The Latest

Pergantian iklim yang ekstrim di bumi pada beberapa puluh tahun paling akhir membuat es di kutub mencair hingga perihal ini mengakibatkan permukaan air laut alami kenaikan.

Efek dari pemanasan global ini juga mesti dicermati bersama dengan, sebab beberapa pulau-pulau dalam dunia akan terbenam.

Dikutip dari beberapa sumber, Tribun Travel meringkas 7 tempat yang diprediksikan akan hilang dari bumi sebab efek dari pemanasan global ini.

Baca Juga: pemanasan global

1. Maldives

Maldives ialah gugusan pulau-pulau kecil dengan pantai yang begitu indah.

Akan tetapi ketidaksamaan tinggi daratan serta lautan yang begitu kecil, tujuan indah ini juga terancam hilang.

Dampak dari pemanasan global, pulau-pulau kecil di lokasi maldives ini akan terbenam dalam beberapa puluh tahun kembali.

Baca Juga: pencemaran udara

2. Piramida serta Spinx, Mesir

Bukan sekedar maldives, nyatanya bangunan tua bersejarah piramida serta spinx terancam juga hancur.

Piramida serta Spinx hancur bukan sebab naiknya permukaan air laut, akan tetapi sebab erosi yang dikarenakan oleh polusi hawa di lokasi ini.

Artikel Terkait: konflik sosial

 

Umat manusia sudah menghancurkan 60% mamalia, burung, ikan, serta reptil semenjak 1970. Demikian diutarakan beberapa pakar terpenting dunia yang mengingatkan jika pemusnahan satwa liar yang berlangsung saat ini adalah kondisi darurat yang meng­ancam peradaban.

Dikutip situs The Guardian, Selasa 30 Oktober ­2018, prediksi baru pembantaian satwa liar oleh manusia semenjak 1970 itu dibikin dalam laporan besar yang diatur oleh organisasi WWF serta menyertakan 59 ilmuwan dari semua dunia.

Hasil riset tunjukkan WWF serta beberapa puluh ­ilmuwan terkenal itu mengatakan jika mengkonsumsi makanan serta sumber daya yang meluas serta selalu makin bertambah oleh populasi global sudah merusak jaringan serta ekosistem kehidupan, tempat komune manusia begitu tergantung pada hawa bersih, air, serta yang lain.

”Kita sekarang ini tengah tidur sekalian berjalan ke arah pinggir tebing,” kata Mike Barrett, Direktur Eksekutif Sains serta Konservasi di WWF. ”Jika ada penurunan populasi manusia sebesar 60%, itu sama dengan kosongkan Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Tiongkok, serta Oseania. Itu ada­lah taraf dari apakah yang te­lah kita, umat manusia, laku­kan. ”

Baca Juga: pengertian bahasa

”Ini tambah lebih dari sebatas kehilangan keajaiban alam, begitu susah pikirkan hal itu,” kata Mike. ”Ini sebetulnya tengah membahayakan hari esok manusia. Alam telah rusak serta tidak kembali me­madai untuk ditempati, walau sebenarnya ini ialah skema simpatisan kehidupan kita,” ujar­nya kembali.

Baca Juga: algoritma pemrograman

”Kita kehabisan waktu da­lam waktu yang cepat,” kata Pro­fesor Johan Rockström, pakar keberlanjutan pem­ba­ngun­­an global di Institut Potsdam untuk Riset Efek Iklim di Berlin, Jerman. ”Ha­nya dengan menangani baik eko­sistem serta iklim, kita me­miliki peluang untuk mengawasi planet yang konstan untuk hari esok umat manusia di bumi.”

Artikel Terkait: populasi dan sampel

Banyak ilmuwan yakin, dunia sudah mengawali kepunah­an massal ke enam. Yang pertama-tama dikarenakan oleh spesies Homo sapiens. Analisa paling baru yang lain sudah meng­ungkap jika manusia sudah merusak 83% dari semua mamalia serta separuh tumbuhan semenjak awal peradaban. Bila kehancuran akan selesai saat ini, jadi dibutuhkan 5-7 juta tahun buat Bumi untuk sembuh.

 

Terobosan selalu dikerjakan Komisi Penentuan Umum (KPU) Pusat untuk menggandeng nada dari generasi milenial. Diantaranya dengan memperkenalkan Rumah Pandai Pemilu ke mahasiswa. Seperti yang dikerjakan Ketua KPU Pusat Arief Budiman di Kampus Muhammadiyah Malang (UMM) tempo hari.

”Jadi, untuk mengundang perhatian beberapa anak muda supaya memakai hak pilih, ya mesti pendekatan ala milenial,” tutur Arief Budiman, tempo hari.

Pendekatan ala milenial yang disebut itu lewat beberapa program. Salah satunya KPU menggerakkan pemerintah daerah bangun Rumah Pandai Pemilu. ”Rumah Pandai ini dibuat di obyek wisata serta di dalamnya menyiapkan semua info mengenai pemilu, terutamanya di daerah. Di Jogjakarta telah menjaring satu juta pengunjung,” katanya.

Jika dapat, Rumah Pandai Pemilu dapat dibuat di tiap-tiap propinsi. Lalu, di program yang lain, KPU ikut membuat relawan demokrasi yang terbagi dalam berbagai unsur. ”Ada mahasiswa, penyandang disabilitas, grup marginal, serta yang lain. Mereka ikut kita didik, kita latih, untuk sebarkan info mengenai pemilu,” singkat pria kelahiran Surabaya ini.

Baca Juga: analisis SWOT

Arief memberikan, KPU ingin beberapa pelajar serta mahasiswa menjadi agen demokrasi. Hingga penerapan pemilu lima tahun ke depan akan makin mudah. Angka pemilih pemula ikut tinggi. ”Karena beberapa pelajar ini telah lebih memahami pemilu. Mereka telah sadar hak pilih mereka sendiri. Tapi jika tahun ini tidak berhasil menjaring simpatisan, 5 tahun kembali tambah lebih berat buat kita,” kata Arief.

Baca Juga: pengertian analisis

Dari pendekatan ala anak milenial ini, Arief mengharap angka pemilih pemula dapat tembus diatas 77,5 %. ”Trennya kok naik selalu sampai sekarang ini. Jadi, kami meyakini 2019 naik 2x lipat,” katanya.

 

Mahasiswa menjadi generasi yang akan datang diinginkan bisa mengurus serta mengaplikasikan demokrasi keseluruhannya serta jadi ciri-ciri pintar berpolitik. Karena itu mahasiswa mesti aktif berperan serta dalam politik, sebagai tanda berarti dalam negara demokrasi.Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Akhmad Muqowam menuturkan jika hampir semuanya mempunyai koneksi dengan Politik.

“Perihal yang perlu dikerjakan ialah bagaimana mengurus politik menjadi jalan kemaslahatan buat penduduk. Ini dapat dikerjakan sama dengan peranan pekerjaan serta fungsinya,” tegas Wakil Ketua RI, Akhmad Muqowam waktu memberi materi dalam acara Sinau Politik yang diadakan Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah di IAIN Salatiga, Rabu (31/10).

Selanjutnya disebutkan salah satunya peranan yang dapat diambil menjadi bentuk keterlibatan politik yakni memberi nada saat pemilu, sebab pemilu adalah roh terpenting dalam demokrasi.

Dalam komunitas itu Muqowam ikut memvisualisasikan skema rekanan yang produktif dalam pembangunan, pada beberapa fungsi di DPR, DPD, bersinergi dengan pemerintah lewat kementerian. Beberapa hal yang dapat dikerjakan untuk membuahkan UU yang mempunyai pemihakan yang pasti buat daerah, memperjuangkan kebutuhan dua daerah sama dengan masukan penduduk.

Baca Juga: pengertian demokrasi 

Bagian lain yang mendapatkan sorotan dari Akhmad Muqowam yakni turunnya tingkat keterlibatan dalam pemilu berlangsung sebab pemilu tidak cocok dengan harapan rakyat.

Baca Juga: pancasila sebagai dasar negara

“Jika perihal ini selalu bersambung, pasti akan membahayakan buat kelangsungan demokrasi kita, oleh karena itu mahasiswa butuh menjadi pemilih logis, turut mengamati jalannya pemilu serta jadi kepribadian force buat kekuasaan baru saat pemilu,” urai senator dari Jawa Tengah ini.

Artikel Terkait: sistem pemerintahan Indonesia

Untuk wujudkan demokrasi yang baik yang akan datang, Akhmad Muqowam menggerakkan mahasiswa untuk aktif dalam pergerakan mahasiswa yang mempunyai arah serta pengkaderan yang pasti. Dari sanalah mahasiswa dapat belajar kenal politik dengan membuat ruangan politik.

“Dengan pendidikan politik itu maka tumbuh kesadaran berpolitik mahasiswa yang selanjutnya kelak mahasiswa dapat pimpin serta merubah penduduk mengarah yang dicita-citakan,” pesan Muqowam.

Tidak hanya menggerakkan mahasiswa untuk aktif berpolitik, Muqowam ikut mensosialisasikan kewenangan serta pekerjaan baru DPD RI berkaitan pemantauan serta pelajari atas perancangan ketentuan daerah (raperda) serta ketentuan daerah (perda).

 

Pada 2019, Komisi Yudisial (KY) akan menjalankan program pengaturan karakter putusan dipilih berbasiskan aplikasi. Karena, hasil riset KY, banyak temukan putusan pengadilan (eksaminasi) condong sangat positivistik, yang cuma memercayakan peraturan menjadi hanya satu sumber hukum yang tidak pedulikan yurisprudensi atau sumber hukum lainnya. Perihal ini dipandang menjadi pemicu penting jumlahnya putusan pengadilan yang makin jauh dari nilai-nilai keadilan substantif.

Pengakuan ini dikatakan Ketua KY, Jaja Achmad Jayus dalam diskusi bertopik “Peran Alat Massa dalam Wujudkan Akuntabilitas Peradilan” di Bogor, Jawa Barat, Jum’at (20/10/2018) tempo hari.

Jaja menjelaskan karakter berbentuk anotasi putusan hakim (eksaminasi) sebetulnya pernah dikerjakan yang bekerja bersama dengan perguruan tinggi yang sedikit didapati penduduk. “Untuk itu, di tahun 2019 KY akan konsentrasi dengan program karakter putusan hakim. Diinginkan, program ini dapat menggerakkan beberapa hakim keluarkan putusan yang berkualitas,” kata Jaja mengharap.

Pelaksana pekerjaan (Plt) Sekretaris Jenderal KY Ronny Dolfinus Tulak menjelaskan program ini pergi hasil dari riset KY yang temukan banyak putusan pengadilan condong sangat memakai teori hukum positif dalam memutuskan satu masalah. Berarti, putusan itu hanya memercayakan peraturan menjadi hanya satu sumber hukum. Contohnya, tidak pedulikan yurisprudensi menjadi sumber hukum pilihan.

“Ini pemicu penting jumlahnya putusan pengadilan yang makin jauh dari nilai-nilai keadilan substantif (yang sebenarnya). Karenanya, nanti banyak putusan bagus (berkualitas) akan dimasukkan dalam program karakter putusan dipilih ini,” katanya.

Baca Juga: visi misi

Semenjak pertengahan 2018 sampai sekarang ini, KY telah lakukan publikasi serta minta pendapat ke beberapa hakim pengadilan semua Indonesia berkaitan apakah yang mereka perlukan untuk tingkatkan kualitas putusan hakim. “Yaa, diantaranya mereka (beberapa hakim) memerlukan rujukan putusan terpenting atau landmark decisions yang bisa mereka buat jadi rujukan dalam membuat putusan,” katanya.

Baca Juga: gaya kepemimpinan

Ronny meneruskan karakter putusan ini akan berbasiskan aplikasi yang bisa dibuka oleh semua komponen penduduk untuk beberapa kebutuhan. “Aplikasi karakter putusan ini bisa dibuka semua kelompok, contohnya beberapa hakim, mahasiswa, serta penduduk umum yang bisa dibuka lewat telephone genggamnya,” katanya.

Artikel Terkait: pasar persaingan sempurna

Menurut dia, putusan-putusan pengadilan yang akan diambil mesti mempunyai nilai hukum yang bisa jadikan referensi. Nanti, aplikasi karakter putusan dipilih ini berisi rangkuman satu putusan pengadilan, isi pertimbangan hakim, bunyi amar putusan, serta nomer putusan tersebut tanggal putusan.

Lalu tiap-tiap satu putusan terpenting menjadi referensi/rujukan berisi tiga putusan lainnya dari masalah semacam yang pertimbangan serta putusannya merujuk pada putusan terpenting itu. “Di tiap-tiap satu putusan terpenting, kami akan memberikan (anotasi) dua analisis ahli dibarengi nilai-nilai hukum menjadi referensi dalam aplikasi ini,” jelas Ronny.

KY mentargetkan dalam setahun (saat 2019) bisa membuahkan 20 putusan terpenting pengadilan umum menjadi referensi dibarengi 60 putusan lainnya yang mengacu pada 20 putusan terpenting itu serta 40 analisis ahli. “Jadi, ada 80 putusan terpenting dan 40 analisis ahli hukum dari putusan itu,” sambungnya.

“Kami ikut bekerja bersama dengan Kepaniteraan Mahkamah Agung (MA). Untuk permulaan kami akan mengambil dari putusan yang telah ada pada direktorat putusan MA menjadi rujukan awal. Yang akan datang baru akan masukkan karakter putusan berkualitas paling baru yang dikerjakan oleh hakim di beberapa tahun selanjutnya.”

 

Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri menyebutkan ada 434 kepala daerah terserang perkara hukum sejak mulai tahun 2004. Namun sekarang, banyaknya kepala daerah diolah hukum alami penurunan.

” Kita mencatat dari 2004, ada 434 kepala daerah yg terjebak bab hukum, namun mode ini kita mencatat s/d Oktober 2018 trendnya sesungguhnya mengalami penurunan, ” kata Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik Piliang, dalam diskusi ‘Kepala Daerah Terjebak, Siapa Tanggung Jawab’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018) .\

Baca Juga: Negara ASEAN

Pada periode 2004-2009, ada 241 kepala daerah yg terserang permasalahan hukum. Dan pada periode 2009 sampai 2014 jumlah mengalami penurunan.

Artikel Terkait: Perdagangan internasional

” Catatan kita 2004 hingga 2009 ada 241 kepala daerah yg terserang permasalahan hukum. 2009 hingga 2014 berubah menjadi 101 yg turunnya cukuplah mencolok, ” kata Akmal.

Sesudah itu, pada tahun 2014 hingga Oktober 2018 ada 92 perkara kepala daerah. Dari catatan ini didapati penurunan banyaknya kepala daerah punyai masalah hukum.

” 2014 hingga 2018 juga turun s/d terkahir di Cirebon tempo hari angka kita 92. Sesungguhnya trennya mengalami penurunan, dengan cara jumlah kita lihat ada penurunan perkara, ” kata Akmal.

Menurut Akmal, warga saat ini berikan perhatian lebih pada kepala daerah terlebih tersangkut permasalahan korupsi. Sebab itu pengawasa pegawai pemerintah menurut dia berubah menjadi utama.

” Namun saya ungkapkan demikian masifnya, demikian geramnya warga dengan tingkah laku ini ini berubah menjadi perhatian warga, ” kata Akmal.

” Perhatian warga cukuplah tinggi, kita animo kalau korupsi udah berubah menjadi suatu kejahatan berbarengan buat warga. Itu suatu situasi yg positif, kita pun mengharapkan ini memajukan pengawasan, ” sambungnya.

 

4 Tahun Jokowi, diet ketetapan senantiasa dilaksanakan. Tetapi, mode saat ini berganti ialah daerah subur bikin ketetapan hingga obesitas hukum senantiasa berlangsung.

” Reformasi kebijakan tetap hadapi beberapa kendala, salah satunya belum juga katanya kiat peraturan pemerintah buat mengontrol kebijakan daerah biar tak bertentangan dengan kebijakan pusat serta keperluan umum, ” kata Direktur Puskapsi Kampus Jember, Dr Bayu Dwi Anggono terhadap detikcom, Senin (22/10/2018) .

Masa putusan MK yg menghentikan kewenangan Pemerintah Pusat buat menghentikan Perda, Kemendagri tak pun ambil peraturan pilihan buat terus bisa mengontrol Perda dalam bingkai metode hukum nasional serta NKRI.

” Karena itu sekarang bermunculan kembali kebijakan ‘kontroversial’ di berapa daerah, ” kata ahli perundang-undangan itu.

Baca Juga: detak jantung normal

Menurut Bayu, dibanding dengan lekas bikin peraturan buat menertibkan kebijakan daerah, malahan kemendagri memberikan ego sektoral kala ada kementerian beda yg coba bikin terobosan peraturan buat membuat kebijakan daerah serasi dengan kebijakan pusat.

Baca Juga: Tekanan Darah Normal

” Kendala ini tentulah perlu berubah menjadi perhatian buat diakhiri di bekas 1 tahun saat jabatan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla, ” pungkasnya.

Tetapi umumnya, kemampuan 4 tahun pemerintahan Joko Widodo serta Jusuf Kalla di sektor penyusunan ketetapan perundang-undangan (reformasi kebijakan) udah memberikan perubahan menuju yg positif.

 

Wakil Ketua DPR yang Waketum PAN Taufik Kurniawan diputuskan menjadi terduga dalam masalah pendapat korupsi Dana Alokasi Spesial (DAK) fisik pada APBN-P 2016. PAN juga yakini Taufik akan kooperatif dalam kontrol masalah ini.

“Kita prihatin tetapi kita hormati proses hukum yang berjalan. Kita yakinkan Pak Taufik Kurniawan patuh azas, patuh ketentuan serta kooperatif dalam kontrol,” tutur Sekjen PAN Eddy Soeparno pada wartawan, Selasa (30/10/2018).

PAN juga menurut Eddy memberi dukungan KPK untuk menyelesaikan masalah yang menyertakan Bupati Kebumen Muhamad Yahya Fuad itu. Akan tetapi PAN minta supaya KPK tidak tebang pilih dalam menginvestigasi masalah korupsi.

“Kami memberi dukungan KPK yang sampai kini jadi penegak hukum yang dipercayai publik untuk ikut menyelesaikan masalah hukum yang lainnya ikut, hingga tidak tebang pilih,” ucapnya.

Walau demikian, DPP PAN belumlah membuat perbincangan dengan pihak Taufik Kurniawan masalah permasalahan ini. PAN siap menolong memberikan pertolongan hukum jika disuruh.

Baca Juga: sumber hukum

Taufik Kurniawan Jadi Terduga, PAN Siap Berikan Pertolongan HukumFoto: Eddy Soeparno (Photo: Ari Saputra/detikcom).

Baca Juga: kelompok sosial

“Kita belumlah bicara, misal kita disuruh kita akan sediakan,” papar Eddy.

Artikel Terkait: pengertian anggaran

Awal mulanya dikabarkan, KPK menginformasikan status hukum Taufik Kurniawan yang dihindari ke luar negeri semenjak waktu lalu. Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Taufik yang mewakili Dapil Jawa Tengah disangka terima sekurangnya uang sebesar Rp 3,64 miliar.

“Sesudah pelantikan (menjadi Bupati Kebumen), MYF (Muhamad Yahya Fuad) disangka lakukan pendekatan pada beberapa pihak termasuk juga anggota DPR, diantaranya TK (Taufik Kurniawan),” papar Basaria.

“MYF disangka menyanggupi fee 5 % itu lalu minta fee 7 % pada relasi di Kebumen. Disangka TK terima sekurangnya sebesar Rp 3,64 miliar,” imbuhnya.

 

” Saya mengharapkan dapat dapatkan pengetahuan dari banyak para pakar pada acara GESS Indonesia ini serta dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di kelas hingga bisa mendukung murid-murid semakin lebih baik. ”

Baca Juga: media pembelajaran

Dilakukan di Jakarta Convention Centre, GESS Indonesia bakal berjalan sampai tanggal 28 September 2018 dengan dari 100 workshop serta sesion yg diselenggarakan buat share pengetahuan pada praktik-praktk terpilih teranyar pada peningkatan edukasi, tehnik belajar mengajar baru dan penambahan program kepemimpinan dengan pengajaran profesional dari semuanya Indonesia serta sekian banyak negara tetangga yg datang pada acara edukasi paling besar di Asia Tenggara.

Baca Juga: pengertian belajar

Syiaful Annuar Alias, Network Engineer & IT Manager, Vientiane International School, Laos, bakal berkata perihal bagaimana menyediakan infrastruktur yg pas hingga bisa menambah produktivitas mengajar serta mendukung perform kerja.

Artikel Terkait: pengertianmotivasi

Big Data in Education oleh Chusmina SM, Pengajar dari ASM BSI Jakarta bakal berikan insight perihal bagaimana data bisa dimanfaatkan buat sangat mungkin sekolah dan banyak guru buat wujudkan pengalaman belajar untuk murid buat menggapai perform belajar yg lebih baik.

Craig Hansen, Renowned Transformational Technologist sebagai sisi dari organisasi personal growth paling depan pada dunia berikan banyak peserta deskripsi mendalam bagaimana perusahaan-perusahaan terutama pada dunia membuat budaya perform tinggi yg memiliki tujuan buat memperkokoh sekolah-sekolah di Indonesia buat dapat bertanding dengan cara global.

 

Pertama, pesantren yg pada awalannya merupakan instansi buat tafaqquh fiddin (wawasan keagamaan) berubah menjadi garansi kalau santri merupakan manusia yg bertakwa pada Allah, berbudi pekerti baik, serta punyai kesehatan jasmani.

Baca Juga: pengertian pendidikan

Ke dua, watak adaptif pesantren merupakan modal buat membuat generasi muda yg punyai pengetahuan serta keahlian. Kesintasan warga pesantren jaman sekarang butuh disokong dengan menguasai ilmu dan pengetahuan serta technologi biar santri tak terus-terusan cuma cerdas bicara bab agama.

Baca Juga: pengertian etika

Santri dewasa ini musti tampil jadi kosmopolit.

Kurikulum Islam moderat
Indonesia jadi negara multikultur serta multiagama miliki “bahaya laten” perseteruan horizontal atau vertikal.

Artikel Terkait: pengertian kurikulum

Ketidaktepatan mengatur keberagaman ini bisa membuat Indonesia riskan dengan pelbagai perseteruan. Moderasi Islam yg dibuhulkan banyak santri bikin mereka tak gegabah mengerjakan klaim kebenaran serta menyesatkan group beda.

Satu diantaranya entitas yg punyai dua efek juga sekaligus merupakan agama. Di satu segi, agama bisa menjadi sumber perseteruan disaat berlangsung radikalisme serta klaim kebenaran sepihak dari satu corak ijtihad agama. Sesaat di lain bagian, agama bisa dipakai jadi perekat dari potensinya perseteruan di warga.

Ini dapat berlangsung kala agama bertambah kuatkan landasan nasionalisme-kenegaraan Indonesia.

Apabila kita kenali kalau kegunaan kurikulum merupakan jadi reproduksi kultural serta rekonsiliasi sosial, pesantren serta pengajarannya merupakan subkultur kurikulum pendidikan nasional.

Kurikulum Islam moderat (wasatiyah) yg dilaksanakan di pesantren butuh senantiasa kita implementasikan dalam rencana melahirkan generasi muda nasionalis-religius.

Pesantren membimbing Islam moderat yg tak memungkiri fitrah pluralitas Indonesia.

Santri merupakan beberapa orang kosmopolit yg pengin terima keberbedaan serta keragaman. Cerita Islam moderat dalam pesantren serta NU menubuh dalam tabiat penduduk NU yg memposisikan Pancasila serta NKRI jadi idealitas penampung beragamnya Indonesia.

Untuk santri, berubah menjadi muslim kaffah mempunyai arti berubah menjadi umat Islam serta penduduk negara Indonesia dengan cara paripurna.

Mereka tak kehilangan akar budaya warga Indonesia. Prinsip santri pada NKRI ditampakkan dengan sangatlah bagus dalam hizib Syubbanul Wathan karangan KH. Wahab Hasbullah. Kalau siapa lantas yg mengintimidasi Indonesia bakal binasa.

 
Skip to toolbar