PUSAT INFORMASI

Just another Blog Unpas site

Tips agar Tidak Salah Pilih Jasa Arsitek 

Tips agar Tidak Salah Pilih Jasa Arsitek! Dalam memilih jasa arsitek itu gampang-gampang susah. Perlu suatu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan akan memilih jasa arsitek agar rumah impian yang akan dibangun bisa menjadi kenyataan. Namun membangun sebuah rumah impian tanpa seorang arsitek juga sangat beresiko. Karena rumah yang merupakan investasi jangka panjang jika dibangun dengan asal-asalan, hasilnya juga tidak akan maksimal.

jasa arsitek

jasa arsitek

Seorang arsitek yang baik bisa memberikan gambaran mengenai desain rumah impian, material apa saja yang diperlukan sampai dengan perkiraan dana yang akan dikeluarkan. Untuk itu diperlukan  adanya pengetahuan mengenai tips memilih jasa arsitek yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Jangan sampai rumah impian menjadi hancur karena salah dalam memilih arsitek.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jasa arsitek adalah dengan melakukan survey terhadap arsitek tersebut. Cek reputasi kerja seorang arsitek. Apakah dia termasuk orang yang bisa menjaga reputasinya dalam hal pekerjaan ataukah terkenal karena reputasinya yang kurang baik. Tanyakan secara langsung dari universitas mana arsitek tersebut berasal, kemudian konfirmasikan informasi itu ke pihak universitas yang dimaksud. Atau lihat dari data profil yang dimiliki oleh arsitek lalu kroscek data tersebut ke pihak-pihak terkait.

Tips kedua agar tidak salah memilih jasa arsitek adalah dengan mengecek hasil kerja dari arsitek tersebut. Mintalah contoh desain rumah yang sudah pernah dihasilkan oleh arsitek. Tanyakan hal-hal yang berkenaan dengan desain rumah tersebut. Ajukan beberapa pertanyaan yang sekiranya sulit untuk dijawab. Misalnya apa hambatan terbesar untuk proyek ini, bagaimana cara mengatasinya dan berapa biaya perkiraan biayanya. Atau bisa juga dengan menanyakan apakah arsitek tersebut mempunyai rekomendasi kontraktor yang bagus. Hal ini bertujuan untuk mengetes kemampuan si arsitek tersebut sampai batas mana wawasannya terhadap desain yang telah dibuatnya.

 

Tips selanjutnya adalah jangan merasa malu untuk menanyakan berapa biaya yang harus dibayar untuk menyewa jasa arsitek. Biasanya pihak arsitek akan memberikan rincian biaya yang harus dibayarkan oleh penyewa berdasarkan luas bangunan, jenis bangunan, jasa konsultasi, maupun persentase biaya konstruksi. Jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana prosedur pembayarannya. Apakah dalam bentuk giro, cek ataukah ditransfer. Jika ada uang muka yang harus dibayar terlebih dahulu, tanyakan berapa persentase uang muka tersebut. Negosiasikan dengan bijak agar terjalin kerjasama yang baik dengan pihak arsitek.

Bisa juga dengan berkonsultasi ke beberapa jasa arsitek mengenai rumah impian yang ingin diwujudkan. Ini merupakan tips berikutnya sebelum memilih jasa arsitek. Carilah arsitek yang bisa memberikan umpan balik yang sekiranya bisa mewujudkan rumah impian tersebut. Proses bekerja sama dengan jasa arsitek itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pilihlah arsitek yang bisa diajak berkomunikasi dengan baik agar tidak terjadi salah paham dikemudian hari. Tidak menutup kemungkinan saat arsitek mengajukan proposal desain, ada beberapa revisi yang diajukan kepada pihak arsitek. Konsultasikan secara seksama dan beri masukan kepada arsitek bagian mana saja yang harus direvisi.

Tips agar tidak salah pilih jasa arsitek ini bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan akan memilih jasa arsitek yang seperti apa yang cocok dengan kriteria yang diharapkan. Pilih arsitek yang bernaung di bawah suatu asosiasi yang terpercaya. Selain tarifnya yang lebih transparan, jika ada kendala saat pelaksanaannya, akan ada pihak yang bisa mencarikan solusi atas permasalahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar