Eksposisi berita adalah paragraph yg berisi terkait berita moment khusus. Contoh eksposisi berita : Ø Banyak pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisionil memprotes resiko beberapa berita perihal import daging ilegal. Dikarenakan, hampir 1 minggu paling akhir mereka kehilangan konsumen hingga 70 prosen. Demikian sebaliknya, permohonan pada daging ayam serta telur saat ini melesat hingga harga nya bertambah.

Ø Penduduk Negara Indonesia yg hilang di Nepal gara-gara gempa pada tanggal 1 April 2015 belum juga diketemukan. Mereka merupakan banyak pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, ialah Jeroen Hehuwat, 39 tahun ; Kadek Andana, 26 tahun ; serta Alma Parahita, 31 tahun. Kala gempa berjalan, mereka kehilangan kontak dengan kawan – kawan mereka yg berada pada sana. Tetapi, diramalkan banyak pendaki ini ada di daerah Langtang. Dengan bekal kabar itu, pemerintah lekas mengutus BASARNAS serta TNI buat mengerjakan evakuasi.

Ø Kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kilo-gram di Sukoharjo sejak mulai beberapa saat paling akhir merisaukan warga. Pantauan di beberapa pedagang di Sukoharjo ditemui tumpukan gas elpiji 3 kilo-gram dalam situasi kosong. Mereka menyatakan belum juga dapatkan kiriman sejak mulai dua sampai tiga hari yang silam. “Stok kosong, semua ada 15 tabung belum juga bisa kiriman dari pangkalan. Karena itu tak dapat penuhi kepentingan pelanggan, ” kata Agus Gunawan satu diantaranya pedagang gas elpiji asal Sukoharjo Kota, Kamis (18/09/2014) .

2. EKSPOSISI ILUSTRASI
Eksposisi gambaran adalah paragraph yg berisi penggambaran simple perihal satu soal dengan soal yang lain , yg miliki kesamaan pembawaan . Contoh eksposisi gambaran : Ø Sekarang politik di Indonesia tengah mengendalikan pandangan di wadah. Seperti gula yg tengah dikelilingi semut. Wadah senantiasa memberitakan situasi politik di Indonesia dengan gamblang. Wadah memberitakan situasi elit politik di Indonesia yg sama sama mempertandingkan kekuasaan

Artikel Terkait : teks eksposisi

Ø Sesungguhnya, situasi ekonomi kita udah relatif tambah baik. Indikatornya bisa disaksikan dari beragam faktor. Umpamanya, dalam sektor otomotif. Tiap-tiap hari kita dapatkan beragam kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil lantas baru. Ini pertanda kalau skala hidup warga mulai tambah baik. Sinyal beda seperti daya beli warga bakal kepentingan sandang, pangan, serta papan. Dalam sektor papan, umpamanya, banyak warga penduduk yg membuat hunian yg permanen.

3. EKSPOSISI PROSES
Eksposisi proses adalah paragraf eksposisi yg berisi terkait proses pemanfaatan, pembutan serta arahan mengerjakan suatu hal. Contoh eksposisi proses : Ø Energen, nutrisi empat sehat lima prima bisa disediakan dengan ringan. Tuang energen ke gelas. Imbuhkan 150 ml air hangat serta aduk sampai sama rata. Energen hangat siap disuguhi.

Ø Teh sangatlah baik buat kesehatan manusia lantaran teh mempunyai kandungan sejumlah senyawa yg baik. Trik membuatnya lantas cukuplah ringan. Soal pertama yang wajib dilaksanakan merupakan menyatukan alat serta bahan seperti gelas, air panas, sendok, teh dapat bubuk atau teh celup serta gula sesuai kebutuhan. Sehabis semua bahan serta alat terkumpul, input teh bubuk atau celup ke gelas terus siram dengan air panas. Lantas imbuhkan gula sesuai sama hasrat Anda. Sehabis mengkombinasikan gula, terus aduk-aduklah memanfaatkan sendok sampai larut. Apabila Anda memanfaatkan teh celup, jangan sampai kelamaan merendamnya di pada air. Angkat lekas apabila air udah berwarna coklat lantaran bakal sangatlah beresiko untuk badan. Seandainya teh udah jadi, minumlah saat hangat.

Ø Kegunaan wortel buat muka salah satunya dapat dimanfaatkan jadi masker yg memiliki fungsi buat bikin cerah kulit muka, sedikit yg tahu. Trik bikin masker ini dengan memblender atau memarut hingga lembut. Tuang parutan wortel dalam cawan serta imbuhkan madu 1 sendok makan serta aduk sampai sama rata. Sebelum mengulaskan di wajah, seharusnya cuci muka lebih dahulu serta poleskan sama rata ke semuanya permukaan muka 15 sampai 30 menit. Kemudian, cuci muka dengan air yg hangat, terus cuci dengan air dingin. Melakukan perawatan muka ini teratur biar dapatkan kegunaan wortel dengan cara maksimum ialah bikin cerah muka juga sekaligus kurangi flek serta kerutan.

Baca Juga : Contoh teks eksposisi

4. EKSPOSISI PERBANDINGAN
Paragraf model ini berisi terkait keterangan gagasan pada kalimat khusus melalui langkah memperbandingkan dengan soal yg beda. Contoh eksposisi perbandingan : Ø Tinju tidaklah model olah raga yg banyak penggemarnya. Yg banyak merupakan penggemarnya. Tidak sama dengan olah raga jalan kaki. Penggemarnya banyak, penggemarnya dikit. Tak ada orang yg menyaksikan orang-orang berjalan kaki.

Ø Letusan gunung Krakatau tidaklah letusan sangat dahsyat yg sempat tertulis dalam histori umat manusia. Letusan yg berlangsung pada tahu 1883 ini belumlah ada apakah – apanya apabila ketimbang dengan letusan gunung tambora, serta letusan gunung toba yg sangatlah dahsayat. Bahkan juga letusan gunung toba membuat suatu danau yg begitu besar ditengah – tengahnya. Tetapi, letusan gunung krakatu berlangsung ketika banyaknya populasi manusia di bumi udah banyak hingga resikonya lebih rasa-rasanya. Oleh sebab itu, letusan gunung Krakatau tertulis sebabkan resiko yg tambah besar walaupun tetap kalah dahsayat dengan letusan gunung yang lain.

5. EKSPOSISI PERTENTANGAN
Berisi terkait soal yg bertentangan dengan soal lainnyaContoh eksposisi pertentangan : Ø Orang yg senang bersepeda kebanyakan orang yg suka pada alam. Demikian sebaliknya, orang yg gak sempat bersepeda banyak orang kota yg ke mana-mana biasa naik mobil nyaman. Mereka bakal menggerutu apabila menjumpai jalan sempit di desa-desa.

Ø Warga di daerah perkotaan biasa dengan kehidupan yg serba moderen. Alat komunikasi, transportasi, serta technologi kabar yg mutahir sebabkan mereka condong malas serta kurang bersosialisasi. Demikian sebaliknya, warga pedesaan terpencil biasa dengan kehidupan yg simple. Mereka memanfaatkan perabotan, transportasi, serta technologi yg tetap tradisionil. Tetapi, minimnya itu tak membatasi mereka buat bersosialisasi antarmasyarakat.
6. EKSPOSISI DEFINISI
Adalah paragraf eksposisi yg berisi terkait penjelasan satu soal. Contoh eksposisi arti : Ø Jahe (Zingiber officinale) , merupakan tanaman rimpang yg sangatlah digemari banyak orang. Jahe biasa dimanfaatkan jadi bahan masakan atau penyedap perasaan alami. Tidak cuman dapat dimanfaatkan jadi rempah-rempah, tanaman ini bisa juga sebagai obat sejumlah penyakit seperti batuk, panas dalam serta terdapat banyak lagi. Tanaman jahe punyai tinggi lebih kurang 30 sampai 100 cm. Daunnya bersifat menyirip dengan panjang lebih kurang 15 sampai 23 mm serta panjang 8 sampai 15 mm. Jahe punyai rimpang atau akar bersifat jemari yg menggembung di ruas-ruas tengah. Akar berikut ini yg diambil serta dipakai jadi jahe. Perasaan menguasai pedas serta hangat pada jahe diakibatkan oleh senyawa keton yg bernama zingeron. Ada 3 model jahe yg sangatlah terkenal di bursa pasaran ialah, jahe gajah, jahe kuning serta jahe merah.

Ø Metonimi adalah model type kias yg memanfaatkan banyak kata buat penjelasan yg lebih luas atau yg lebih sempit dari mempunyai arti yg umum. Banyak kata dengan arti luas atau menyempit dimanfaatkan buat menamai perihal atau suatu hal yg bertujuan.

7. EKSPOSISI ANALISIS
proses memisah-misahkan satu soal dari satu inspirasi khusus berubah menjadi sejumlah subbagian, lantas semasing di kembangkan dengan cara berurutan. Contoh eksposisi arti : Ø Masangin adalah permainan yg melegenda di Alun-Alun Selatan, Yogyakarta. Permainan itu dilaksanakan dengan melalui dua buah pohon beringin kembar dengan mata yg ditutup kain hitam. Mitos yg berkembang di warga, apabila seorang bisa melalui ke dua pohon beringin dengan mata tertutup, karena itu tiap-tiap impian yg kita niatkan sebelum permainan bakal diwujudkan.

Konon, yg dapat melintas sebatas orang yg punyai kebersihan hati. Apabila hati bersih, karena itu pemain bakal mulus melalui dua pohon tiada rintangan. Begitu pula demikian sebaliknya, apabila hati tak bersih, karena itu pemain bakal berputar atau miring ke kanan serta ke kiri beringin. Tetapi dibalik mitos itu, masangin bisa di pandang dari sisi ilmu dan pengetahuan serta kesehatan. Dari sisi ilmu dan pengetahuan bisa dikemukakan kalau moment berbeloknya arah pemain dipicu lantaran kecepatan arah angin, dan dari sisi kesehatan lantaran ada kemampuan vertigo pada tiap-tiap orang.

Ø Beragam teori dikemukakan buat mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yg berasumsi ia diancam oleh mafia. Seseorang detektif mengasumsikan, Merilyn sempat terjalin dengan J. F. Kennedy. Ia dibunuh buat menutupi peristiwa yang bisa menyebabkan kerusakan nama baik tokoh utama AS itu.

8. EKSPOSISI KLASIFIKASI
Paragraf eksposisi yg berisi pengelompokan sesuatuContoh paragraf eksposisi klasifikasi : Ø Makanan yg kita mengonsumsi satu hari – hari tiada kita sadari terdiri berubah menjadi sekelompok. Yg pertama merupakan makanan bergizi, makanan ini sangatlah utama untuk badan kita lantaran mempunyai kandungan beragam zat atau mineral yg sangatlah baik buat badan.

Misalnya merupakan, ikan, buah, buahan, daging, susu, serta beda – beda. Makanan yg ke dua merupakan makanan kurang bergizi, makanan ini tak beresiko buat dikonsumsi lantaran cuma bakal berikan resiko kenyang saja, namun makanan ini mempunyai kandungan dikit atau bahkan juga tak mempunyai kandungan mineral atau vitamin, umpamanya umbi jalar, singkong, serta nangka muda.

Yg paling akhir merupakan makanan beresiko, makanan ini tak baik buat badan apabila dikonsumsi dengan cara berlebihan. Selain tak punyai gizi, makanan ini pun mempunyai kandungan zat – zat beresiko seperti pengawet, pewarna, serta perasa. Misalnya merupakan junk food, mie instant, serta beda – beda.
Ø Metode penamaan beberapa jenis usul sastra banyak variasi, tergantung pada pendekatan yg dimanfaatkan. Pendekatan akhlak mengedepankan pertalian karya sastra dengan pandangan akhlak serta agama. Pendekatan historis, kerja atas basic lingkungan karya sastra berhubungan dengan fakta-fakta dari era serta hidup pengarang. Pendekatan impresionistik, sebagai ciri-khas saluran sastra romantik, mengedepankan resiko anggota karya sastra pada kritikusnya