. Saya yakin semua manusia yang ada di bumi ini ingin bahagia. Dan saya yakin definisi bahagia bagi setiap manusia adalah berbeda. Definisi bahagia buat saya adalah memiliki keluarga kecil yang hangat. Keluarga yang selalu menjadi alasan saya untuk mencari nafkah dikemudian hari. Mungkin untuk mencapai kebahagiaan bagi sebagian orang terasa sulit. Bagi saya, bukan sulit. Seperti dalam film animasi Big Hero 6 ada sebuah dialog mengatakan “Sometimes, you just have to see things from a different angle”.
  6. Seluruh hidup saya. Mengapa? Karena mereka melakukan hal yang sama kepada saya.
  7. Inspirasi dan inovasi. Karena menginspirasi seseorang bisa mengubah jalan hidup seseorang tersebut.

 

B. PAGE 33

 

SEKARANG, TULISKANLAH RUMUSAN MISI PRIBADI-MU!

 

Misi pribadi saya adalah lulus di Perguruan Tinggi hingga Strata II. Mencari pekerjaan yang cocok buat saya pribadi. Jika kita berbicara tentang pekerjaan, banyak orang bilang “Pekerjaan yang terbaik adalah hobi yang dibayar.” Mimpi saya adalah menjadi PROJECT MANAGER. Alasannya adalah saya memiliki ketertarikan yang tinggi ketika dalam bidang dimana saya harus mengeksplor otak, pikiran, dan imajinasi saya. Karena jika kita berbicara tentang Project Manager, artinya kita tidak akan lepas dari yang namanya ‘brain-storming’, melakukan banyak eksperimen sebelum akhirnya project tersebut bisa digunakan oleh orang banyak, bekerja sama dalam satu tim, berbagi ide dan gagasan, dll. Menurut saya itu adalah definisi dari pekerjaan impian.

Lalu tentu bekerja keras, hingga mampu untuk membiayai hidup sendiri tanpa tanggungan dari Orang Tua. Menikah, dan mulai membangun keluarga kecil. Serta impian tertinggi saya adalah bisa mengantarkan Orang Tua saya untuk melaksanakan rukun islam yang ke-5.

Menjadi panutan bagi banyak orang terutama istri dan anak-anak saya kelak. Menjadi sebuah inspirasi bagi seseorang. Menjadi kepala keluarga yang baik, membangun relasi dengan banyak orang.

Dan misi pribadi saya yang utama adalah, jangan pernah berhenti memberi dan jangan pernah berharap akan balasan.
C. PAGE 34

Tuliskan berbagai tujuan hodupmu yang menyangkut tiga hal: studi, pergaulan dengan teman, hubunganb dengan keluarga. Tujuan-tujuan hidup ini akan kamu wujudkan dalam waktu dekat, atau paling lama sampai kamu tamat kuliah.

Soal:

  1. Menyangkut STUDI?
  2. Menyangkut PERGAULAN DENGAN TEMAN?
  3. Menyangkut HUBUNGAN DENGAN KELUARGA?

Jawaban:

  1. Akan belajar dengan sangat giat. Sehingga meraih cumlaude.
  2. Menjadi lebih terbuka terhadap siapa saja. Tidak memandang ras, agama dan latar belakang
  3. Merawat dan patuh kepada Orang Tua. Karena mereka bagi saya adalah segalanya.

 

Baik, itulah beberapa pertanyaan yang menyangkut tentang masa depan, impian dan tujuan hidup. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

17 thoughts on “QUESTIONING PAGE 30-34”

  1. Sangat menginspirasi bung!! Banyak hal yang saya setuju dan mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain tapi terpikirkan oleh anda seperti ‘Bahagia’ disaat orang lain mungkin mencari harta anda malah mencari bahagia. Saya setuju sekali tentang argumen tersebut bahwa acuan untuk hidup ini bukanlah untuk harta,harta dan harta.

  2. Sangat menginspirasi bung!! Banyak hal yang saya setuju dan mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain tapi terpikirkan oleh anda, seperti’Bahagia’ disaat orang lain mungkin mencari harta anda malah mencari bahagia. Saya setuju sekali tentang argumen tersebut bahwa acuan untuk hidup ini bukanlah untuk harta,harta dan harta.

  3. Ya menurut saya Anda harus banyak-banyak berkorban untuk mengejar semua itu,semoga Anda mendapatkan sesuatu yang Anda idam-idamkan selama ini,dan jagalah kedua orang tua anda itulah yang mungkin menjadi motivasi Anda selama beberapa ini

  4. Amin,tinggal bagaimana Anda menyelesaikan kuliahnya dengan sungguh-sungguh.Agar yang Anda idam-idamkan bisa tercapai,lalu bagaimana Anda cara mengejarnya itulah yang harus Anda pertimabangkan dan Anda harus mempunyai motivasi yang berlipat,”maju,kedepan demi masedepan yang cerah”.

  5. Postingan yang bisa memberikan inspirasi kepada pembacanya. Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa dalam hidup utamakanlah untuk terus memberi dan jangan berharap balasan. Semoga postingan selanjutnya bisa lebih menginspirasi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *