Bagaimana Memilih Software Payroll Terbaik Untuk Perusahaan Anda

Jika perusahaan anda merupakan perusahaan besar dengan banyak karyawan ataupun staff, pastinya akan sangat menguras tenaga dan repot saat akan mengurus penggajian karyawan, cek transaksi keluar masuk, ataupun sekedar melihat fluktuatif kondisi keuangan perusahaan.

Biasanya memang pemilik tidak secara langsung direpotkan akan hal tersebut, karena untuk perusahaan besar pastinya memiliki staff khusus di divisi HRD untuk mengurus hal – hal tersebut. Tapi jika hal tersebut bisa dibuat lebih sederhana dengan menggunakan suatu software kenapa tidak ?

Banyak sekali developer yang menawarkan software payroll untuk mempermudah hal tersebut, tetapi Bagaimanakah kita memilih software mana yang merupakan software payroll terbaik ? pastinya tidak semua vendor memiliki kredibilitas yang sama dalam membuat software, maka dari itu ada baiknya anda membaca sedikit referensi bagaimana memilih software payroll terbaik untuk perusahaan anda berikut ini.

software payroll terbaik

1. Mudah Dipahami

Sebelum membeli atau deal dengan suatu vendor, ada baiknya anda untuk meminta versi trial atau uji coba terlebih dahulu kepada vendor tersebut. Dan cobalah untuk mengoperasikannya, tentunya beberapa divisi HRD bukan merupakan orang yang ahli dalam dunia IT bukan ? jadi paling tidak software payroll tersebut bisa dengan mudah dioperasikan walaupun untuk orang yang bukan ahli IT sekalipun.

Semakin mudah pengoperasian software payroll bisa membuat waktu pembelajaran atau pelatihannya menjadi semakin cepat. Hal tersebut sangat berguna jika anda mempekerjakan seorang staff baru untuk bagian administrasi, staff baru tersebut akan dengan mudah juga mempelajari bagaimana menggunakan software itu.

2. Fitur Lengkap

Tanyakan terlebih dulu kepada vendor penyedia software payroll, fitur apa sajakah yang mereka tawarkan dalam softwarenya. Tanyakan dengan detail hal apa saja yang bisa kita lakukan menggunakan aplikasi itu. Semakin banyak fitur yang ditawarkan akan semakin baik untuk digunakan staff HRD, karena dengan begitu proses perhitungan dan administrasi bisa lebih akurat serta cepat.

Pastikan juga antara satu fitur dengan fitur yang lainnya saling terintegrasi karena hal tersebut sangat berhubungan jika kita ingin menghasilkan perhitungan yang akurat. Perhitungan yang akurat dan juga cepat akan membantu divisi HRD dalam menghitung payroll karyawan setiap bulannya.

3. Fleksibel

Salah satu point yang membuat software payroll tersebut menjadi yang terbaik adalah seberapa fleksibelkah software dengan kebijakan atau aturan perusahaan. Bisa saja setelah anda menggunakan system ini pada perusahaan, namun setelah beberapa bulan ingin menerapkan suatu aturan baru maka software perlu diatur lagi agar sesuai dengan aturan perusahaan.

Misalnya adalah ketika perusahaan akan membayarkan gaji kepada karyawan, apakah perpajakan ataupun bonus bisa diatur dalam software payroll tersebut atau tidak ? biasanya software payroll juga bisa memberikan rincian mengenai gaji pokok, uang makan, bonus dan lain sebagainya.

4. Selalu Update

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah adanya update berkala pada software payroll. Peraturan gaji di Indonesia biasanya setiap waktu terus berubah, hal tersebut tentu saja memerlukan update terbaru untuk mengatur penggajian karyawan lagi. Nah dalam hal ini tanyakanlah kepada penyedia software payroll apakah mereka memberikan gratis update atau tidak ? atau mungkin mereka mengenakan biaya tertentu ketika kita ingin update software tersebut.

Bisa juga ketika software payroll mengalami bug ataupun error, apakah vendor yang menawarkan software tersebut bisa memberikan solusi terbaik dikemudian hari atau tidak ? hal itu merupakan salah satu faktor penting apakah software payroll yang akan kita beli cukup layak atau tidak.

Dengan memahami beberapa tips dari saya diatas apakah anda sudah menentukan manakah aplikasi payroll terbaik untuk perusahaan anda ? Pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Skip to toolbar