Riset ini mempunyai tujuan untuk tahu ketidaksamaan materi serta evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013. Ada tiga topik sebagai konsentrasi penting dalam riset ini, yaitu (1) pandangan guru Bahasa Indonesia pada ketidaksamaan ide teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013; (2) perbandingan materi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013; dan (3) perbandingan pelaksanaan evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013.

Related Post : contoh teks eksposisi

Riset ini adalah riset deskriptif kualitatif dengan jenis riset komparasi. Sumber data dalam riset ini ialah guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP di Kota Yogyakarta yang telah melakukan Kurikulum 2013. Data riset didapat dari interviu serta dokumentasi. Analisa data dikerjakan dalam beberapa step, yakni 1) memproses serta menyiapkan data untuk dianalisis; 2) membaca keseluruhnya data; 3) mengkaji lebih detil dengan meng-coding data; 4) mengaplikasikan proses coding untuk mendeskipsikan setting, beberapa orang, kategori-kategori, serta tema-tema yang akan dianalisis; 5) tunjukkan bagaimana gambaran serta topik diberikan kembali dalam cerita/laporan kualitatif; serta 6) menginterpretasi atau memaknai data.

Hasil riset tunjukkan (1) Banyak guru yang masih tetap kebingungan berkaitan pergantian ide materi pada Kurikulum 2013. Pandangan guru masih tetap condong terpaku pada esensi teks eksposisi yang “memaparkan” seperti yang dimengerti dalam KTSP 2006, sedang pada Kurikulum 2013 teks eksposisi telah ke arah bentuk wawasan argumentatif. (2) Ada ketidaksamaan penyajian materi teks eksposisi pada BSE KTSP 2006 serta buku siswa Kurikulum 2013. Bedanya, pada KTSP 2006 tidak ada penyebutan materi teks eksposisi dengan cara langsung. Teks eksposisi terintegrasi ke KD menulis.

Selain itu, pada Kurikulum 2013 materi teks eksposisi berdiri dengan sendiri. Materi tata bahasa terintegrasi ke materi teks eksposisi hingga siswa bisa pelajari teks eksposisi dengan utuh, mencakup susunan, manfaat sosial, serta ciri kebahasaan. (3) Ada ketidaksamaan serta kesamaan pelaksanaan evaluasi teks eksposisi pada KTSP 2006 serta Kurikulum 2013. Ketidaksamaan diketemukan pada KD, RPP, materi, dan pelajari. Selain itu, kesamaan diketemukan pada cara yang dipakai, penempatan siswa, sumber belajar yang dipakai, serta penilaian yang diutamakan pada bentuk penilaian otentik.

Artikel terkait : teks eksposisi

Pada KTSP 2006 penilaian diprioritaskan pada segi pengetahuan serta ketrampilan. Sesaat pada Kurikulum 2013 penilaian dikerjakan pada tiga ranah, yakni pengetahuan, ketrampilan, serta sikap. (4) Guru terima pergantian Kurikulum menjadi satu perkembangan yang positif, walau masih tetap ada beberapa kekurangan dalam implementasi Kurikulum 2013.

Read more : Eksposisi