Pamor coworking ruang atau tempat kerja bersama dengan makin popular serta banyak disukai oleh beberapa orang. Bahkan juga sampai sekarang ini, Ibukota kita terkasih, Jakarta masih tetap jadi penyumbang paling besar populasi coworking ruang bersamaan banyak aktor startup, komune serta freelancer di kota-kota besar.

Apa yang membuat coworking ruang ini jadi popular serta banyak dipakai menjadi kantor buat beberapa orang? Dan apa keunggulan serta kekurangan kerja di co working ruang? Yuk baca.

Apakah itu coworking ruang?
Coworking ruang adalah tempat kerja bersama atau mungkin kantor dengan ide baru yang dapat dipakai tiap-tiap orang. Coworking ruang umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan rintisan yang mempunyai terbatasnya bangun atau menyewa kantor sendiri.

Dengan memakai co working ruang, beberapa perusahaan ini dapat menyewa kantor dengan luas ruangan yang diharapkan dan dengan bujet yang dapat lebih didesak.

Baca Juga: teks anekdot

Tidak cuma perusahaan rintisan, coworking ruang ini pula sering dipakai oleh kelompok mahasiswa, periset, pekerja seseparuh sesi, editor, jurnalis sampai penulis.

Dalam suatu coworking ruang, bahkan juga dapat kita dapatkan semua jenis profesi diatas pada sebuah ruangan. Diluar itu, coworking ruang ikut biasa dipakai untuk acara-acara komune kreatif.

Asosiasi Coworking Ruang Indonesia mencatat sampai sekarang ini ada seputar 220 unit coworking ruang yang menyebar di 44 kota di Indonesia atau bertambah dari tahun 2016 yang sampai 60 unit.

Dari skema sebaran coworking ruang itu, hampir 50 % populasinya ada di Jakarta, bekasnya ada di lokasi Jawa. Diprediksikan, jumlahnya co working ruang akan selalu makin bertambah setia tahunnya.

Keunggulan co working ruang
Beberapa beberapa freelancer, mahasiswa atau profesi yang lain lebih pilih memakai coworking ruang untuk tempat kerja mereka. Umumnya semasing coworking ruang tawarkan sewa harian, mingguan, bulanan sampai tahunan.

Untuk coworking ruang di lokasi Jabodetabek, besaran biasa sewa begitu bermacam dari mulai Rp50.000 per delapan jam sampai Rp1 juta per bulan. Spesial untuk Jakarta, besaran cost sewanya dikit tambah tinggi.

Beberapa keuntungan kerja di coworking ruang diantaranya Anda dapat kerja lebih aman dengan beberapa sarana simpatisan seperti internet, AC, sofa, meja, kursi sampai tempat yang tambah lebih homy dibanding kantor biasa.

Selengkapnya : contoh teks anekdot

Untuk beberapa aktor startup, kerja di coworking ruang dapat meningkatkan jaringan atau share pengalaman dengan sama-sama aktor usaha yang saling memakai coworking ruang.

Buat beberapa freelancer, yang biasa kerja di cafe pasti pilih coworking ruang adalah pilihan yang pas sebab semakin lebih jauh mengirit cost.

Sesaat buat yang biasa kerja di dalam rumah, kerja di coworking ruang tambah lebih nyaman sebab tidak ada masalah atau distraksi yang seringkali menghalangi pekerjaan.

Kekurangan coworking ruang
Ada satu anekdot mengenai coworking ruang. Seorang yang kerja memakai tempat coworking ruang itu begitu boros. Sewa tempat delapan jam dengan cost Rp50.000 serta mesti bawa serta laptop sendiri. Mendingan kerja di warnet saja dengan cost Rp50.000 dapat sepanjang hari serta dapat memakai sarana computer yang disiapkan pemilik warnet.

Ya, jika lihat anekdot itu di lain sisi memang benar ada benarnya. Bila kita hitung-hitung cost bulanan untuk sewa coworking ruang saja per bulan mesti merogoh kocek Rp1 juta cuma untuk mendapatkan tempat kerja serta internet.

Spesial buat beberapa beberapa freelancer, cost sewa itu dipandang semakin besar. Jadi beberapa freelancer ada pula yang tidak memillih coworking ruang menjadi tempat kerja mereka.

Beberapa freelancer ini lebih pilih kerja di beberapa tempat lainnya yang tambah lebih irit seeprti kosan, perpustakaan atau menempatkan internet sendiri dengan bujet yang tambah murah daripada sewa coworking ruang.

Nah, diatas sudah di jabarkan beberapa keunggulan serta kekurangan kerja di coworking ruang. Tentunya tiap-tiap orang relatif dapat memandang sendiri manakah yang lebih irit serta menguntungkan apa kerja di coworking ruang, cafe, sewa kantor atau kerja di dalam rumah sendiri.

Buat beberapa perusahaan rintisan mungkin semakin lebih pilih coworking ruang daripada berkantor di dalam rumah pribadi atau sewa kantor yang tambah mahal.

Akan tetapi buat beberapa beberapa freelancer ada pula yang pilih kerja di warung kopi atau kosan sebab biayanya dapat lebih irit. Jika Anda lebih pilih kerja dimana?

Read More : Anekdot