Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi yang sudah mempengaruhi eco sistem kehidupan manusia membuat banyak orang mulai bergantung dan memanfaatkan teknologi dalam banyak bidang seperti bidang komunikasi, bidang ekonomi, bidang penyebaran informasi dan masih banyak lainya. Dengan era teknologi sudah canggih bahkan era teknologi ini kita bisa mengerjakan banyak hal (Multitasking) hanya melalui satu alat, contoh smartphone, laptop, dll.

Salah satu bidang yang mengalami dampak dari berkembangnya teknologi adalah bidang bisnis dimana penggiat bisnis bisa sangat diuntungkan dengan adanya perkembangan teknologi. Pembisnis sudah bisa mengiklankan, bertransaksi, bahkan berinteraksi untuk proses negosiasi melalui internet. E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. (BOC Indonesia, 2008). Sebagai contoh industri E-Commerce di Indonesia memiliki bukalapak, tokopedia, blibli, traveloka, dan masih banyak lagi.

Perkembangan E-Commerce di Indonesia sangat berkembang pesat dimana untuk pengguna internet di Indonesia saja pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban. (Kominfo, 2014). Untuk transaksi yang dilakukan dalam 4 tahun terakhir dalam ecommerce menyentuh angka 144.1 Triliu Rupiah yang tiap tahunya dimulai dari 2014 hingga 2018 mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Berikut grafik data yang diambil dari katadata.co.id :

Sumber : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun

Sedangkan menurut statista dengan artikel berjudul Retail e-commerce sales in Indonesia from 2016 to 2022 (in million U.S. dollars) bahwa penjualan pada E-Commerce di Indonesia dari 2016 hingga 2022 mencapai angka 16.475 Million U.S Dollar. Berikut grafik datanya :

Sumber : https://www.statista.com/statistics/280925/b2c-e-commerce-sales-in-indonesia/  

Kesimpulanya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bidang E-Commerce dimana kita bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar dimana untuk penggunanya internet saja sudah mencapai angka 112 Juta orang lebih. Kita jugga menjadi sangat dimudahkan karena hampir semua kebutuhan rumah tangga dan penyedia jasa kita bisa akses dengan menggunakan internet dan mudah dicari.

 

  • Agung Nur Rahadiansyah (153040025)