PUSAT INFORMASI

Just another Blog Unpas site

Lomba Essay Terbaru dan Ikuti Cara Mudahnya untuk Menjadi Juara

Lomba Essay Terbaru dan Ikuti Cara Mudahnya untuk Menjadi Juara. Essay merupakan suatu tulisan yang menggambarkan opini seorang penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Jadi essay sastra merupakan salah satu bentuk karya tulis yang marak diciptakan oleh berbagai kalangan sastra.

Lomba Essay Terbaru

Lomba Essay Terbaru

Objek pembahasan essay berdasarkan permasalahan aktual dan mengangkat topik ekonomi, sosial, politik, seni, hukum, budaya, dan lain sebagainya. Penulisan essay ini tidak harus selalu menggunakan tata bahasa baku, melainkan bisa juga sesuai dengan ciri khas masing-masing dari penulisnya. Essay biasanya tidak bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya dan hanya bentuk tulisan informatif yang mana sepenuhnya diserahkan kepada pembaca apakah pro ataupun kontra. Sekarang ini banyak yang menyelenggarakan lomba essay. Lomba essay terbaru bisa menjadi salah satu lomba terbaru yang bisa diikuti oleh Anda sebagai penulis.

Lomba essay terbaru sudah mulai banyak diinformasikan berbagai pihak penyelenggara di media online. Anda yang suka dengan menulis essay maka bisa mulai menjelajah dunia online untuk mendapatkan informasi tersebut. Bagi penulis essay kalau essay itu  pada dasarnya adalah sebuah karangan bebas yang berisi tentang tulisan atau opini perihal sesuatu hal yang sedang dibahas. Misalnya, ketika ada topik mengenai sosial dan politik, maka Anda tinggal menuliskan tentang opini atau pandangan Anda mengenai sosial dan politik tersebut.

Untuk menulis essay bukanlah perkara yang mudah, karena ada banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati karena essay pada dasarnya harus runtut. Dari mulai paragraf satu hingga paragraf terakhir semuanya harus berkesinambungan. Essay memang tidak harus menampilkan pendahuluan secara transparan tetapi Anda harus bisa menuliskan pendahuluan hingga penutup secara tersirat. Apalagi jika Anda ingin mengikuti lomba essay terbaru maka Anda harus lebih teliti dalam menulisnya. Secara garis besar, essay memang hampir sama seperti karya tulis yaitu berisi Pendahuluan, Isi dan Penutup. Bedanya, untuk setiap bagian di essay ini ditulis secara tersirat dan lebih mirip cerpen ataupun artikel.

Apabila Anda ingin mengikuti lomba essay terbaru maka Anda bisa ikuti cara-cara ini untuk bisa meraih jadi juara. Dalam menulis essay Anda pertama-tama harus mengenali dulu tema atau subtemanya. Ambil contoh Anda harus menuliskan  tentang kearifan lokal, maka Anda essays mengenali dulu kearifan lokal itu seperti apa dan jenisnya seperti apa. Jika Anda  misalnya tertarik menuliskan kearifan lokal Suku Sunda, maka penalaran Anda harus mengena kepada jenis kearifan lokal di Suku Sunda tersebut. Tentu paragraf pertama di essay Anda harus berbicara mengenai referensi khusus dari kearifan lokal dan apa-apa saja yang termasuk di dalamnya itu. Pemakaian kalimat yang berasal dari daftar pustaka hendaknya digunakan di bagian isi saja meskipun sebenarnya Anda bisa juga menggunakan pendapat Anda di bagian ini. Untuk bagian pendahuluan, Anda bisa menggabungkan pendapat Anda dengan literatur dari daftar pustaka untuk memperkaya isi essay.

Cara selanjutnya untuk Anda yang ingin raih juara di lomba essay terbaru yang Anda ikuti yaitu pada paragraf kedua atau isi, Anda memulai berbicara mengenai kearifan lokal Suku Sunda, terkadang Anda juga bisa menambahkan sedikit literatur atau referensi yang bisa mendukung essay Anda tersebut.Pada paragraf ketiga, Anda berbicara mengenai kesimpulan atau penutup dari essay Anda tersebut. Pada bagian ini, alangkah baiknya Anda membuat pendapat Anda sendiri bukan dari daftar pustaka. Karena kesimpulan merupakan hasil akhir dari pandangan Anda mengenai suatu objek. Kesimpulan bisa juga merupakan usulan atau gagasan atau saran untuk memperjelas maksud Anda dalam menulis essay ini. Dengan menggunakan konsep ini, niscaya essay yang Anda buat akan bermutu dan menjadi baik.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda ikuti ketika ingin menulis essay dan raih jadi juara di lomba essay terbaru. Sebagai penulis essay Anda harus terus belajar untuk bisa lebih teliti sehingga bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar