PUSAT INFORMASI

Just another Blog Unpas site

Cara Merawat Forniture Kayu Jati

Cara Merawat Forniture Kayu Jati!! Jati adalah salah satu kayu yang paling tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus untuk mempertahankan kekuatannya. Namun, jika tidak ditangani, furnitur kayu jati akan memudar menjadi cokelat muda, kemudian penampilan abu-abu keperakan.

Merawat Forniture

Merawat Forniture

Memoles jati secara teratur akan mempertahankan penampilan cokelat keemasan aslinya. Perhatikan bahwa minyak tidak disarankan untuk furnitur atau furnitur jati luar. Untuk merawat forniture ruangan di lingkungan lembab, karena minyak mendorong pertumbuhan jamur. Memahami biaya dan manfaat dari meminyaki.

Menerapkan minyak jati mempertahankan tampilan mebel yang berkilau, coklat, dan mungkin membuat goresan dan kerusakan lainnya kurang terlihat jika itu terjadi, karena permukaan akan memiliki penampilan yang sama seperti kayu bagian dalam. Namun, setelah diminyaki, furnitur dapat menjadi tergantung pada pemijahan berulang, setidaknya sekali setiap tiga bulan, untuk mempertahankan penampilannya.

Namun, jika furnitur tidak pernah diminyaki, furnitur dapat tetap kokoh selama beberapa dekade. Pabrikan furnitur jati sangat menyarankan untuk menghindari minyak furnitur atau furnitur luar ruang yang disimpan di lingkungan lembap. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kemungkinan munculnya jamur dengan menciptakan lingkungan yang cenderung mendorong pertumbuhan koloni jamur.

Siapkan alat Anda. Tempatkan kain atau koran di bawah perabotan kayu jati untuk menangkap tumpahan. Kenakan sarung tangan untuk menghindari minyak di tangan Anda, yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Sementara sebagian besar minyak jati tidak sangat beracun, paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jadi bekerja di area yang berventilasi cukup dianjurkan. Jauhkan minyak jati dari sumber panas, karena bisa sangat mudah terbakar. Pilih beberapa lap bersih yang bisa digunakan untuk meminyaki furnitur Anda.

Bersihkan perabotan dan biarkan kering jika perlu. Jika perabotan dibersihkan secara teratur, bersihkan secara menyeluruh. Jika tampak kotor, terasa lengket, atau memiliki penumpukan kotoran, cuci dengan air dan sabun ringan, atau gunakan “jati cleaner” khusus. Lihat bagian perawatan untuk detail lebih lanjut.

Keringkan perabotan setelah dibersihkan dan biarkan selama 24-36 jam untuk menghilangkan semua kelembaban sebelum menerapkan minyak. Bahkan jika kelembaban permukaan telah kering, kelembaban di bawah permukaan bisa terperangkap oleh minyak, mengubah warna dan umur panjang.

Pilih produk “minyak jati” atau “kayu jati”. Produk “minyak jati” yang digunakan untuk tujuan ini sebenarnya tidak dibuat dari pohon jati, dan komposisi dapat bervariasi di antara mereka. Dari bahan-bahan yang umum, minyak tung mungkin lebih efektif daripada minyak biji rami.

Minyak jati kadang-kadang hadir dengan warna buatan atau produk sealant tambahan yang tercampur, jadi baca labelnya dengan saksama sebelum memilih. Jati sealer biasanya membutuhkan aplikasi yang lebih jarang daripada minyak jati, tetapi sebaliknya beroperasi dengan cara yang sama.

Bagaimana Cara Merawat Forniture Kayu Jati?

Gunakan kuas cat untuk mengaplikasikan minyak jati. Tutupi jati bahkan dengan sapuan lebar. Terus oleskan minyak sampai perabotan memiliki penampilan matte dan tidak bisa menyerap lagi.

Tunggu lima belas menit, lalu bersihkan dengan lap. Biarkan minyak menembus kayu. Anda mungkin melihat minyak permukaan berubah menjadi konsistensi norak karena kayu di bawahnya diserap.

Setelah ini terjadi, atau setelah lima belas menit, bersihkan perabotan dengan lap bersih, berhati-hati untuk membuang semua minyak berlebih. Kain bersih kedua dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan setelah kering.

Bersihkan tumpahan dan teteskan dengan minyak mineral. Basahi kain bersih dengan minyak mineral untuk mengambil minyak berlebih dan menetes. Minyak jati mungkin menodai furnitur atau lantai lain jika tidak segera dihapus.

Nah, itulah cara untuk merawat forniture kayu jati, Semoga bermanfaat!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar