Pengetahuan dan Pengalaman Selama Kuliah

A. apakah mendapat pengetahuan baru ?

B. pengetahuan apa yang paling berkesan dimata kuliah tersebut?

C. pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang di sukai

D. Pengalaman belajar dan mengerjakan tugas yang paling tidak di sukai

jawab

A.  saya mendapatkan pengetahuan baru yang belum ada saat Sekolah dulu , Sekarang hal baru di kampus. selain itu mendapatkan beragam teman dari seluruh negeri *eaaa

B. mata kuliah yang paling berkesan adalah ITW karna memrograman web dan belajarnya asik mudah di pahami

C. paling disukai belajar pemrograman web (ITW), infrastruktur teknologi informasi, agama karna matakuliah itu menyenangkan

D. Matematika adalah matakuliah yang saya kurang begitu suka dengan matematika

Merumuskan Tujuan Hidup

Hal 30

  1. Tipe Teman seperti apa yang ingin  kamu miliki? Mengapa?

Tipe teman yang saya ingin miliki adalah teman yang bisa mengajak kebaikan, mengajak beribadah, bisa susah senang bersama-sama.

2. kalau kamu ingin berpacaran, tipe cewek/cowok seperti apakah pilihanmu? Mengapa?

kalau berpacaran ingin mempunyai cowok yang humoris, bisa di ajak bercanda , bisa juga di ajak serius, tidak suka yang monoton, suka cerita, rajin ibadah, suka ngaji,  susah senang di hadapi bersama-sama, ingin cowo yang tinggi . karna kurang suka cowok yang selain tipe yang di atas

3. Nilai-nilai hidup mana yang akan kamu jadikan pedoman hidupmu? mengapa?

nilai yang menjadi pedoman adalah nilai atitude dan moral. karna etika/ atitude seseorang sangat penting dengan kesopanan. moral kepada agama juga itu sangat penting.

4. sikap seperti apa yang akan kamu kembangan tugas dalam kehidupan ini? mengapa ?

sikap yang taat kepada peraturan, rajin dalam mencari ilmu yang bermanfaat  bisa menghargai waktu karna dalam sikap sikap itu mungkin bisa lebih displin lagi

5. apa yang kamu perjuangkan di dalam hidup ini? Mengapa?

membuat orang tua bangga , karna ingin bisa menyuseskan diri demi orang tua dan ingin buat mereka bangga kepada saya .

6. apa yang ingin kamu sumbangkan kepada keluargamu ? Mengapa?

saya ingin menyumbangkan tenaga saya, ilmu saya yang saya bisa , uang yang saya punya untuk bisa membantu keluarga saya. karna keluarga saya bisa lebih baik dalam segala hal dari ilmu maupun dari keuangan.

7. apa yang ingin kamu sumbangkan kepada masyarakat? mengapa?

saya ingin menyumbangkan ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat. karna ilmu yang saya ada mungkin bisa buat masyarakat sekarang lebih bisa berkembang dari pada sebelumnnya.

 

hal 33

Rumusan Misi Pribadi-Mu!

  1. Melayani dengan kasih dan suka cita
  2. Menjadi seorang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan agama
  3. Ingin menjalani hidup dengan baik dan sejahtera
  4.  Misi pribadi saya ini dilandasi oleh nilai-nilai :
    • Kejujuran artinya : menggunakan sesuatu yang menjadi milik sendiri atau dengan kata lain, tidak merebut hak orang lain.
    • Kedisiplinan memiliki makna bahwa menggunakan sesuatu dengan porsinya (waktu, banda, dan lain-lain)
    • Kerendahan Hati artinya : tidak sombong
    • Kebersamaan artinya : menghargai semua pendapat atau ide seseorang, tidak mementingkan diri sendiri atau orang tertentu.

Hal 34

Rumusan Tujuan Hidupku.

  1. meyangkut studi : mengembangan pribadi yang lebih rajin, mau gagal dan mau berusaha  untuk belajar terus belajar. jangan berhenti belajar.
  2. menyangkut pergaulan dengan teman : harus bisa menunjukan kalau kita ingin menjadi teman yang baik. bisa menjaga kepercayaan teman terhadap kita.
  3. menyangkut hubungan dengan keluarga : bisa menjalin hubungan keluarga dengan baik, tetap ada komunikasi yang baik kepada keluarga.

PENGANTAR INFORMATIKA “IQRA TENTANG SURAT AL-ASHR”

  1. Apa yang di maksud AL INSAN dalam ayat 1?
  2. Apa perbedaan antara HAPPINES dan PLEASURE?
  3. Bagaimana Cara meningkatkan derajat INSANIAH?
  4. Uraikan Apa maksud tawa shaubil haq wa tawa shaubish shabr (al-asr: 3)!
  5. Apa bedanya wasiat dengan nasihat?
  6. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “IMAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN AMAL SHALEH DAN KEBENARAN TIDAK BISA DIPISAHKAN DENGAN KESABARAN”.

Jawaban

  1. MenurutMuthahhari, kata Insan mengandung penafsiran bahwa di dalam manusia itu ada dua sifat, yaitu sifat Hayawaniyah dan sifat Insanyah (sifat-sifat kebinatangan dan sifat-sifat kemanusiaan). Manusia dalam sifat kebinatangannya sama dengan binatang yang lain, misalnya ingin makan, minum, menghindari hal yang menyakitkan, dan ingin memperoleh kenikmata hidup.
  2. Pleasure atau juga di sebut dengan kenikmatan itu berasal dari sesuatu yang kita dapatkan, happiness atau di sebut dengan kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan
  3. Cara meningkatkan derajat insaniyah yaitu dengan cara meningkatkan amal shaleh pada setiap individu,contohnya menyebarkan salam,dermawan,shalat malam,dan sebagainya,karena dalam Al-Qur’an dinyatakan:Untuk setiap orang, derajat yang sesuai dengan amalnya (QS Al – An’am 132).
  4. Maksud dari tawã shaubil haq wa tawã shaubish shabr yaitu menjelaskan sifat yang tidak akan membawa kerugian bagi manusia,yaitu beriman,beramal shaleh,dan menasihati untuk kebenaran,yang berguna untuk mengembangkan masyarakat insaniyah atau masyarakat yang memiliki sifat kemanusiaan dalam berhubungan antar manusia.5. Sebagaimana iman tidak bisa dipisahkan dengan amal saleh, maka Al-Haq tidak bisa dipisahkan dengan Ash-Shabr. Jadi orang tidak dikatakan beriman kalau tidak beramal saleh dan tidak dikatakan membela kebenaran kalau tidak tabah dalam membela kebenaran itu. Kata “nasihat” berasal dari bahasa arab, dari kata kerja “Nashaha” yang berarti “khalasha”, yaitu murni serta bersih dari segala kotoran, juga bisa berarti “Khaatha”, yaitu menjahit. Imam Ibnu Rajab rahimahullah menukil ucapan Imam Khaththabi rahimahullah, “Nasehat itu adalah suatu kata untuk menerangkan satu pengertian, yaitu keinginan kebaikan bagi yang dinasehati.”

    Kata “wasiat” itu diambil dari kata wahshaitu asy-syaia, uushiihi, artinya aushaltuhu( aku menyampaikan sesuatu). Maka orang yang berwasiat adalah orang yang menyampaikan pesan diwaktu dia hidup untuk dilaksanakan sesudah dia mati.

    Bedanya Wasiat dengan nasihat yaitu :nasihat boleh dilaksanakan boleh tidak, boleh didengar atau tidak,tetapi wasiat wajib didengar dan dilaksanakan,karena terdapat dalam surat al baqarah ayat 180 dan 240 bahwa wasiat wajib dilakukan.

    6. Di dalam surat al `ashr di atas, kata saling menasihati disebutkan dalam dua bagian. Bagian pertama adalah saling menasihati dengan kebenaran. Maksudnya proses saling menasihati ini haruslah bertujuan untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT dan menjauhi larangannya. Karena tujuannya yang mulia itu, islam mengajarkan agar nasihat itu diberikan dengan bijak, tutur kata yang baik dan kalaupun harus melalui diskusi atau perdebatan, hendaklah dilakukan dengan bahasa yang santun.

Skip to toolbar