JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Jurusan Teknik Informatika, yang terbayang pasti berhubungan dengan komputer, kode, logika software, hardware, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Tapi memang itulah yang ada dalam informatika. Apa sih sebenernya Jurusan Teknik Informatika itu? Sebuah jurusan yang khusus memperlajari tentang komputer, mulai dari hardware, software, bahasa pemrograman, dan secara khusus menangani proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dan menyelesaikan masalah. Mata kuliah matematika pun akan mengisi perkuliahan dalam jurusan ini, seperti matematika dasar, matematika logika, dan matematka diskrit. Selain itu, dalam jurusan ini kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat program menggunakan berbagai bahasa pemrograman, memahami logika dengan algoritma, membuat web, jaringan internet, game, dan lain-lain.

Mungkin terdengar mengerikan tentang apa saja yang dipelajari di dalamnya, namun sebenarnya Jurusan Teknik Informatika sangat menyenangkan. Kita akan tahu rahasia dibalik kerja sistem komputer, software sehari-hari yang kita gunakan, bahkan kita pun bisa membuat software-software tersebut. Ada empat aspek pokok yang ada dalam jurusan ini yaitu, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, dan Multimedia. Ke empat aspek itu berbeda pembahasannya tapi saling berkaitan satu sama lain. Yang menyatukan ke empat aspek itu adalah coding, karena dalan Jurusan Teknik Informatika kita tidak akan lepas dari yang namanya coding. Coding adalah sebuah metode pengkodean data yang digunakan dalam komunikasi yang dilakukan manusia dengan mesin, bisa berupa hardware, software dan program lainnya. Berkomunikasinya yaitu menggunakan bahasa pemrograman, seperti Pascal, Java, C, Phyton, dan lain-lain.

jurusan teknik informatika

DalamĀ Jurusan Teknik Informatika juga akan mempelajari bagaimana menggunakan teknologi dengan tepat, bermanfaat, efektif, dan efisien. Karena dalam jurusan ini, kita ditekankan untuk memandang teknologi tak hanya dari satu sisi, tapi dari semua sisi dan aspek yang ada, sehingga teknolgi yang kita gunakan tak hanya bermanfaat untuk diri kita tapi juga untuk orang lain. DalamĀ Jurusan Teknik Informatika pun kita akan diajarkan bagaimana menciptakan Green IT. Green IT memungkinkan kita menggunakan teknologi tapi tidak mencemari dan merusak lingkungan. Misalnya mengurangi penggunaan kertas, jadi semua macam tugas yang membutuhkan kertas akan dikurangi dan diganti menjadi file digital. Selain itu, kita juga tidak hanya akan menggunakan teknologi saja sebagai pengkonsumsi, tapi kita juga bisa menjadi produsen yang menyediakan program-program yang bisa digunakan oleh umat manusia. Lalu dalam jurusan ini, kita tidak hanya diajari ilmu pengetahuan, kita pun dibekali bagaimana mengembangkan skill dan attitude yang akan berguna saat lulus nanti. Karena dalam dunia yang lebih luas ini yang dibutuhkan tak hanya nilai, ilmu, tapi yang paling mendukung adalah skill dan attitude kita.

Lapangan kerja pun tersedia luas untuk lulusan Jurusan Teknik Informatika, karena hampir semua aspek kehidupan ini sudah tersentuh teknologi. Seperti bidang pertanian, peternakan, lalu lintas, militer, industri, bank, pemerintahan, satelit, pendidikan, dan lain-lain. Sehingga tidak perlu khawatir kehabisan lapangan kerja, kita hanya perlu lebih gigih dalam berusaha, jujur, bersemangat saat kuliah, berdoa, dan tetap terus berikhtiar. Selain itu, lulusan Jurusan Teknik Informatika juga bisa menyediakan pekerjaan bagi orang lain dan mensejahterakan masyaraat sekitar. Karena salah satu aspek yang diajarkan pun adalah menjadi problem solving. Hebat bukan.

_._ Original Created by ANISA MAULINA _._

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = 392500927505277;
js.src = “//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=392500927505277″;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

8 thoughts on “JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

    • engga juga sih, kalau menurut saya seimbang antara software dan hardwarenya, cuma akan lebih spesifik lagi klo kita masuk ke empat jurusan informatika…
      klo RPL ya berhubungannya lebih ke software, terus klo jaringan lebih berhubungan ke hardware, tapi semuanya berkaitan satu sama lain…

  1. Pingback: PENGGUNAAN OPEN OFFICE MENGHEMAT BIAYA « AM4869

  2. Pingback: MATEMATIKA LOGIKA - KALKULUS PREPOSISI | AM4869

Comments are closed.