PUSAT INFORMASI

Just another Blog Unpas site

Mengenal Pulsa Listrik, Sejarah, Cara Membeli dan Keuntungannya

Mengenal Pulsa Listrik, Sejarah, Cara Membeli dan Keuntungannya – Kebijakan pemerintah Indonesia terus berubah. Perubahan menuju arah perbaikan masyarakat. Salah satunya kebijakan mengenai listrik nasional. Seluruh wilayah di tanah air mayoritas sudah tersambung dengan aliran listrik. Ada dua jenis penggunaan listrik di masyarakat saat ini yakni sistem pascabayar dan sistem baru prabayar. Umumnya instalasi listrik rumah pada jaman dahulu menggunakan listrik pascabayar. Kemudian sekarang PLN melengkapi dengan token listrik pintar prabayar yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut dilakukan untuk membudayakan penghematan penggunaan listrik di masyarakat secara menyeluruh. Sehingga beban listrik bisa dikurangi secara baik.

Distributor Pulsa Listrik

Distributor Pulsa Listrik

Sistem penggunaan listrik pintar prabayar berupa pulsa token listrik diperkenalkan oleh Perusahaan Listrik Negara pada tahun  2012. Walaupun terbilang singkat, penggunaan pembayaran token listrik pintar prabayar sudah meluas dari mulai kota besar hingga pedesaan terpencil. Bahkan ada sebagian masyarakat yang mengubah sistem pascabayar menjadi token listrik prabayar. Dikarenakan alasan tertentu.

Jika ditilik secara historis, awal mula diperkenalkannya listrik sistem token pulsa prabayar tahun 2012 di daerah Nusa Tenggara Barat. Di wilayah NTB ini, pada saat itu masyarakat belum merasakan adanya aliran listrik di rumah mereka. Kemudian PLN mengadakan program Listrik Pintar berupa token listrik prabayar. Dari sinilah penggunaan listrik pintar sistem token pulsa terus menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dari wilayah desa hingga perkotaan besar. PLN secara gencar terus mempromosikan penggunaan listrik pintar prabayar di masyarakat hingga menjamur.

Mengenal Pulsa Listrik, Sejarah, Cara Membeli dan Keuntungannya

Di desa penulis pun rumah-rumah baru yang didirikan umumnya menggunakan pulsa token listrik. Sehingga lebih nyaman digunakan. Dikarenakan tidak adanya biaya beban bulanan dan disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki. Sistem token listrik merupakan penggunaan listrik berdasarkan jumlah pulsa yang dimiliki. Sama halnya dengan ponsel dan pulsanya. Apabila saldo pulsa habis digunakan untuk menelpon dan SMS maka anda bisa mengisi ulang dengan nominal Rp 5000, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu dan seterusnya. Begitupula listrik sistem token jika pulsanya habis sesuai pemakaian maka anda bisa mengisi ulang dengan nominal paling kecil Rp 20 ribu.

Untuk pembelian pulsa token listrik saat ini sangat mudah. Anda bisa membelinya di loket pembayaran listrik online, lewat ATM, dan lain sebagainya. Bahkan anda bisa membelinya di konter pulsa elektrik yang menjual pulsa token listrik. Setelah membeli pulsa token listrik yang berupa kode-kode tertentu, selanjutnya masukkkan kode tersebut pada meteran token listrik. Sampai KWH meter bisa berjalan kembali.

Pada jaman dahulu seluruh rumah menggunakan listrik pascabayar. Dan jika anda hendak membayar listrik bulanan maka anda bisa mendatangi loket pembayaran listrik resmi yang ditunjuk oleh pemerintah. Anda tidak tahu berapa besar biaya pembayaran yang harus diberikan. Hal inilah yang menjadi kekurangan penggunaan listrik pascabayar. Dimana terkadang banyak kejadian, tagihan listrik bulanan pascabayar seseorang melonjak drastis tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Namun dengan sistem listrik pintar prabayar maka anda bisa mengetahui berapa biaya yang harus anda bayarkan setiap pulsa token listrik habis pemakaiannya. Anda bisa melakukan penghematan sehingga pembayaran listrik pintar prabayar lebih kecil. Intinya banyak kelebihan dari pulsa listrik prabayar ketimbang pascabayar. Dimana bisa mengurangi pemakaian listrik dan menghematnya.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan listrik pintar prabayar maka anda bisa menghubungi pegawai PLN setempat. Biasanya biaya yang dikenakan untuk pemasangan KWH meter token listrik beserta kabel dan pemasangannya sebesar Rp 1 juta. Untuk merk KWH meter token listrik ada berbagai merk yang dapat dipilih, antara lain : Actaris, Fuji, Star, Sanxing, Glomet, Smartmeter, Hexing, Itron dan merk lain sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan adalah merek Glomet, Itron dan Hexing. Setelah itu, sobat akan memperoleh kartu pelanggan resmi token listrik yang berisi nomor identitas pelanggan.

Itulah sedikit uraian mengenal pulsa listrik, sejarah, cara membeli dan keuntungannya. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar